Random post

Monday, February 3, 2020

√ 5 Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

Status Sosial


Setiap insan dilahirkan dalam status sosial yang dimiliki oleh orang tuanya. Apabila seseorang tidak puas dengan status sosialnya, maka ia sanggup mencari kedudukannya sendiri dilapisan sosial yang lebih tinggi. Misalnya anak seorang kuli bangunan, alasannya yakni ulet berguru sekarang berhasil menjadi seorang guru teladan.


Kondisi Ekonomi


Banyak orang yang hidup serba kekurangan, alasannya yakni wilayahnya tandus. Akhirnya mereka melaksanakan urbanisasi untuk memperbaiki kehidupannya. Di kawasan tempat tinggal yang baru, seseorang telah berhasil mendapat penghasilan yang cukup besar. Dengan penghasilannya itu ia lalu dipandang baik oleh masyarakat sekitar dan sekarang ia di golongkan sebagai orang kaya.


Situasi Politik


Situasi keamanan yang tidak aman sanggup mempengaruhi penduduk untuk meninggalkan negaranya, meskipun tanahnya subusr. Misalnya, oerang antara elit politik di Korea Utara menimbulkan perpindahan penduduk warga Korea Utara menerobos masuk ke Korea Selatan.


Pertambahan Penduduk


Laju pertambahan penduduk yang pesat akan berdampak pada kehidupan masyarakat, menyerupai lapangan pekerjaan menjadi sulit, pemukiman padat dan lahan pertanian semakin terbatas. Misalnya pada pemukiman padat sanggup menjadikan perpindahan penduduk dan pengangguran kondisi ini sanggup merubah status dan stratifikasi sosial dalam masyarakat. Ada yang menjadi kaya atau miskin, ada yang mendapat jabatan tertentu tetapi ada juga yang kehilangan jabatan.


Petualangan


Adanya harapan untuk melihat kawasan lain, akan mendorong insan melaksanakan mobilitas geografis dari satu tempat ke tempat lain. Ada juga orang yang ingin mencoba menekuni perjuangan dan jenis pekerjaan baru. Bila ia berhasil, maka akan meningkatkan status sosialnya di masyarakat. Sebaliknya jikalau tidak berhasil, maka status sosialnya akan menurun.


Misalnya; seorang turis Belanda yang berprofesi wartawan di negaranya, alasannya yakni tertarik dengan keindahan Candi Borobudur, ia membeli rumah di sekitar lokasi untuk ditempati dan disewakan. Kini ia sangat kaya di Indonesia dari usahanya itu.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com