Random post

Sunday, September 24, 2017

√ Klarifikasi Generasi Ram Ddr Dan Jenis-Jenis Ram Ddr

komputerdia.com - Pengertian Random Acces Memory atau RAM adalah sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk penyimpanan data dan sebuah arahan - intruksi kegiatan yang sedang kita jalankan dan sebelumnya sudah di sanksi oleh sebuah Processor.

Jika dilihat secara umum RAM atau Random Access Memory bisa didefinisikan sebagai perangkat dalam sebuah perangkat komputer atau gadget yang sanggup mengakses memori secara acak dengan cepat, perlu anda ketahui bahwa terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Kemampuan RAM sendiri intinya difungsikan untuk mengakses data secara acak sehingga sanggup menampilkan data secara lebih cepat. Selain itu RAM juga sanggup menyimpan data sementara pada perangkat ketika perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. 

Dapat dikatakan bahwa RAM yaitu perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain menyerupai HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

adalah sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk penyimpanan data dan se √ Penjelasan Generasi RAM DDR dan Jenis-Jenis RAM DDR


Perkembangan dan Jenis-Jenis RAM DDR

Semakin berkembangnya teknologi ketika ini, maka sudah menjadi pemandangan biasa kalau banyak pula inovasi-inovasi gres yang akan di ciptakan untuk membuat keseimbangan akan kemajuan teknologi tersebut.

Salah satu pola dari penemuan tersebut yaitu dengan berkembangannya teknologi RAM yang disematkan pada perangkat komputer. Dengan banyaknya aplikasi-aplikasi penunjang kerja yang membutuhkan jalan masuk RAM yang sangat besar, tentunya hal ini akan membuat produsen hardware tersebut terus menyebarkan productnya semoga bisa mengimbangi kinerja dari software-software tersebut.

Dengan perkembangan RAM yang sudah mempunyai kapasitas besar serta sudah mempunyai pembekalan akselerasi yang mempuni, maka software yang membutuhkan suplai RAM besar tersebut pun akan berjalan dengan baik.

DDR adalah abreviasi dari Double Data Rate. DDR merupakan pengembangan dari SDR SDRAM (Single Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory ). DDR SDRAM mempunyai karakteristik kecepatan dua kali lipat dari SDR SDRAM yang diperoleh alasannya yaitu efisiensi pengiriman data melalui efisiensi sinyal clock terhadap waktu. Jika SDR SDRAM hanya mengirim data pada satu transisi clock maka pada DDR SDRAM data dikirim pada dua transisi sinyal clock.


SDRAM 

SDRAM (Synchrounus Dynamic Random Access Memory) yaitu jenis RAM yang dirancang untuk bisa sinkron dengan frekuensi clock dari CPU. Istilah “Synchronous” ini digambarkan pada sikap RAM yang bisa mengetahui siklus clock dari CPU dengan tepat. Hal ini meningkatkan kerja CPU alasannya yaitu tidak harus menunggu untuk bisa melaksanakan jalan masuk ke RAM.

Ada dua jenis SDRAM, yaitu SDR (Single Data Rate) dan DDR (Double Data Rate). SDR mengirim data pada satu transisi clock yaitu ketika naik atau turun saja (rising/falling). Sedangkan DDR mengirim data pada dua transisi clock ketika naik dan turun (rising dan falling). Ini membuat RAM DDR dua kali lebih cepat dari ram SDR.

Khusus untuk RAM jenis DDR SDRAM selanjutnya lebih berkembang dari RAM SDR SDRAM. Dalam perkembangannya ada beberapa jenis RAM DDR SDRAM, yaitu DDR atau DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4 dan DDR5. RAM DDR pertama atau dikenal dengan DDR1 muncul pada era prosesor Intel Pentium, kemudian digantikan dengan RAM DDR2 pada era prosesor DUAL CORE kemudian pada era prosesor Core i3 digantikan dengan RAM DDR3.

