Random post

Friday, January 31, 2020

√ Habitat Echinodermata

Echinodermata secara langsung merupakan binatang laut, dengan hanya beberapa spesies yang tinggal di air tawar bahkan payau. Di antara pengecualian ialah beberapa holothurian tropis yang sanggup menahan pengeringan parsial jikalau terdampar di pantai oleh gelombang surut. Kebanyakan echinodermata tidak sanggup mentolerir perubahan yang konkret dalam salinitas, suhu, dan intensitas cahaya dan cenderung menjauh dari kawasan di mana faktor-faktor ini tidak optimal.


Perilaku sebagian besar spesies air dangkal diatur oleh cahaya; yaitu, individu tetap bersembunyi di siang hari dan muncul dari penyembunyian di malam hari untuk acara makan.


Echinodermata sanggup ditemukan di maritim terpanas dan terdingin dunia; spesies-spesies yang sanggup mentolerir rentang temperatur yang luas biasanya juga mempunyai jangkauan geografis yang luas. Distribusi horizontal atau vertikal dari banyak spesies juga diatur oleh suhu air. Pengaruh tekanan terhadap echinodermata belum diselidiki secara menyeluruh.


Echinodermata menempati banyak sekali habitat. Sepanjang pantai berbatu, bintang maritim dan bulu babi sanggup menempel pada watu yang di bawahnya teripang dan bintang mengular bersembunyi. Beberapa bulu babi mempunyai adaptasi khusus untuk mengatasi surfing yang turun naik akhir batuan (misalnya, kerangka yang sangat besar lengan berkuasa dan kaki tabung yang berkembang dengan baik untuk melekat).


Di kawasan berpasir, bintang laut, bintang rapuh, landak maritim mempunyai bentuk yang tidak teratur, dan teripang mungkin mengubur diri atau pindah ke permukaan. Populasi besar dari semua kelompok yang hidup dari echinodermata sanggup ditemukan di lumpur dan cairan lepas pantai. Di beberapa kawasan laut, echinodermata ialah organisme yang dominan; di palung maritim terdalam, misalnya, holothurian mungkin merupakan lebih dari 90 persen berat dari organisme hidup. Mungkin habitat yang paling tidak biasa dimanfaatkan oleh aster maritim dan keluarga kecil asteroid; hewan-hewan ini hanya sanggup tinggal pada potongan kayu yang terendam air di lantai maritim dalam.


Echinodermata sering memakai binatang lain sebagai rumah; ribuan bintang rapuh, misalnya, mungkin hidup di beberapa spons tropis. Teripang mungkin menempel pada punggung echinoida Antartika yang bergerak lamban, dan salah satu teripang menempel pada kulit ikan maritim dalam.


Di sisi lain, echinodermata juga menjadi inang untuk banyak sekali organisme. Berbagai krustasea dan teritip, misalnya, menyebabkan pembentukan galls, atau pertumbuhan ibarat tumor, dalam kerangka landak laut, dan krinoid sebagai inang dari cacing benalu khusus. Hal yang menarik dari korelasi komensalisme ialah korelasi antara banyak sekali teripang tropis dan Carapidae rammping, yang sering ditemukan di rektum dari teripang, kepala menonjol melalui anus nya. kepiting Pinnotherid sanggup ditemukan di rektum dari echinoida dan holothurian di Peru dan Chile, dan beberapa moluska benalu sering ditemukan dalam rongga badan holothurian.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com