Google adsense ialah jenis layanan iklan (affiliate) yang sangat populer di dunia internet, banyak publisher adsense baik itu Blog maupun youtube memakai adsense untuk memperoleh penghasilan. Bagi yang gres saja berguru adsense terutama yang diterima adsense tentunya rancu dengan istilah-istilah yang ada pada google adsense. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai pengertian estimated earning, pageview, CTR, CPC dan lain sebagainya.
1. Estimated Earning (Taksiran Penghasilan)
Estimated earning ialah Taksiran penghasilan jumlah uang yang masuk ke akun adsense kita. Pada akun adsense ($/dollar) saya terhitung dalam satu hari dimulai pada pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.WIB, artinya sesudah jam 2 siang itulah hasil yang saya sanggup selama satu hari, mungkin berbeda dengan adsense (Rp/rupiah) dihitung mulai pukul 00.00.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Pada gambar diatas terdapat taksiran penghasilan hari ini, kemarin, bulan ini dan bulan lalu. Simbol panah hijau dibawah ialah perbandingan dengan penghasilan pada masa sebelumnya. Jika panah berwarna hijau artinya terdapat peningkatan, bila merah maka artinya terjadi penurunan.
2. Page Views (tampilan laman)
Tampilan laman ialah jumlah iklan yang tampil pada blog/youtube kita, contohnya blog saya dipasang 4 iklan, dan laman blog tampil sebanyak 5 kali artinya pageview/tampilan laman terhitung 5 tampilan laman bukan 20 tampilan laman.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Pada gambar diatas blog saya mempunyai 915 pageview (tampilan laman) perharinya, artinya iklan yang muncul ialah sebanyak 915 kali dengan catatan 4 iklan dihitung 1 kali.
3. Impressions (Tayangan)
Impressions ialah tayangan laman blog yang dilihat oleh pengunjung tanpa menghitung jumlah iklan yang muncul.
Misalnya tayangan blog saya sebanyak 3.819 perharinya, artinya 3.819 artikel blog saya dilihat oleh pengunjung.
Mengapa Tayangan lebih besar dari pada tampilan laman?
Pada kasus diatas saya mempunyai tayangan sebanyak 3.819 dan tampilan laman sebanyak 915, artinya pada 3.819 artikel yang dilihat pengunjung hanya melihat 915 iklan saja, ini terjadi oleh banyak faktor misalnya, pengunjung memakai Adblock atau laman iklan yang gagal dimuat alasannya ialah koneksi yang lambat.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Click ialah jumlah banyaknya iklan yang diklik oleh pengunjung.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Pada gambar diatas jumlah klik yang saya sanggup dalam sehari ialah 14 klik saja, klik dipengaruhi oleh banyaknya pageview(tampilan laman) semakin besar pageview maka peluang klik pun semakin banyak.
Baca Juga : Jenis Iklan yang Paling Banyak Diklik Pengunjung
5. CTR (RKT LAMAN)
CTR (Click Trought Rate) ialah perbandingan antara jumlah klik dan tampilan laman yang dihitung dalam persentase.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Perhitungannya ialah :
Jumlah klik/jumah tampilan laman*100%
Misalnya : Jumlah klik=14, tampilan laman=934
maka CTRnya ialah (14/934)x100%=1,5%
CTR yang normal ialah antara 0% hingga 10% atau sanggup juga lebih dari itu, tergantung banyak klik dan tampilan lamannya. Namun CTR yang tidak normal biasanya melebihi angka 80%, ini artinya terjadi invalid click atau klik yang tidak sah, penyebabnya salah satunya ialah BOM KLIK, bom klik terjadi alasannya ialah pada satu unit iklan di klik sebanyak beberapa kali. Google sanggup melihat klik normal dan invalid klik dengan hanya melihat CTR saja, jadi jangan heran terkadang jumlah penghasilan sanggup berkurang setiap jamnya.
6.CPC (Cost perclick)
Cpc atau BPK(Biaya perklik) ialah besaran biaya yang dikeluarkan adsense untuk 1 klik.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Pada gambar diatas cpc saya hari ini ialah US$0,03 yang artinya 1 klik harganya US$0,03. Misalnya dalam satu hari saya mendapat 14 klik maka penghasilan/estimated earning saya ialah 14x0,03=US$0,42
Setiap hari nilai cpc berbeda-beda, ini semua tergantung si pengiklan.
Baca Juga : Tips Praktis Meningkatkan CPC/BPK Adsense
7. RPM (PPS Laman)
RPM (Revenue per thousand impression) ialah penayangan perseribu laman atau lebih dikenal PPS Laman, RPM sanggup dijadikan contoh untuk menghitung penghasilan adsense kita kedepannya.
Misalnya : Dalam 1000 tampilan laman sanggup menghasilkan US$2, maka bila mempunyai 5000 tampilan laman maka kemungkinan akan menghasilkan US$10.
![]() |
Tampilan Aplikasi Adsense Mobile |
Perhitungan RPM : Jumlah penghasilan/(tampilan laman/1000)
Dalam satu hari saya menghasilkan US$5 dan mempunyai tampilan laman 3000, maka {5/(3000/1000)=1,6} artinya dalam 1000 pageview(tampilan laman) sanggup menghasilkan US$1,6 bila saja saya mempunyai 10.000 tampilan laman maka ((10.000/1000)*1,6=10,6) saya kemungkinan akan mendapat US$10,6