Random post

Friday, January 26, 2018

√ Cara Install Fastreport Di Delphi 2010

Sebelum artikel ini diturunkan saya bahu-membahu bukanlah penggemar dari FastReport akan tetapi dengan sudah cukup lamanya reporting andalan saya (QuickReport) tidak menerima pinjaman alias abandoned/terlantar/ditinggalkan maka mau tidak mau saya harus mempelajari lagi reporting yang lain dan pilihan saya jatuh pada FastReport.

Kali ini yang akan saya share terlebih dahulu ialah cara menginstall komponen FastReport di Delphi 2010. Pada versi delphi lain seharusnya tidak akan jauh berbeda. Baiklah eksklusif saja berikut ini ialah step by step yang perlu anda lakukan dan perhatikan;

1. Pastikan paket instalasi FastReport anda compatible dengan versi Delphi anda. Disini saya memakai versi 5.1.9 untuk versi Delphi 2010.

2. Biasanya ketika did0wnl0ad paket instalasi berbentuk file archive oleh kesannya anda harus meng-extract nya terlebih dahulu (anda sanggup memakai winrar atau software sejenisnya).

3. Setela itu cari RECOMPILE.EXE, dan buka file exe tersebut (dalam hal ini saya buka dengan – RUN as Administrator.

4. Maka akan muncul pertanyaan (dalam jendela Warning) ibarat gambar berikut ini:

Klik saja tombol continnue, maka akan muncul tampilan berikut ini:

Setelah itu pada point-poit yang ada pada tampilan form atursebagai berikut:
a) Pilih versi Delphi 2010
b) FastReport version = Enterprise
c) TeeChart version = TeeChartStd
d) Recompile all packages – Select path = tentukan dimana anda akan menyimpan file bpl (file yang akan kita gunakan untuk menginstall komponen di delphi. Disini saya memakai folder dimana file RECOMPILE.EXE berada (D:\Delphi 2010\Component & Tools\FastReport v5.1.9)
Jika sudah, klik tombol COMPILE, tunggu sampai proses selesai, sesudah itu klik tombol EXIT.
Anda akan melihat 1 folder gres yang berjulukan LIBD14, dalam folder tersebut terdapat semua file yang kita butuhkan untuk menginstall komponen fastreport.

5. Buka Delphi 2010, sesudah itu buka sajian TOOLS  Options. Akan muncul jendela baru, cari Library – Win32 (seperti gambar dibawah ini.

Pada Library Path, klik tombol … sesudah itu cari dimana folder LIBD14 berada (hasil compile tadi) dengan cara mengklik gambar folder. Jika sudah klik tombol add biar path terdaftar pada List of Library paths. Setelah itu klik tombol Ok di form Directories, dan klik tombol Ok di form Options.

6. Selanjutnya, dengan Delphi buka file di folder D:\Delphi 2010\Component & Tools\FastReport v5.1.9\LibD14 (path  dimana terdapat folder LIBD14), buka semua file yang berextensi .bdsproj (gunakan filterisasis pada combo box yang ada) yang mengandung versi delphi (delphi 2010 = versi 14) jadi cari yang ada anga 14-nya.


7. Pada project inspector Compile dulu semua project (klik kanan kemudian Compile all), sesudah itu jikalau tidak ada error anda boleh menginstall satu persatu komponen. Nah jikalau ada error pastikan anda sudah memiliki (tersintall pada delphi anda) komponen yang diharapkan oleh FastReport ibarat Interbase, Ado, IntraWeb, dll. Pada ketika melaksanakan Compiling saya mendapati error dikarenakan saya tidak memakai interbase, nah langkah yang saya lakukan ialah menghapus project Interbasenya, saya compile ulang dan tidak ada masalah.

Terimakasih, semoga bermanfaat, jikalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk comment :-)

Sumber http://farihinmuhamad.blogspot.com