Random post

Friday, March 1, 2019

√ Perbedaan Antara Dinein Dan Kinesin

Perbedaan utama antara dinein dan kinesin: dinein ialah protein motor sitoskeleton yang bergerak menuju minus-ujung mikrotubulus, sedangkan kinesin ialah protein motor sitoskeleton lain yang bergerak ke arah ujung plus mikrotubulus.


Sitoskeleton terdiri dari banyak sekali jenis filamen. Mikrotubulus ialah salah satu jenis di antaranya. Mereka memandu pergerakan material di dalam sel. Mereka juga penting dalam mempertahankan bentuk sel. Selain itu, mikrotubulus sangat penting dalam memisahkan kromosom dalam mitosis dan meiosis. Selanjutnya, mikrotubulus ialah komponen kunci dari silia dan flagela dari beberapa sel eukariotik.


Secara struktural, mikrotubulus ialah struktur kutub. Mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan. Secara umum, ujung minus memanjang ke arah tengah sel sedangkan ujung plus meluas ke arah permukaan sel. Selama transportasi intraseluler vesikel dan organel, dua jenis protein motor sitoskeleton membantu mikrotubulus. Mereka ialah dinein dan kinesin. Dinein bergerak menuju ujung minus mikrotubulus sambil membawa materi ke tengah sel. Sebaliknya, kinesin bergerak menuju permukaan sel yang membawa materi ke pinggiran sel.


Pengertian Dinein


Dinein ialah protein motorik yang ada dalam sitoskeleton sel. Mereka bisa bergerak sepanjang mikrotubulus dan membantu transportasi intraseluler vesikel dan organel. Dinein bergerak menuju ujung minus mikrotubulus. Saat beregrak, mereka membawa materi ke sentra sel alasannya ujung minusnya menuju sentra sel.


Dengan kata sederhana, dinein ialah protein motor sitoskeleton yang mengangkut kargo (organel dan vesikel) dari pinggiran sel menuju sentra (transportasi retrograde). Tidak hanya itu, dinein ialah komponen kunci dari silia dan flagela yang penting dalam menggeser mikrotubulus satu sama lain. Oleh alasannya itu, mereka penting dalam pemukulan silia dan flagela yang terletak di permukaan beberapa sel eukariotik.


Pengertian Kinesin


Kinesin ialah jenis lain dari protein motor sitoskeleton yang bisa bergerak sepanjang filamen mikrotubulus. Selain itu, kinesin ialah ATPases. Gerakan mereka memakan energi. Sebagian besar kinesin bergerak menuju ujung plus mikrotubulus yang hadir menuju pinggiran sel (menuju permukaan sel). Saat bergerak, kinesin membawa kargo (organel dan vesikel) dari sentra sel ke pinggiran sel (transportasi anterograde).


Mutasi protein kinesin sanggup menjadikan gangguan sistem saraf. Salah satu penyakit umum tersebut ialah neuropati perifer.


Apa Persamaan Antara Dinein dan Kinesin?



  1. Dinein dan kinesin ialah dua protein motor

  2. Mereka ialah molekul penting dari sitoskeleton.

  3. Baik dinein dan kinesin bergerak di sepanjang mikrotubulus.

  4. Selain itu, mereka membantu transpor material dalam sel.

  5. Kedua protein juga penting dalam pembelahan sel.

  6. Secara struktural, kedua protein ini ialah hidrolase ATP.


Apa Perbedaan Antara Dinein dan Kinesin?


Perbedaan utama antara dinein dan kinesin ialah arah pergerakannya di sepanjang mikrotubulus. Dinein bergerak menuju ujung minus mikrotubulus sementara kinesin bergerak menuju ujung plus mikrotubulus.


Selain itu, dinein mengangkut kargo dari pinggiran ke sentra sel sementara kinesin mengangkut kargo dari sentra ke pinggiran sel. Dengan demikian, ini ialah perbedaan fungsional yang penting antara dinein dan kinesin.


Secara struktural, protein dinein terdiri dari satu sampai tiga rantai berat kompleks sampai rantai menengah, rantai menengah dan rantai ringan. Di sisi lain, protein kinesin terdiri dari dua rantai berat dan dua rantai ringan. Oleh alasannya itu, ini ialah perbedaan lain antara dinein dan kinesin.


Ringkasan – Dinein dan Kinesin


Dinein dan kinesin ialah dua protein motor penting yang ada dalam sitoskeleton. Mereka bergerak sepanjang mikrotubulus dan memfasilitasi transportasi inteseluler vesikel dan organel. Perbedaan utama antara dinein dan kinesin ialah arah gerakannya.


Dinein bergerak menuju ujung minus mikrotubulus sementara kinesin bergerak menuju ujung plus mikrotubulus. Selanjutnya, dinein mengangkut kargo ke sentra sel sementara kinesin mengangkut kargo ke pinggiran sel. Kedua protein ini ialah hidrolase ATP. Selain itu, kedua protein ini penting untuk pembelahan sel. Selain itu, dinein penting dalam pemukulan silia dan flagela dari beberapa sel eukariotik. Jadi, ini merangkum perbedaan antara dinein dan kinesin.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com