Random post

Friday, September 28, 2018

√ Pengalaman Lucu Latihan Berpuasa Ketika Kecil

Beberapa hari yang kemudian temanku bertanya “Aren’t you hungry in the daytime?” Temanku ini orang Jepang yang sering latihan bulu tangkis dengan mahasiswa Indonesia. Dia tahu saya lagi puasa alasannya latihan bulu tangkis diliburkan ketika Ramadhan. Pertanyaannya saya jawab dengan jujur “Yeah litle bit, But I am sill ok to do normal activity because I do fasting since I was 7 years old”. 


Yeah.. Dulu saya mulai puasa penuh ketika usiaku 7 tahun, atau sekitar kelas 3 SD. Berbeda dengan latihan sholat yang diajarkan sama abah, latihan puasa ini lebih banyak didominasi diajarkan oleh Umi(read: Ibu).


 


Latihan Puasa Sama Umi


Bagiku makhluk paling “monster” sedunia ialah anak, dan makhluk paling “malaikat” itu yah Umi. Dulu setiap kali bangkit sahur, maka Umi yang akan ngebangunin saya dengan sangat lembut.


Dan apa balasannya? Tendangan maut! Terkadang sebagai bocah ingusan, saya kesel alasannya dibangunin ketika sahur. Padahal udah diberi tahu berkali-kali betapa pentingnya sahur. Tapi yah.. Begitulah kelakuan bocah.


Berpuasa. Jam 1 siang ialah ujian terberat bagi bocah anabawang usia 7 tahun ketika puasa. Ini ialah puncaknya haus dan lapar. Biasanya Umi selalu ajakin saya tidur sekitar habis dzuhur, dengan begitu saya jadi nggak lapar, alasannya jikalau tidur kan nggak kerasa.


Ketika ashar, saya dibangunin Abah(read: Bapak) buat sholat. Ini ialah moment yang “deg-deg serr”, untung-untungan dan mendebarkan lah buat Aby dan Umi.


Gimana enggak, namanya bocah lapar, ketika bangkit khan cuman mau makan. Jadilah sehabis sholat ashar saya mengamuk minta makan. Tapi ini sering diakalin Abah dengan ngebawa saya jalan-jalan naik motor vespanya.


Nah masalahnya jikalau udah sore-sore Abah ada kerjaan. Mampus dah Si Umi berusaha menenangkan “monster” lapar. Aku nangis, berguling-guling di lantai bahkan mengamuk alasannya mau makan.


Kalau sudah gitu sih, Umi cuma dapat bilang “sabar adek.. orang puasa kan memang gitu, menahan haus dan dahaga”. Tapi yah sekali lagi, namanya juga bocah, saya tetep aja nangis-nangis dan mengamuk.


Yang paling aneh, bego en gila ialah jikalau udah Umi nyerah alasannya saya ngamuk-ngamuk, berantakin barang-barang, teriak-teriak, balasannya umi ambilin makanan buka puasa buatku. Ditaruh lah makanan itu di depan mukaku, disuruh membisu dan makan.


Nah ketika itu saya nggak mau makan, malah ngelanjutin nangis. Aku mau makan tapi aib sama kakaku yang puasanya full. Jadinya saya menentukan nangis hingga bedug buka puasa.. wkwkwk… Padahal jikalau udah nangis-nangis kelaparan khan puasanya batal, Bego sih.. XD


Aku kan udah ngerasain tuhh menjadi anak. Yang masih belum tahu sih gimana yah rasanya menjadi orang tua?


 


Bagaimana yah Rasanya Mendidik Anak?



Aku yakin, niscaya semua orang bau tanah merasa sakit sekali hatinya ketika terpaksa harus melihat anaknya menangis demi memperlihatkan pendidikan. Seperti ketika membaca kisah-kisah dari seorang Mom Blogger Naqiyyah Syam. Pengalamannya perihal mendidik Si Buah hati dapat menjadi pelajaran berharga bagi yang belum berkeluarga ataupun keluarga muda yang akan dikaruniai anak.


Kalau dingat-ingat apa yang dilakukan oleh kedua orang tuaku untuk mendidik semoga saya dapat menjalankan agama islam itu udah komplit banget deh.. Sholat, ngaji, puasa, walaupun cara-caranya mungkin memang agak memaksa, sakit tetapi menjadi elok sekali ketika mencicipi hasilnya sekarang.


Pokoknya thanks banget deh sama Abah Umi yang pastinya udah berjuang keras mendidik anaknya yang bener-bener “monster” kayak aku.


Aku nggak tahu jikalau nanti sudah berkeluarga, akan jadi orang bau tanah yang menyerupai apa saya ini? (Jomblo! #LOL) Kuharap sih dapat orang bau tanah menyerupai Abah dan Umi yang dapat mengajarkan Islam dengan baik. Juga mungkin menjadi orang bau tanah yang penyayang dan dapat menjadi sahabat anak menyerupai bunda Naqiyyah Syam.




Sumber https://mystupidtheory.com