Random post

Saturday, February 11, 2017

√ Taktik Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya

Ketika suatu perusahaan telah memutuskan harga dasar dari suatu produk barag atau jasa maka perusahaan sanggup memilih taktik harga dengan mempertimbangkan banyak sekali faktor menyerupai harga kompetitor, tujuan perusahaan, dan daur hidup produk. Strategi tersebut sanggup digunakan untuk produk yang   baru maupun produk yang usang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Berikut ini merupakan banyak sekali pilihan teknik atau taktik penentuan harga:

Ketika suatu perusahaan telah memutuskan harga dasar dari suatu produk barag atau jasa mak √ Strategi Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya
#1. Strategi penetapan harga produk baru

a. Skimming price
Strategi skimming yakni memutuskan harga awal yang tinggi saat produk gres diluncurkan dan semakin usang akan terus menurun harganya.

b. Penetration price/ harga penetrasi
Strategi harga penetrasi yakni memilih harga awal yang rendah serendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas brand dari konsumen.

#2. Strategi penetapan harga yang menghipnotis psikologis konsumen

a. Prestige Pricing
Strategi harga prestige price yakni memutuskan harga yang tinggi demi membentuk image kualitas produk yang tinggi yang umumnya digunakan untuk produk shopping dan specialty.

b. Odd pricing atau harga ganjil
Strategi harga odd price yakni memutuskan harga yang ganjil atau sedikit dbawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan menduga produk yang akan dibeli akan lebih murah.

c. Multiple-unit pricing atau harga rabat
Strategi harga multiple-unit price yakni menunjukkan cuilan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak.

d. Price lining
Stretegi harga lining pricing yakni menunjukkan cangkupan harga yang berbeda pada lini produk yang berbeda.

e. Leader pricing
Strategi harga leader price yakni memutuskan harga lebih rendah daripada harga pasar atau harga normal untuk meningkatkan omset penjualan atau pembeli.

3.Strategi penetapan harga diskon atau cuilan harga

Strategi harga diskon pada penjual yakni taktik dengan menunjukkan cuilan harga dari harga yang sudah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon sanggup diberikan dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai atau cash, trade discount.

#4. Strategi penetapan harga kompetitif

a. Relative pricing
Strategi harga relative price yakni memilih harga diatas, dibawah atau sama dengan tingkat harga persaingan dimana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.

b. Follow the leader pricing
Strategi harga folloe the leader price yakni penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan para pimpinan pasar atau pemimpin pasar dan tidak memutuskan harga sendiri.

Demikian Ulasan artikel kami terkait dengan Strategi Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya yang kami lansir dari buku ajaran praktikum administrasi rantai pasok pada jurusan agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Terima kasih dan agar bermanfaat. 

Sumber http://www.galinesia.com