Kini perkembangan RAM DDR telah mencapai versi DDR4. DDR4 merupakan generasi RAM DDR SDRAM yang terbaru pada ketika artikel ini ditulis. Perkembangan RAM DDR ini salah satunya terletak pada kecepatan transfer datanya yang meningkat seiring dengan p0erkembangan Chipset dan Prosesor.



Jenis - Jenis RAM DDR


1. RAM DDR 1

Menjelang final masa 20, kebutuhan RAM berkapasitas besar sangat penting untuk mengimbangi kecepatan CPU. Karena alasan itu, dikembangkanlah tipe RAM DDR atau double data rate transfer.

RAM DDR generasi pertama ini disesuaikan dari RAM pada VGA card. RAM yang dikenal dengan nama DDR1 ini pun menjadi standar terbaru ketika itu.

RAM DDR1 lahir pada era komputer pentium 4 sekitar tahun 2000. RAM DDR1 mempunyai transfer rate antara 200–400 MT/s dengan kecepatan clock sebesar 100-200 MHz. RAM ini mempunyai ciri fisik yang membedakannya dengan RAM versi sebelumnya yaitu jumlah notchnya yang cuma satu berbeda dengan SDR SDRAM yang mempunyai dua notch. Notch yaitu coakan pada PCB RAM yang menjadi panduan ketika memasang RAM.

Dengan kecepatan transfer mulai dari 200 MHz hingga 400 MHz, DDR1 bisa membantu kinerja CPU yang ketika itu terus ditingkatkan kecepatannya. RAMD DDR1 ini pertamkali digunakan oleh AMD pada motherboard ciptaan mereka.



2. RAM DDR2

Ketika teknologi CPU terus meningkat, RAM yang lebih baik dibandingkan DDR generasi pertama pun sangat dibutuhkan. Karena itu, hadirlah RAM DDR2. Tipe RAM ini cukup terkenal alasannya yaitu ketika itu banyak pengguna yang memakai komputer dengan prosesor Intel Pentium 4 ke atas.

DDR2 RAM sendiri hadir dengan frekuensi kecepatan mulai dari 400 MHz hingga 1066 MHz. Teknologi RAM generasi kedua ini juga dikenal cukup baik dari segi daya alasannya yaitu hanya mengonsumsi 1,8V saja.



3. RAM DDR3

Tipe RAM DDR3 yaitu tipe RAM modern yang banyak digunakan diberbagai perangkat. Tidak hanya perangkat PC, tetapi juga perangkat canggih lainnya. RAM generasi ketiga ini mendukung transfer rate lebih tinggi,yakni hingga 2133 MHz.

RAM DDR3 ini puh hadir dengan konsumsi listrik yang lebih irit, yakni 1,5V saja. Tipe RAM DDR3 ini sepertinya masih akan cukup usang mendukung banyak sekali hardware meskipun RAM DDR4 sudah diluncurkan pada tahun 2014.



4. RAM DDR4

RAM DDR4 yaitu tipe DDR generasi ke empat yang hadir dengan kecepatan  transfer rate lebih tinggi dibandingkan DDR3. DDR4 ini mendukung kecepatan mulai dari 2133 MHz hingga 4266 MHz, sebuah kecepatan transfer rate yang tergolong luar biasa.

Tipe RAM yang disebut juga sebagai DDR4 SDRAM ini sudah dikomersilkan pada tahun 2014. Padahal, teknologi ini pengembangannya sudah cukup lama. Tampaknya butuh waku beberapa tahun ke depan, hingga RAM yang hanya mengonsumsi daya 1,05V ini banyak digunakan diberbagai perangkat.


5. RAM DDR5

RAM DDR5 ini merupakan generasi ke 5 sekaligus menjadi RAM dengan spesifikasi tingkat yang sangat tinggi. Berikut ini dalah beberapa kelebihan dari RAM DDR 5
  • Kapasitas yang Besar
  • Tingkatkan Multitasking
  • Kecepatan Bandwidth yang Lebih Besar
  • Channel Efficiency yang Lebih Baik


Sumber http://www.komputerdia.com