Random post

Monday, March 4, 2019

√ Perbedaan Antara Sitokin Dan Hormon

Perbedaan utama antara sitokin dan hormon: sitokin yakni protein kecil sedangkan hormon sanggup berupa protein, steroid, turunan asam amino, turunan asam lemak, dll. Sitokin dan hormon yakni materi kimia yang ditemukan dalam badan kita, yang bertindak sebagai pembawa pesan kimia.


Oleh alasannya yakni itu, mereka terutama terlibat dalam komunikasi intraseluler. Oleh alasannya yakni itu, mereka memediasi tindakan mereka dengan mengikat dengan reseptor dan mengaktifkan respon seluler. Lebih lanjut, kelenjar endokrin mensintesis dan mengeluarkan hormon. Sebaliknya, sitokin tidak disintesis oleh kelenjar. Sel-sel imun dan sel-sel non-imun menghasilkan sitokin.


Apa itu sitokin?


Sitokin yakni kelompok protein kecil yang melibatkan komunikasi sel, terutama dalam sistem imun bawaan dan adaptif. Ukuran molekul-molekul ini sekitar 50kDa. Sel imun menyerupai limfosit B, limfosit T, sel mast, dll. Dan sel non-imun menyerupai sel endotel, fibroblas, sel stroma, dll, mensintesis dan mensekresi sitokin. Ada reseptor pengikat sitokin.


Terlebih lagi, sitokin berikatan dengan reseptor dan melaksanakan respons imun dan fungsi lain menyerupai pertumbuhan sel, diferensiasi sel, dll. Sitokin ini berperan sebagai perantara dan pengatur proses imun. Karenanya mereka sanggup dianggap sebagai molekul pemberi sinyal juga.


Namun, sitokin memainkan tugas utama dalam pertahanan sistem kekebalan badan terhadap organisme penyebab penyakit. Tubuh mengeluarkan beberapa jenis sitokin menyerupai faktor perangsang koloni, faktor pertumbuhan dan diferensiasi, sitokin imunoregulator dan pro-inflamasi, dll. Saat ini, sitokin dipakai sebagai pengubah respons biologis untuk mengobati aneka macam gangguan.


Pengertian Hormon?


Hormon yakni sejenis biokimia pengaturan yang diproduksi oleh kelenjar badan kita. Kelenjar utama yang mensintesis hormon yakni hipofisis, timus, pineal, tiroid, adrenal, pankreas, dll. Biokimia ini sanggup berupa protein, steroid, turunan asam amino, turunan asam lemak, dll. Ketika kelenjar mengeluarkan hormon, mereka tiba ke sistem darah dan beredar ke daerah sasaran melalui sistem peredaran darah.


Hormon mengkoordinasikan fisiologi dan perilaku. Mereka sanggup mengubah aneka macam reaksi fisiologis badan kita menyerupai reproduksi, homeostasis, pengembangan, penyimpanan dan sekresi, pencernaan, metabolisme, pernapasan, fungsi jaringan, transportasi, pengenalan, biosintesis, dll.


Lebih lanjut, hormon yakni dua tipe utama; larut dalam air dan larut dalam lemak menyerupai dengan vitamin. Hormon yang larut dalam air mengangkut melalui sistem peredaran darah sementara hormon yang larut dalam lemak menyerupai hormon steroid dan tiroid membutuhkan distribusi protein pembawa.


Apa Persamaan Antara Sitokin dan Hormon?



  • Sitokin dan beberapa hormon yakni protein.

  • Keduanya terlibat dengan komunikasi sel.

  • Sitokin dan Hormon bertindak sebagai pembawa pesan kimia.

  • Mereka melaksanakan perjalanan melalui darah.

  • Sitokin dan Hormon terikat dengan reseptor dan menimbulkan tindakan mereka.

  • Keduanya penting untuk hampir semua kegiatan yang terjadi di badan kita.


Apa Perbedaan Antara Sitokin dan Hormon?


Sitokin dan hormon yakni pembawa pesan kimiawi penting bagi badan kita. Sitokin yakni protein berat molekul rendah sedangkan hormon yakni protein, steroid, turunan asam amino, dll. Ini yakni perbedaan utama antara sitokin dan hormon. Lebih lanjut, kelenjar endokrin mensintesis dan mengeluarkan hormon sedangkan sel-sel kekebalan dan sel-sel non-imun menghasilkan sitokin. Juga, keduanya melibatkan komunikasi intraseluler dalam badan kita.


Ringkasan – Sitokin dan Hormon


Sitokin dan hormon yakni pembawa pesan kimiawi dalam badan kita yang terlibat dalam komunikasi intraseluler. Sitokin yakni protein kecil yang bertanggung jawab untuk respon imun dan bekerja melawan infeksi. Sel kekebalan dan sel non-imun terlibat dalam produksi sitokin.


Di sisi lain, hormon yakni molekul biokimia yang dikeluarkan oleh kelenjar endokrin. Mereka mengeluarkan dan mengangkutnya melalui sistem peredaran darah. Mereka sangat penting untuk aneka macam jenis kegiatan menyerupai pencernaan, metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, pengendalian suasana hati dll. Ini yakni perbedaan antara sitokin dan hormon.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com