Random post

Sunday, July 23, 2017

√ Reksadana Bangkrut, Apa Bisa

Apakah Reksadana bisa melarat ?  Bisa. Tapi jangan khawatir, pemodal mempunyai pertolongan dari regulator yang mewajibkan pengelola mengembalikkan dana milik pemodal kalau Reksadana bubar.  


Tulisan ini bab dari Panduan Investasi Reksadana.


Pertanyaan soal sanggup tidaknya Reksadana melarat disampaikan salah satu pembaca blog ini. Ia cukup khawatir menyaksikan harga Reksadana berguguran di pasar.


Ditengah merosotnya ekonomi, turunnya harga saham di bursa dan meningkatnya kurs dollar, kinerja Reksadana kena imbasnya.


Contohnya, Reksadana Saham membukukan kinerja terburuk. Rata-rata kinerja jenis ini minus 9,55% secara Januari – Juni 2015.


Return tersebut lebih jelek dibandingkan performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang minus 6,05% pada periode yang sama. Hanya, Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Pasar Uang masih membukukan kinerja positif, meski imbal kesannya terbilang mini.


Pertanyaan yang muncul, apakah Reksadana sanggup bangkrut. Jika bangkrut, apa implikasinya buat investor.


Sebelum jawab, kita perlu paham dulu bagaimana cara kerjanya.


Cara Reksadana


Reksadana menempatkan dana ke instrumen investasi. Keuntungannya ditentukan oleh kinerja investasi yang dibeli oleh Reksadana tersebut.


Contohnya, Reksadana Saham berinvestasi dengan membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Jika harga saham naik, nilai investasi di Reksadana ikut naik. Jika saham anjlok, nilai investasi ikut turun.


Jadi, nilai Reksadana ditentukan oleh bagaimana naik turunnya harga instrumen yang dibeli.


Bisa Bangkrut ?


Berdasarkan cara kerja diatas, apakah Reksadana sanggup melarat ?


Sesuai ketentuan OJK yang dicantumkan dalam Prospektus, yang wajib Anda baca ketika berinvestasi di Reksadana, yaitu sebagai berikut:


#1 Jika Nilai Aset Dibawah Rp 25M, Reksadana Wajib Dibubarkan


Sesuai ketentuan OJK, Total Nilai Aktiva Bersih Reksadana kurang dari Rp. 25.000.000.000,- (dua puluh lima miliar Rupiah) selama 90 (sembilan puluh) Hari Bursa berturut-turut.


Nilai Aktiva Bersih (NAB) basically yaitu nilai investasi Reksadana. Jika harga saham terus merosot, maka nilai NAB Reksadana Saham akan ikut turun, yang sanggup berujung pada pembubaran kalau nilanya menyentuh batasan diatas.


Kenapa ketika nilai asset dibawah 25M wajib bubar ?


Adanya batasan asset ini menjamin bahwa pemilik modal masih sanggup me-recovery sebagian nilai investasinya. Karena ketika diputuskan bubar, pengelola Reksadana wajib menjual asset dan membagikan hasil penjualan tersebut ke para pemilik modal.


Jika tidak ada batasan ini, sanggup saja nilai asset sudah turun drastis atau mungkin sudah nol nilainya, gres Reksadana dibubarkan sehingga tidak ada sisa asset yang sanggup dibagi ke para pemilik modal.


Aturan ini ingin memastikan bahwa pemegang unit Reksadana masih sanggup mendapat sebagian dananya meskipun kinerja investasi anjlok.


#2 Manajer Investasi dan Bank Kustodian Sepakat Membubarkan


Pengelola Reksadana, yaitu Manajer Investasi dan Bank Kustodian, diperbolehkan untuk setuju melaksanakan pembubaran Reksadana.


Untuk ini, pengelola wajib memberikan alasannya dan kondisi keuangan ke pihak regulator, yaitu OJK.


Pengelola harus sanggup menyakinkan alasan kenapa Reksadana dibubarkan.


Nasib Pemilik Dana


Bagaimana nasib pemegang unit kalau Reksadana dibubarkan ?


Jadi ketika dibubarkan, NAB Reksadana akan dijual, kesannya dibagi kepada para investor Reksadana.


Manajer Investasi wajib memastikan bahwa hasil dari pembubaran Reksadana harus dibagi secara proporsional berdasarkan komposisi jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh masing-masing Pemegang Unit Penyertaan.


Beban biaya pembubaran dan likuidasi Reksadana, termasuk biaya Konsultan Hukum, Akuntan dan beban lain kepada pihak ketiga menjadi tanggung jawab dan wajib dibayar Manajer Investasi kepada pihak-pihak yang bersangkutan.


Kesimpulan


Ketentuan diatas memberikan bahwa Reksadana sanggup dibubarkan atau bangkrut.


Meskipun ketika ini, aku belum pernah mendengar ada Reksadana yang bangkrut.


Tapi, ini yang perlu digarisbawahi, regulasi yang ada cukup melindungi pemodal  alasannya yaitu ketika nilai asset menyentuh dibawah 25M wajib Reksadana wajib segera dilikuidasi. Tujuannya biar masih ada nilai asset yang sanggup dijual untuk dibagi ke para pemilik Reksadana tersebut.


Beberapa bacaan penting soal Reksadana: Bagaimana Rp 100rb Bisa Investasi Reksadana; Cara Paling Praktis Beli Reksadana; dan GRATIS – Panduan Beli Murah Reksadana.


GRATIS 5 Reksadana Saham Terbaik



Sumber https://duwitmu.com