Random post

Wednesday, January 29, 2020

√ Teladan Besaran Pokok Dan Turunan Serta Satuan Si

Sistem Satuan Internasional (disingkat SI, nama Prancisnya, Système International d’unités) ialah sistem metrik satuan pengukuran yang disepakati secara internasional yang telah ada semenjak tahun 1960. Sejarah meter dan kilogram, dua dari satuan dasar yang menjadi dasar sistem tersebut telah dipakai semenjak Revolusi Perancis.


Sistem itu sendiri didasarkan pada konsep tujuh satuan besaran pokok, yang mana semua satuan besaran lainnya sanggup diturunkan. Setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua, menjadi semakin terang bahwa sistem pengukuran di seluruh dunia dibutuhkan untuk menggantikan banyak sekali sistem pengukuran yang dipakai pada ketika itu.


Pada tahun 1954, Konferensi Umum ke- 10 ihwal Bobot dan Ukuran , yang bertindak menurut temuan penelitian sebelumnya, mengusulkan sistem menurut enam besaran pokok. Satuan yang direkomendasikan ialah meteran , kilogram , detik , ampere , kelvin dan candela .


Konferensi Umum ihwal Bobot dan Ukuran (disingkat CGPM dari judul Perancis, Conférence Générale des Poids et Mesures ), yang pertama dilakukan pada tahun 1889, telah berlangsung setiap beberapa tahun semenjak tahun 1897 di Sèvres, akrab Paris. Setelah proposal tahun 1954, konferensi tahun 1960 (CGPM ke- 11) memperkenalkan sistem gres kepada dunia.


Satuan besaran pokok yang ketujuh, mol , ditambahkan sesudah CGPM ke- 14, yang terjadi pada tahun 1971. Deskripsi resmi sistem yang disebut Brosur SI , pertama kali diterbitkan pada tahun 1970 dan ketika ini (per 2006) dalam edisi kedelapannya, sanggup diunduh secara gratis dari situs web Bureau International des Poids et Mesures (BIPM).


Brosur ini ditulis dan dikelola oleh subkomite Komite Internasional untuk Berat dan Ukuran (disingkat CIPM dari nama Perancis – Comité International des Poids et Mesures ). Standar internasional yang relevan ialah ISO / IEC 80000 . Informasi umum ihwal Sistem Satuan Internasional, definisi jumlah, dan rincian simbol satuan sanggup ditemukan di ISO 80000-1: 2009 Kuantitas dan unit – Bagian 1: Umum .


Peran BIPM mencakup penetapan standar untuk besaran fisik utama, dan pemeliharaan prototipe internasional. Pekerjaannya mencakup penelitian metrologi (metrologi ialah ilmu pengukuran), menciptakan perbandingan prototipe internasional untuk keperluan verifikasi, dan kalibrasi standar. Pekerjaan BIPM diawasi oleh CIPM, yang pada gilirannya bertanggung jawab kepada CGPM. General Conference ketika ini bertemu setiap empat tahun untuk mengkonfirmasi standar dan resolusi baru, dan untuk menyetujui problem keuangan, organisasi dan pengembangan.


Pengertian Besaran pokok


Besaran pokok ialah kuantitas yang berbeda sifatnya dan tidak sanggup didefinisikan oleh besaran lain.


Nilai besaran fisika biasanya dinyatakan sebagai produk angka dan satuan . Satuan ini mewakili pola atau prototipe spesifik dari jumlah yang terkait, yang dipakai sebagai titik referensi. Angka tersebut mewakili rasio nilai besaran terhadap satuan. ialah sistem metrik satuan pengukuran yang disepakati secara internasional yang telah ad √ Contoh Besaran Pokok dan Turunan serta satuan SI


Dalam masalah kilogram , prototipe ialah silinder platinum-iridium yang dipegang di bawah kondisi yang terkendali ketat di lemari besi di BIPM, meskipun ada sejumlah salinan identik disimpan di bawah kondisi yang identik yang terletak di seluruh dunia. Jumlah dua kilogram ( 2 kg ) akan mempunyai sempurna dua kali massa prototipe atau satu salinannya. Ada tujuh besaran pokok yang dipakai dalam Sistem Satuan Internasional. Tujuh besaran pokok dan satuan terkait adalah:



  1. panjang (meter)

  2. massa (kilogram)

  3. waktu (kedua)

  4. arus listrik (ampere)

  5. suhu termodinamika (kelvin)

  6. jumlah zat (mol)

  7. intensitas cahaya (candela)


Besaran pokok ini diasumsikan tidak tergantung satu sama lain. Dengan kata lain, tidak ada besaran pokok yang perlu didefinisikan memakai besaran pokok (atau jumlah) lainnya. Namun perlu dicatat bahwa meskipun besaran pokok sendiri dianggap independen, satuan dasar masing-masing dalam beberapa masalah tergantung satu sama lain.


