Random post

Monday, March 4, 2019

√ Perbedaan Antara Melatonin Dan Serotonin

Perbedaan utama antara melatonin dan serotonin: melatonin ialah hormon yang membantu kita tertidur sementara serotonin ialah neurotransmiter yang membantu kita merasa terjaga saat kita bangkit keesokan harinya.


Melatonin ialah zat menyerupai neurotransmiter. Ini ialah hormon yang meningkat selama gelap. Serotonin ialah neurotransmiter yang bekerja berlawanan dengan melatonin. Kadar serotonin meningkat di bawah sinar matahari. Baik melatonin dan serotonin mengatur aneka macam fungsi di dalam badan kita, menyerupai nafsu makan, suasana hati dan tidur. Secara singkat, melatonin ialah zat yang membantu kita tidur sementara serotonin ialah zat yang membantu kita merasa bangkit keesokan paginya.


Pengertian Melatonin


Melatonin ialah hormon yang disintesis oleh kelenjar pineal, yang merupakan kelenjar endokrin kecil yang terletak di otak. Kelenjar pineal menghasilkan melatonin saat mata kita tidak mendapatkan cahaya. Ketika mata kita mendapatkan cahaya, kelenjar pineal menghentikan produksi melatonin. Selain kelenjar pineal, aneka macam jaringan lain juga mengeluarkan melatonin. Serotonin ialah prekursor melatonin. Serotonin mengalami asetilasi dan metilasi untuk menghasilkan melatonin.


Melatonin bertanggung jawab atas beberapa fungsi dalam badan kita. Terutama, fungsi melatonin untuk mengatur siklus tidur-bangun. Ini membantu kita tidur dalam gelap. Sebagai suplemen, melatonin sanggup dipakai untuk perawatan dilema tidur. Selain itu, melatonin mengatur tekanan darah dan juga membantu reproduksi binatang musiman. Selain itu, melatonin bertindak sebagai antioksidan dan pemulung radikal bebas dalam badan kita.


Pengertian Serotonin


Serotonin ialah neurotransmiter monoamina penting yang diproduksi oleh sel-sel saraf. Di sisi lain, itu bertindak sebagai hormon juga. Terutama, melatonin berfungsi sebagai obat kebahagiaan alami tubuh. Jadi, itu ialah hormon kunci yang menstabilkan suasana hati kita, perasaan kesejahteraan, dan kebahagiaan. Ini membantu kita untuk merasa lebih bersemangat. Ini meningkatkan kepositifan dan relaksasi.


Sistem pencernaan kita, terutama usus kita, mengandung sekitar 95% serotonin tubuh. Triptofan ialah asam amino esensial yang membentuk serotonin. Oleh alasannya ialah itu, kekurangan triptofan sanggup mengurangi tingkat serotonin badan kita. Tingkat serotonin yang rendah bertanggung jawab untuk depresi. Kadar serotonin yang sempurna mengurangi depresi, mengatur kecemasan, menyembuhkan luka, dll. Selain itu, serotonin penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah.


Apa Persamaan Antara Melatonin dan Serotonin?



  1. Melatonin dan serotonin ialah hormon yang ada dalam badan kita.

  2. selain itu, serotonin ialah prekursor melatonin.

  3. Keduanya mengatur aneka macam fungsi di dalam badan kita, menyerupai nafsu makan, suasana hati dan tidur.

  4. Juga, keseimbangan melatonin dan serotonin yang sehat sangat penting untuk tidur yang nyenyak.


Apa Perbedaan Antara Melatonin dan Serotonin?


Serotonin ialah neurotransmitter sedangkan melatonin ialah zat menyerupai neurotransmiter. Namun keduanya bekerja sebagai hormon. Perbedaan utama antara melatonin dan serotonin ialah tingkat melatonin naik dalam kondisi gelap; karenanya, ini membantu kita untuk tertidur sementara tingkat serotonin naik dalam kondisi cahaya dan membantu kita untuk bangkit dengan senang di pagi hari. Produksi melatonin terjadi di kelenjar pineal, sedangkan produksi serotonin terjadi di sel-sel saraf. Jadi, ini juga perbedaan antara melatonin dan serotonin.


Selain itu, kadar melatonin yang rendah mengakibatkan insomnia dan bahkan insomnia, sedangkan kadar serotonin yang rendah mengakibatkan depresi dan kelesuan. Jadi, ini juga merupakan perbedaan penting antara melatonin dan serotonin.


Ringkasan – Melatonin dan Serotonin


Melatonin dan serotonin ialah dua hormon. Namun, serotonin juga merupakan neurotransmiter yang penting. Baik melatonin dan serotonin penting alasannya ialah membantu dalam siklus tidur-bangun.


, Tingkat melatonin naik dalam gelap dan membantu kita tertidur. Di sisi lain, kadar serotonin naik dalam cahaya dan membantu kita bangkit dengan senang di pagi hari. Jadi, keseimbangan antara melatonin dan serotonin penting untuk tidur nyenyak. Selain itu, serotonin bertanggung jawab untuk mengirim pesan antara sel-sel saraf dan menghasilkan respons. Yang paling penting, serotonin berfungsi sebagai hormon kunci yang menstabilkan suasana hati, perasaan kesejahteraan, dan kebahagiaan kita. Demikian pula, melatonin juga berperan dalam banyak fungsi lain dalam badan kita. Dengan demikian, ini merangkum perbedaan antara melatonin dan serotonin.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com