Fitur gres yang sanggup dipakai para publisher adsense yaitu Ad Balance pada google adsense, sebetulnya fitur ini sudah dikenalkan pertengahan tahun 2016. Pada aktualnya masih banyak publisher adsense khususnya untuk blog masih galau memakai fitur Ad Balance ini termasuk saya. Setelah saya baca diberbagai sumber artikel maupun diskusi grup yang membahas dilema Ad balance sedikit memperlihatkan pencerahan walaupun tidak banyak yang menciptakan artikel mengenai ad balance.
Saya mulai mencoba atau bereksperimen pada awal bulan februari 2017 (tanggal 1) sampai tamat bulan februari 2017 (tanggal 28), sebelum saya membahas hasil dari percobaan yang telah dilakukan, terlebih dahulu akan menjelaskan Ad Balance.
Ad Balance yaitu fitur untuk memaksimalkan penghasilan adsense, pada gambar diatas akan dijelaskan secara rinci dibawah ini ;
1. Estimated 100% of your earnings yaitu penghasilan adsense yang akan anda dapatkan berdasarkan jumlah klik iklan dan CPC, pada pengaturan dasar yaitu 100% yang artinya penghasilan yang anda dapatkan yaitu sebanyak 100% atau dikatakan semuanya.
2. Showing of potential ads yaitu petensi iklan yang muncul di blog anda, jikalau potensialnya 100% maka jumlah iklan yang ditampilkan semuanya berdasarkan jumlah unit iklan anda.
Misalnya ; anda memasang 5 unit iklan adsense di blog, jikalau potensialnya 100% maka iklan yang muncul yaitu 5 unit iklan. Jika anda mengatur menjadi 70% potensialnya maka iklan yang akan muncul yaitu sekitar 3 atau 2 unit iklan
Bagaimana Cara mengatur persen pada estimated earnings dan showing potential ads?
Pada percobaan satu bulan ini saya mengatur ad balance menjadi menyerupai dibawah ini ;
Semakin kecil nilai potensial ads maka unit iklan yang ditampilkan pun akan semakin sedikit namun berdasarkan klarifikasi para andal adsense di grup menjelaskan bahwa semakin kecil potensial ads (%) maka CPC pun akan meningkat dibandingkan yang potensial adsnya besar (%). Jika ingin lebih baik lagi anda sanggup mengaturnya sampai area "Better user experience range" yang disarankan oleh pihak adsense. Penggunaan potensial ads yang kecil juga akan meningkatkan relevansi iklan yang ditampilkan dibandingkan dengan nilai potensialnya 100%, sanggup dikatakan adsense akan menentukan dan memilah iklan yang paling tinggi CPCnya.
Namun hal diatas tidak sanggup dikatakan 100% benar, percobaan yang saya hasilkan berbeda jauh dengan pendapat diatas, jumlah klik iklan sedikit lebih meningkat sekitar 20% namun CPC sangat kecil (antara US$0,02 sampai 0,03) bahkan lebih kecil dari bulan sebelumnya yang biasanya mendapat cpc 0,04 keatas.
Perbandingan Jumlah Klik dan CPC antara memakai fitur Ad Balance dan tidak memakai fitur Ad Balance
1. Berikut ini yaitu hasil klik iklan selama satu bulan memakai fitur ad balance dengan setingan 100% estimated earnings dan 70% potensial ads.
Keterangan : Jumlah klik yang didapat dalam satu bulan yaitu sebanyak 451 klik, ini berdasarkan trafik blog saya (sekitar 2000-3000 penayangan) dengan cpc rata-rata yaitu antara 0,02 sampai 0,04
2. Berikut ini hasil klik iklan dibulan sebelumnya tanpa memakai fitur ad balance
Keterangan : Jumlah klik iklan yaitu 564 lebih besar dibandingkan dengan memakai fitur ad balance, dengan cpc rata-rata antara 0,04 sampai 0,08.
Kesimpulan :
Hasil percobaan yang saya lakukan memang tidak sanggup sepenuhnya dijadikan contoh untuk mengetahui gosip seberapa berhasilkah penghasilan adsense memakai fiutr ad balance, namun ini mungkin sanggup menjadi pencerahan bagi anda yang ingin mencoba fitur terbaru ini. Walaupun pada percobaan ini penghasilan turun sampai 30% namun tidak menyurutkan niat untuk terus bereksperimen lagi. Jika anda ingin mencapai keberhasilan jangan takut untuk mencoba, walaupun akibatnya tidak menyerupai apa yang diharapkan, mungkin keberhasilan anda sedang tertunda.
Sumber http://www.hendrisetiawan.com