Random post

Sunday, March 3, 2019

√ Perbedaan Antara Zoospora Dan Zigospora

Perbedaan utama antara zoospora dan zigospora: zoospora ialah struktur haploid sedangkan zigospora ialah struktur diploid. Zoospora dan zigospora ialah dua jenis spora yang dihasilkan oleh fusi gamet uniseluler. Mereka ialah struktur reproduksi. Apalagi kedua jenis spora ini berasal dari sporangia. Namun, zoospora ialah spora berkerumun dengan kemampuan lokomotif sementara zigospora tidak motil.


Pengertian Zoospora


Zoospora ialah spora asecual berflagel yang diproduksi oleh protista, bakteri, dan jamur.


Ciri-ciri zoospora



  1. Ini ialah spora asecual motil yang diproduksi oleh jamur tertentu.

  2. Tidak mempunyai dinding sel yang sejati.

  3. Berukuran kecil.

  4. Tidak bisa bertahan dalam kondisi yang keras.

  5. Diproduksi oleh oomycetota ibarat Phytophthora, Myxomycota, Chytridiomycota, Ophisthoconts, dll.


Pengertian  Zigospora


Zigospora ialah tahap diploid dari siklus reproduksi banyak jamur dan protista. Mereka dibuat oleh sel-sel haploid melalui fisi inti. Zigospora jamur matang di zigosporangia, begitu struktur tunas khusus menyatu. Struktur-struktur ini berasal dari miselia jamur homothalik atau dalam tipe perkawinan berbeda dari jamur heterothalik dan klamidospora. Secara khusus, zygomycota kelas jamur menghasilkan zigospora dalam sporangia mereka yang terletak di ujung sporangiofora.


Dalam alga eukariotik, zigospora berkembang dikala gamet uniseluler bergabung satu sama lain. Gamet-gamet ini termasuk tipe kawin yang berbeda. Produksi Zigospora umum untuk banyak spesies Chlorophyta.


Zigospora mengalami dormansi alasannya faktor lingkungan yang berbeda ibarat cahaya, panas, kelembaban, dan materi kimia yang dikeluarkan oleh banyak sekali tanaman, dll. Namun, dikala kondisi yang menguntungkan kembali, perkecambahan zigospora terjadi. Selama perkecambahan zigospora, sel-sel vegetatif diproduksi melalui meiosis.


Apa Persamaan Antara Zoospora dan Zigospora?



  1. Baik zoospora dan zigospora ialah dua jenis spora.

  2. Mereka ialah struktur reproduksi.

  3. Juga, jamur menghasilkan kedua struktur ini secara umum.

  4. Selain itu, kedua jenis spora berasal dari sporangia.

  5. Selain itu, gamet uniseluler bergabung bersama untuk membentuk kedua jenis spora.


Apa Perbedaan Antara Zoospora dan Zigospora?


Zoospora ialah spora asecual berfagel yang diproduksi oleh protista, bakteri, dan jamur di mana flagelum menawarkan pergerakan ke zoospora sementara zigospora ialah tahap diploid dari siklus reproduksi banyak jamur dan protista yang dibuat oleh sel-sel haploid melalui fisi inti. Oleh alasannya itu, ini ialah perbedaan utama antara zoospora dan zigospora.


Lebih lanjut, zoospora ialah struktur haploid sedangkan zigospora ialah struktur diploid. Oleh alasannya itu, ini ialah perbedaan signifikan antara zoospora dan zigospora.


Selain itu, perbedaan lebih lanjut antara zoospora dan zigospora ialah zoospora ialah spora terbuka tanpa dinding spora yang signifikan, tetapi zigospora mempunyai dinding spora tebal. Yang penting, zoospora bergerak alasannya adanya flagela sedangkan zigospora tidak motil alasannya tidak ada flagela yang ada di dalamnya. Jadi, ini juga perbedaan penting antara zoospora dan zigospora ialah motilitas.


Ringkasan – Zoospora dan Zigospora


Spora ibarat zoospora dan zigospora ialah struktur reproduksi. Zoospora ialah spora asecual yang diproduksi oleh protista, bakteri, dan jamur. Selain itu, mereka mempunyai flagela dan spora motil. Sebaliknya, zigospora ialah spora non-motil. Mereka ialah tahap diploid dari siklus reproduksi banyak jamur dan protista. Perbedaan utama antara zoospora dan zigospora ialah tingkat ploidi mereka. Zoospora ialah haploid sedangkan zigospora diploid.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com