Random post

Friday, September 28, 2018

√ Mikrometer Sekrup – Bagian, Fungsi, Cara Membaca, Cara Menggunakan

Fungsi Mikrometer Sekrup – Pengertian Alat Ukur Mikrometer Sekrup ialah salah satu Alat Ukur yang sanggup dipakai untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur Tebal sebuah benda serta mengukur Diameter Luar sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm (10-5 m). Untuk lebih terang mengetahui mikrometer sekrup disini akan dijabarkan pengertian, sejarah, bab – bagian mikrometer sekrup, fungsi, dan cara membaca mikrometer sekrup.


Mikrometer Sekrup


Mikrometer Sekrup ini ditemukan pada kala ke-17 oleh seorang ilmuan bernama Willaim Gascoigne dimana waktu itu sangat dibutuhkannya sebuah alat yang lebih baik dan lebih persisi selain dari jangka sorong. Pada waktu awal ditemukan dipakai untuk mengukur benda – benda di luar angkasa dari teleskop dan mengukur jarak sudut di antara bintang – bintang.


Walaupun mikrometer sekrup ini mempunyai kata mikro, namun alat ini tidak sanggup dipakai untuk menghitung suatu benda yang skala mikrometer. Kata mikro di mikrometer sekup ini didapat dari bahasa yunani yaitu micros yang artinya kecil , jadi bukan yang skalanya mikro 10-6


Tetapi perlu kalian ketahui sebagai Pelajar maupun Masyarakat Umum bahwa Fungsi Alat Ukur Mikrometer ini gotong royong mempunyai kesamaan dengan Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong dalam menghitung suatu panjang, tebal dan diameter sebuah benda, hanya saja tingkat ketelitian Alat Ukur Mikrometer lebih tinggi sepuluh kali lipat daripada Jangka Sorong alasannya Jangka Sorong mempunyai tingkat ketelitian sebesar 0.1 dan Ketelitian Alat Ukur Mikrometer mencapai 0.01 sehingga kesimpulannya Micrometer lebih baik daripada Jangka Sorong.


Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup Lengkap


Sedangkan untuk Bagian Alat Ukur Mikrometer sendiri sanggup dikatakan dibagi menjadi Tujuh dan Ketujuh Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup tersebut sanggup anda lihat dari gambar mikrometer sekrup dibawah ini serta klarifikasi lengkap dari masing – masing bagian:


 salah satu Alat Ukur yang sanggup dipakai untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur  √ Mikrometer Sekrup – Bagian, Fungsi, Cara Membaca, Cara Menggunakan
bagian-bagian mikrometer sekrup (bahasa inggris)




  • Frame (Rangka)




Bagian Bingkai atau sering disebut juga Bagian Frame Mikrometer yang berbentuk menyerupai Huruf C ataupun Huruf U dan terbuat dari Bahan Logam yang tahan panas dan Tebal serta Kuat alasannya bertujuan biar sanggup meminimalkan terjadinya peregangan yang sanggup menganggu proses pengukuran sebuah benda.




  • Anvil (Poros Tetap)




Yang kedua ialah Bagian Poros Tetap Mikrometer yang mempunyai Fungsi untuk penahan sebuah benda dikala akan diukur memakai Alat Ukur Mikrometer ini.




  • Spindel (Poros Gerak)




Bagian Mikrometer Yang Ketiga ialah Poros Gerak yang merupakan sebuah Silinder yang sanggup digerakan menuju Poros Tetap Mikrometer.




  • Lock Nut (Pengunci)




Lalu Bagian Mikrometer Sekrup ke Empat ialah Pengunci (LOCK) yang mempunyai fungsi untuk menahan Poros Gerak biar tak bergerak dikala proses pengukuran sebuah benda




  • Sleeve (Skala Utama)




Bagian Ke Lima disebut juga dengan Sleeve yang merupakan daerah terletaknya Skala Utama dalam satuan Milimeter (mm).




  • Thimbel (Skala Putar)




Bagian Mikrometer ke Enam ialah Thimble yang merupakan daerah Skala Nonius (Skala Putar) Mikrometer berada




  • Ratchet Knob




Lalu untuk Bagian Mikrometer yang terakhir atau ke Tujuh ialah Ratchet Knop yang berfungsi untuk memutar Spindle (Poros Gerak) sesaat ujung Poros Gerak tersebut sudah erat dengan benda yang akan diukur serta dipakai untuk mengencangkan Poros Gerak (Spindle) tersebut hingga terdengar bunyi bunyi sehingga untuk memastikan bahwa Ujung Poros Gerak sudah melekat dengan tepat dengan benda yang akan diukur maka Ratchet Knob tersebut diputar sebanyak Dua atau Tiga putaran.




