Random post

Saturday, February 11, 2017

√ Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad ialah salah satu bab dari laptop yang dipakai sebagai penunjuk. Touchpad berbentuk khusus yang sanggup menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad sanggup dikatakan juga sebagai pengganti mouse alasannya mempunyai fungsi yang sama sebagai penunjuk pada laptop. Pada touchpad juga terdapat tombol klik kiri dan klik kanan ibarat pada mouse. Hanya saja kalau Anda tidak terbiasa memakai touchpad maka akan terasa agak sulit dan menciptakan pekerjaan menjadi semakin lama.

Kalau saya sendiri sangat jarang sekali memakai touchpad dan lebih menentukan memakai mouse. Saya rasa memakai mouse agak sedikit lebih gampang daripada harus memakai touchpad. Mungkin ini hanya alasannya faktor kebiasaan saja alasannya saya lebih sering memakai mouse. Bagaimana dengan Anda? Lebih suka memakai mouse atau touchpad? Bagikan pengalamannya pada kolom komentar di bawah.

Pernahkah Anda dikala pergi ke kantor untuk bekerja lupa membawa mouse? Padahal aneka macam pekerjaan yang harus diselesaikan pada waktu itu. Maka solusinya ialah dengan memakai touchpad. Touchpad menempel pada perangkat laptop sehingga tidak akan pernah ketinggalan. Makara sanggup dikatakan touchpad menjadi alternatif dikala Anda lupa membawa mouse. Lah kenapa tidak beli mouse gres saja? Tidak semua orang mempunyai uang dan tidak semuanya sanggup dibeli dengan uang.

Seperti layaknya perangkat elektronik lainnya, touchpad juga sering mengalami error. Misalnya touchpad yang tidak berfungsi. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi permasalahan touchpad yang tidak berfungsi.

Touchpad ialah salah satu bab dari laptop yang dipakai sebagai penunjuk √ Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi


1. Aktifkan Touchpad

Pada laptop biasanya terdapat tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi dari touchpad. Coba perhatikan pada laptop Anda apakah ada tombol khusus yang ada icon berbentuk touchpadnya? Biasanya terletak dibagian paling atas keyboard atau coba deh perhatikan pada bab tombol F1 hingga F12. Biasanya icon touchpad itu terdapat diantara tombol F1 hingga F12.

Jika telah menemukannya, coba deh tekan tombolnya. Apakah ada perubahan? Tidak ada perubahan kan. Makara untuk mengaktifkan touchpad harus memakai kombinasi tombol, yaitu Fn + Tombol touchpad.

Misalkan pada laptop saya yaitu Acer 4755G yang memakai kombinasi tombol Fn + F7 untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi touchpad. Bisa jadi pada laptop teman-teman juga menekan tombol Fn + F7 dan sanggup juga tidak tergantung tipe laptop Anda.

Saya sangat sering mendapati dilema touchpad yang tidak berfungsi ini. Pemasalahannya ternyata sangat simple yaitu alasannya touchpad yang tidak berfungsi. Mungkin saja Anda tidak sengaja menekan tombol dan ternyata itu menciptakan touchpad menjadi tidak aktif. Solusinya tinggal aktifkan lagi dengan menekan tombol kombinasi Fn + Tombol touchpad.

Makara kalau laptop Anda tiba-tiba touchpadnya tidak berfungsi maka coba lakukan cara ini. Tekan tombol Fn + Tombol yang ada icon touchpad.
Touchpad ialah salah satu bab dari laptop yang dipakai sebagai penunjuk √ Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi
Sumber : ieple.com

2. Intsal Driver Touchpad

Driver ialah pihak yang mengenalkan sebuah hardware sehingga sanggup dikenali oleh sistem operasi. Jika Anda memakai sistem operasi Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 maka tidak perlu khawatir lagi untuk menginstal driver ini. Karena pada sistem operasi versi ini beberapa driver akan terinstal dan terupdate secara otomatis.

Namun terkadang ada beberapa driver yang tidak terinstal. Maka solusinya ialah dengan cara menginstal driver secara manual. Jika Anda membiarkannya begitu saja, maka hardware yang drivernya tidak terinstal tidak akan bekerja alasannya sistem operasi tidak akan mengenalinya.

Bagi Anda pengguna Windows 7 maka harus melaksanakan instal driver secara manual memakai DVD driver bawaan laptop atau sanggup juga mend0wnl0ad driver pada situs resmi brand laptop Anda.

Jika Anda mendapati touchpad laptop yang tidak berfungsi, coba instal driver touchpad terlebih dahulu.

3. Cek Kabel Konektor Touchpad

Cara ini mungkin harus dilakukan oleh kalangan profesional alasannya laptop harus dibongkar terlebih dahulu. Kabel konektor touchpad terdapat pada bab dalam laptop, sehingga kalau ingin mengeceknya laptop harus dibongkar. Jika Anda ingin melakukannya sendiri akan lebih bagus, hitung-hitung berguru juga.

Setelah laptop dibongkar, lakukan pengecekan terhadap konektor touchpad. Bisa jadi konektor longgar dan bahkan mungkin saja putus makanya lakukan pengecekan dulu.

4. Scanning Keseluruhan Laptop

Mungkin saja laptop Anda terjangkit virus dan menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Solusinya ialah dengan melaksanakan scan data secara keseluruhan memakai antivirus yang bagus, contohnya kaspersky, avura, avast dan lain-lain.

4. Instal Ulang Laptop

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan ialah melaksanakan instal ulang sistem operasi. Loh kok harus di instal ulang? Jika dengan scanning data tidak juga berhasil maka solusi terakhir ialah dengan melaksanakan instal ulang. Dengan menginstal ulang maka akan menciptakan laptop menjadi fresh kembali.

Itulah yang harus Anda lakukan kalau touchpad laptop tidak berfungsi. Jika ada suplemen silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga artikelnya bermanfaat dan jangan lupa untuk di share supaya bermanfaat juga buat orang banyak.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com