Random post

Sunday, July 22, 2018

√ Eksperimen Memasang Iklan Matched Content Adsense (Studi Kasus)

Sebenarnya iklan adsense matched content ini sudah usang diperkenalkan yakni sekitar tahun 2015, namun publisher adsense rupanya banyak juga yang belum mengetahui jenis unit iklan ini. Iklan matched content dalam hal tampilan ibarat related post dengan gambar, hanya saja perbedaannya ini dibentuk oleh google adsense. Uniknya iklan yang ditampilkan ialah artikel kita sendiri sehingga ini sanggup juga dikatakan sebagai promosi gratis bagi pemilik blog. Pada dasarnya tidak akan mendapat uang dari hasil klik iklan matched content ini, namun trafik pageview blog akan semakin tinggi, ini disebabkan lantaran pengunjung akan melihat artikel lebih usang di blog. Iklan ini juga sanggup disimpulkan jikalau pageview tinggi maka peluang klik pun akan semakin banyak. 
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara memasang iklan matched content di blog dan bagaimana hasil sesudah memasang iklan ini (menurut eksperimen saya).

A. Cara memasang Iklan Matched Content Adsense di Blog

1. Pertama anda buka akun adsense anda https://www.google.com/adsense
2. Lihat bilah hidangan samping Pilih My Ads > Ad Unit > Unit Iklan gres (New ad unit)

3.  Pilih Matched Content, jikalau anda tidak melihat Matched Content artinya blog anda belum sanggup di pasang iklan ini (biasanya konten kurang memadai, trafik masih rendah)

4. Get Started

5. Lihat dibawah gambar penjelasannya ;
1). Pilih url blog yang akan dipasang iklan matched content, saya memasang blog saya yang pertama (hendrisetiawan.com) lantaran blog ini belum sanggup dipasangi iklan matched content.
2). Pilih gaya iklan dan ukurannya
3). Pilih Responsive saja biar iklan sanggup dimuat pada tampilan selular
4). Save and Get Code

6. Silahkan Copy kodenya dan pasang iklannya di blog anda


B. Eksperimen Memasang Iklan Matched Content

Saya menciptakan iklan matched content ini pada tanggal 17 januari dan dicoba perkembagannya hingga tanggal 21 januari (selama 4 hari). Berikut ini ialah rinciannya ;
Pada gambar diatas saya simpulkan bahwa tampilan aktif yang sanggup dilihat pengunjung hanya sekitar 30% saja, saya bandingkan dengan unit iklan laiinyya yang sanggup hingga 50% tampilan aktinya. Tampilan aktif ialah ukuran seberapa baik iklan yang ditayangkan, tapi pada iklan matched content saya rasa kurang baik. Iklan ini juga memakan data yang tidak mengecewakan besar saat loading, lantaran ukuran iklan lebih besar.
Sebenarnya ini juga dipengaruhi oleh niche blog, niche pada hendrisetiawan.com bersfat universal (gado-gado) sehingga iklan yang itampilkan pun cenderung acak. Misalnya saat pengunjung membaca duduk masalah tips android namun yang tampil artikel makalah sekolah, saya simpulkan bagi blog gado-gado iklan jenis matched content ini kurang sanggup diandalkan. Jika hanya ingin mendapat trafik banyak cukup pasang related post saja, terperinci related post itu ditampilkan berdasarkan Label artikel.
Namun berdasarkan saya jikalau blog berniche khusus contohnya kesehatan maka iklan yang ditampilkan akan sangat relevan dan mengundang pengunjung untuk mengklik.

Bagaimana dengan posisi yang pas untuk ditempatkannya iklan matched content?
Saran dari google adsense iklan ini lebih baik disarankan diletakkan dibawah postingan artikel

Dibawah ini ialah rujukan iklan matched content ;
Keterangan : saat saya membuka artikel "Cara berbelanja di lazada" tapi artikel yang ditampilkan mirip diatas, sangat tidak berhubungan.

Kesimpulan :
Iklan matched content lebih cocok untuk blog yang berniche khusus saja bukan gado-gado

Sumber http://www.hendrisetiawan.com