Anda juga sanggup melihat gambar di bawah ini untuk alat mikrometer sekrup dalam bahasa indonesia :


 salah satu Alat Ukur yang sanggup dipakai untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur  √ Mikrometer Sekrup – Bagian, Fungsi, Cara Membaca, Cara Menggunakan
gambar mikrometer sekrup (bahasa indonesia)


Kegunaan dan Fungsi Mikrometer Sekrup


Adapun untuk Fungsi Alat Ukur ini yang benar ialah untuk mengukur Panjang sebuah benda, mengukur diameter luar benda dan mengukur ketebalan suatu benda yang mempunyai ukuran yang cukup kecil menyerupai benda lempeng baja, aluminium, diameter suatu kabel, kawat, lebar suatu kertas maupun benda – benda yg lainnya.


Lalu Kegunaan Alat Ukur Mikrometer Sekrup untuk mengukur Panjang, Tebal dan Diameter suatu benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm yang merupakan tingkat ketelitian yang lebih tinggi sepuluh kali lipat dibandingkan dengan Alat Ukur Jangka Sorong alasannya Jangka Sorong hanya mempunyai tingkat ketelitian sekitar 0.1 mm saja.


Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup


Kemudian di dalam Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup sendiri sangatlah gampang dan berikut ini Lima Langkah Cara Memakai Alat Ukur yang sanggup kalian pelajari sebelum memakai alat ini, yaitu :



  • Pertama ialah pastikan pengunci alat ukur mikrometer dalam keadaan terbuka

  • Kedua lakukan pengecekan apakah poros tetap mikrometer dan poros geser mikrometer dikala bertemu dengan skala dan skala nonius utama mikrometer memperlihatkan angka nol.

  • Lalu yang ketiga ialah buka rahang alat ukur mikrometer dengan cara menggerakkan pemutar ke arah kiri hingga benda yang akan diukur sanggup masuk ke dalam rahang.

  • Keempat ialah letakkan benda yang akan diukur diantara poros tetap dan poros geser kemudian tutup kembali rahang hingga tepat menjepit benda yang akan diukur.

  • Kelima ialah putarlah pengunci mikrometer biar pemutar tidak sanggup bergerak lagi sehabis itu ukur atau hitunglah nilai panjang, tebal, lebar ataupun diameter suatu benda yang diukur memakai alat ukur mikrometer sekrup.


Cara Membaca Mikrometer Sekrup


Untuk membaca nilai pada mikrometer sekrup ada 2 bab yang harus diperhatikan yaitu skala utama dan skala nonius. Untuk melihat ke-2 bab tersebut sanggup dilihat dari sleve untuk skala utama dan thimble untuk melihat skala nonius.


Agar lebih terang perihal cara membaca mikrometer sekrup, kalian sanggup perhatikan pola gambar dibawah ini :


 salah satu Alat Ukur yang sanggup dipakai untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur  √ Mikrometer Sekrup – Bagian, Fungsi, Cara Membaca, Cara Menggunakan
cara membaca mikrometer sekrup


Penyelesaian cara membaca dari gambar diatas :



  1. Perhatikan letak garis skala di bab sleve yang dilewati oleh bab timhble yaitu 5 mm

  2. Lihat garis skala bawah yaitu 0,5 mm

  3. Perhatikan nilai di skala nonius yang berada dibagian thimble yaitu 30 mm maka rumusnya dikalikan 0,01 mm maka jadinya 30 x 0,01 = 0.3 mm

  4. Jumlahkan lah hasil dari ketiga nilai diatas yaitu nilai skala atas + nilai skala bawah + nilai di skala nonius = 5 + 0,5 + 0,3 = 5,8 mm


Maka hasil pengukuran dari pola gambar diatas yaitu 5,8 mm


Untuk lebih terang kembali disini rumusrumus.com akan memperlihatkan pola soal dan pembahasannya, perhatikan klarifikasi dibawah ini.


Contoh Soal Mikrometer Sekrup


 salah satu Alat Ukur yang sanggup dipakai untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur  √ Mikrometer Sekrup – Bagian, Fungsi, Cara Membaca, Cara Menggunakan


Soal :


Berapakan hasil pengukuran dari gambar diatas ?


Jawaban :



  • Skala tetap atas = 6 mm

  • Skala tetap bawah = 0,5 mm

  • Skala nonius = 44 mm x 0,01 mm = 0,44 mm

  • Hasil Pengkuran yaitu 6 + 0,5 + 0,44 = 6,94 mm

  • Maka, hasil pengukuran dari gambar diatas yaitu 6,94 mm


Bagi kalian yang ingin berlatih kembali pola – pola soal sanggup anda lihat di artikel berikut contoh soal mikrometer sekrup yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnnya.


Itulah bahan mikrometer sekrup lengkap mulai dari pengertian, fungsi, cara membaca, dan juga pola soal. Semoga apa yang telah disampaikan sanggup membantu anda.




Sumber https://rumusrumus.com