Random post

Monday, November 26, 2018

√ Manfaat Senyawa Alkana, Alkena, Dan Alkuna

Rumusrumus.com pada kali ini akan membahas perihal senyawa kimia alkana  yang sangat berkhasiat bagi kehidupan sehari-hari insan pada umum nya, penjelasanya meliputi pengerian alkana dan juga kegunaan alkana , alkena, dan alkuna


Pengertian Alkana


Alkana yang juga biasa disebut dengan parafin ialah senyawa kimia hidrokarbon jenuh asiklis. Alkana juga termasuk senyawa alifatik. Dengan istilah lain, alkana ialah sebuah rantai karbon panjang dengan ikatan-ikatan tunggal. Rumus umum untuk alkana ialah CnH2n+2. Alkana yang sederhana ialah metana dengan rumus CH4. Tak ada batasan seberapa karbon yang sanggup terikat bersama. Beberapa jenis minyak dan wax ialah pola alkana dengan atom jumlah atom karbon yang besar, sanggup lebih dari 10 atom karbon.


Setiap atom karbon mempunyai empat ikatan (baik ikatan C-H atau ikatan C-C), setiap atom hidrogen harus berikatan dengan atom karbon (ikatan H-C). Sebuah kumpulan dari atom karbon yang terangkai disebut juga dengan rumus kerangka. Secara umum, jumlah atom karbon digunakan untuk mengukur berapa besar ukuran alkana tersebut contohnya : C2-alkana


Gugus alkil,yang disingkat dengan simbol R, ialah gugus fungsional, ibarat alkana, terdiri dari ikatan karbon tunggal dan atom hidrogen, contohnya yaitu metil atau gugus etil.


Alkana bersifat tidak terlalu reaktif dan mempunyai acara biologi sedikit


 alkana  yang sangat berkhasiat bagi kehidupan sehari √ Manfaat Senyawa Alkana, Alkena, Dan Alkuna
alkana

Kegunaan Alkana



  • Pada umumnya, alkana berkhasiat untuk materi bakar dan materi baku di dalam industri petrokimia.

  • Metana berkhasiat untuk materi bakar memasak, dan materi baku pembuatan zat kimia contohnya H2 dan NH3.

  • Etana berkhasiat untuk materi bakar memasak dan sebagai refrigerant di dalam sistem pendinginan dua tahap untuk suhu rendah.

  • Propana ialah komponen utama gas elpiji untuk memasak dan materi baku senyawa organik.

  • Butana berkhasiat untuk materi bakar pada kendaraan dan materi baku karet sintesis.

  • Oktana merupakan komponen utama materi bakarpada kendaraan bermotor, yaitu bensin.


Kegunan Alkena



  • Etena digunakan untuk materi baku pembuatan plastik polietena .

    Propena digunakan untuk menciptakan plastik Beberapa kegunaan

  • monomer dan polimer, contohnya : polimer berkhasiat untuk menciptakan serat sintesis dan peralatan memasak.


Kegunaan Alkuna


Etuna atau asetilena yang dikenal sebagai gas karbit dihasilkan dari kerikil karbit yang direaksikan pada air:


 alkana  yang sangat berkhasiat bagi kehidupan sehari √ Manfaat Senyawa Alkana, Alkena, Dan AlkunaGas karbit apabila dibakar sanggup menghasilkan suhu yang tinggi, sampai sanggup digunakan untuk mengelas dan memotong logam. Gas karbit sering juga di pakai untuk mempercepat pematangan buah.


Alkana di bumi


Gas metana (sekitar 0.0001% atau 1 ppm) ada di atmosfer bumi, dan diproduksi oleh organisme macam Archaea yang juga didapat pada kotoran sapi.


Sumber alkana yang penting yaitu pada gas alam dan minyak bumi. Gas alam mengandung etana dan metana, dengan sedikit propana dan butana, sedang minyak bumi ialah adonan dari alkana cair dan hidrokarbon lainnya. Hidrokarbon terbentuk dari jasad renik dan tanaman (zooplankton dan fitoplankton) yang telah mati, kemudian terkubur di lautan, tertutup sedimentasi, dan berubah sesudah terkena panas dan tekanan tinggi selama jutaan tahun. Gas alam terbentuk dari reaksi di bawah ini:


 alkana  yang sangat berkhasiat bagi kehidupan sehari √ Manfaat Senyawa Alkana, Alkena, Dan Alkuna


Alkana yang padat dikenal sebagai istilah tar. Tar terbentuk ketika senyawa alkana lain yang lebih ringan menguap dari deposit atau sumber hidrokarbon. Salah satu deposit alkana padat alam terbesar di dunia yaitu danau aspal yang juga dikenal dengan nama Danau Pitch di Trinidad dan Tobago.


Metana juga ada pada biogas yang diproduksi oleh binatang ternak. Biogas ini sanggup menjadi sumber energi terbaharui di kemudian hari.


Artikel Terkait :





Sumber https://rumusrumus.com