Random post

Thursday, September 13, 2018

√ Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang – Pengertian Jajar Genjang atau Jajaran Genjang yaitu Bangun Datar yang mempunyai sifat dua dimensi dan terbentuk oleh dua pasang rusuk yg masing – masing rusuk sama panjang dan sejajar dg pasanganya dan mempunyai dua pasang sudut yg mempunyai besaran sama dg sudut hadapanya serta Jajar Genjang atau Jajaran Genjang dg empat rusuk yg sama panjang biasanya disebut dg Belah Ketupat


Namun kalau anda melihat secara sikilas dari bentuk Jajar Genjang ini maka menyerupai dg Trapesium dan tidak sedikit orang atau siswa yg terkecoh sebab mereka tidak melihatnya secara teliti dan detail padahal bentuk dari Jajar Genjang sangatlah jauh berbeda dg bentuk Trapesium.


Untuk itu disinii kami akan menjelaskan dan memberiikan Gambar Jajar Genjang dan Rumus Jajaran Genjang secara lengkap dan detail sehingga dapat menjadi penambahan ilmu yg bermanfaat oleh anda semuanya sebab Rumus Jajar Genjang ini biasanya sering dipakai di tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengan Atas sebab banyak soal yg muncul terkait Bangun Datar ini di tingkatan tersebut.


Penjelasan Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang


 Pengertian Jajar Genjang atau Jajaran Genjang yaitu Bangun Datar yang mempunyai sifat dua √ Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang


Rumus Jajar Genjang atau Rumus Jajaran Genjang mempunyai dua turunan Rumus Matematika yang dibagi antara Mencari Luas Jajar Genjang dan Menghitung Keliling Jajar Genjang sebab kalau kita lihat gambar diatas maka dari abjad ABCD merupakan keliling Jajaran Genjang dan eksklusif saja kita akan terjun membahas wacana Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang.



Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang


Rumus Luas Jajaran Genjang sangatlah gampang dan simple sebab hanya Alas x Tinggi sehingga kalau di terapkan dalam rumus akan menghasilkan Rumus Luas Jajar Genjang menyerupai dibawah ini.


Luas = Alas x Tinggi.


Cara Mencari Rumus keliling Jajar Genjang


Sedangkan untuk mencari Rumus Keliling Jajaran Genjang sedikit agak rumit sebab kita harus mencari jumlah Sisi Miring nya namun kalau kita sudah mengetahui dan memahami maka akan terasa mudah. Rumus Menghitung Keliling Jajar Genjang menyerupai dibawah ini.


Keliling = 2 (Alas + Sisi Miring)


Contoh Soal Matematika Jajar Genjang


1. Sebuah gambar jajar genjang mempunyai panjang suatu sisi miring sebesar 5 satuan, panjang allas sebesar 20 satuan & tinggi sebesar 4 satuan. Berapakah Panjang Keliling Jajar Genjang tersebut dan Berapakah Luas Jajar Genjang nya ?


Jawab.


Alas (a) : 5 satuan, sisi miring (m) : 20 Satuan dan tinggi (t) : 4 Satuan


Keliling : 2 x (Alas x Sisi Miring)


K : 2 (5 + 20 ) : 2. 25 = 50 Satuan


Luas Jajar Genjang = Alas x Tinggi


L = 5 x 4 : 20 Satuan²


Sampai Dissini pembahasan dari kamii wacana Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang yg sudah kami lengkapi pula dg rujukan soalnya sehingga kami harap memudahkan anda dlm memahami Rumus Matematika Jajar Genjang ini.




Sumber https://rumusrumus.com