Meter , misalnya, didefinisikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa dalam interval waktu 1/299 792 458 per detik .


Besaran pokok dan satuannya


Tabel di bawah ini merangkum 7 besaran pokok dan satuannya. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa anomali muncul sehubungan dengan kilogram (satuan massa ). Satu kilogram ialah satu-satunya satuan besaran pokok dalam SI yang nama dan simbolnya menyertakan awalan (k=artinya kilo atau seribu). ialah sistem metrik satuan pengukuran yang disepakati secara internasional yang telah ad √ Contoh Besaran Pokok dan Turunan serta satuan SI Anda harus menyadari bahwa kelipatan dan perkalian dari satuan ini dibuat dengan melampirkan nama awalan yang sesuai untuk nama satuan yaitu gram, dan simbol awalan yang sesuai dengan simbol satuan ialah g . Misalnya, sepersejuta kilogram ialah satu miligram ( 1 mg ), dan bukan satu mikrokilogram ( 1 μkg ).































































besaranSimbolSatuan Simbol satuanDefinisi Satuan
panjangnyalmetermPanjang jalan yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu 1/299 792 458 detik
massamkilogramkgMassa Kilogram Prototipe Internasional
waktutkeduasSatu detik ialah waktu yang dibutuhkan 9192.631.770 (9.192631770 x 10 9) siklus radiasi yang dihasilkan oleh transisi antara dua tingkat atom 133 caesium dalam keadaan dasar, ketika diam, pada suhu 0 K
arus listrikIampereAArus konstan yang, kalau dipertahankan dalam dua konduktor paralel lurus dengan panjang tak terbatas, dan ditempatkan terpisah satu meter dalam ruang hampa udara, akan menghasilkan antara konduktor ini gaya yang sama dengan 2 x 10 -7 newton per meter dari panjangnya
suhuTkelvinKFraksi 1 / 273,16 dari suhu termodinamika dari titik tripel air
jumlah

zat
nmolmolJumlah zat suatu sistem yang mengandung 0,012 kilogram atom karbon 12 sebanyak 6,02×1023 partikel dasar (atom, molekul, ion, elektron, radikal, dll.)
intensitas cahayaIvcandelaCDIntensitas cahaya, dalam arah tertentu, dari sumber yang memancarkan radiasi monokromatik frekuensi 540 × 10 12 hertz dan yang mempunyai intensitas radiasi dalam arah itu sebesar 1/683 watt per steridian

Pengertian Besaran turunan


Besaran turunan didefinisikan sebagai perkalian dari besaran pokok. Besaran turunan sanggup diekspresikan dalam bentuk satu atau lebih besaran pokok dalam bentuk verbal aljabar.


Contoh besaran turunan dan satuannya


Satuan besaran turunan yang merupakan hasil kali dari besaran pokok yang tidak menyertakan faktor numerik selain satu dikatakan besaran turunan koheren. Ini berarti bahwa mereka diturunkan murni memakai produk bilangan lingkaran dari besaran pokok, dan tidak ada faktor numerik/angka selain satu yang terlibat. Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa pola satuan besaran turunan yang koheren.







































































































besaransimbolSatuan Satuan simbol
LuasAmeter persegim 2
volumeVmeter kubikm 3
kecepatan, kelajuanvmeter per detikm/s
percepatanAmeter per detik kuadratm / s 2
bilangan gelombangσSatu permeterm -1
Massa jenis, kepadatan massaρkilogram per meter kubikkg / m 3
rapat permukaanρ Akilogram per meter persegikg / m 2
volume spesifikvmeter kubik per kilogramm 3 / kg
rapat arusjampere per meter persegiA / m 2
besar medan magnetHampere per meterA/m
jumlah konsentrasi, konsentrasicmol per meter kubikmol / m 3
massa jenisρkilogram per meter kubikkg / m 3
LuminansiL vcandela per meter persegicd / m 2
Indeks biasnsatu1
permeabilitas relatifμ rsatu1

 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com