Random post

Friday, March 1, 2019

√ Open Mic






Aloha.. tidak

seperti biasany a malam ini saya mau dongeng perihal pangalaman baruku. Kemarin malam

jum’at (20-Okt-12) Aku menghadiri program open mic dari komunitas Stand Up Comedy

Malang
Stand Up Comedy Malang yakni komunitas

yang mewadahi para pecinta dunia komedi. Sedangkan Stand Up Comedy yakni seni

membawakan suatu komedi secara sendirian, dan menghibur penonton dengan tawa. 




 Momen open mic yakni ajang uji bahan komedi yang akan disampaikan di cafe. Ini biasanya

digunakan oleh komik(Komedian) pemula sebagai ajang uji coba dan tes mental.

Yang terang di ajang open mic semua punya kesempatan untuk memberikan materi

dan akan di dengarkan oleh semua pengunjung cafe, tapi yang niscaya lucu atau

nggak lucu tergantung amal ibadah. Makara biasa saja kalau kau coba-coba open mic dan nggak lucu, kau eksklusif lanjutkan ke khutbah jum’at saja!. Saya

tertarik untuk mencoba momen open mic kali ini. Kemudian eksklusif saja nama

saya di catat oleh MC yang juga seorang komik senior. Perkenalan yang dilakukan

dengan heboh oleh MC yang mengkritik akun twitter saya @HudaTnT yang katanya

bakalan meledak. 




 Bagi komik,

bit-bit bahan komedi yakni hal yang orisinal, hasil buatan pribadi

masing-masing. Sehingga unik dan punya set-up yang bermacam-macam. Materi ini

boleh mengandung unsur SARA. Yang terang saya tidak akan keberatan membagi

materi dan bit-bit saya di blog ini. Berikut bit-bit bahan stand up saya





 “Nama saya

Huda, Saya dari KalTim, tapi kalian damai aja walaupun kata orang di kaltim

itu orang dayak pintar nyantet, itu Cuma mitos. Orang dayak itu baik-baik.

Mereka kalau di sakiti itu mereka berdoa, Iya! Berdoa kepada syaiton yang

terkutuk! 





 Tapi asli

suku saya jawa yahh, ayah dan ibu saya orisinil jawa. Makara ada hal-hal menarik yang

saya temukan pada budaya dan filosofi orang jawa.yang pertama dari segi

paakaian, itu Cuma orang jawa yang daerah beliau naruh keris (senjata) itu ada di

belakang.  Ini tandanya mereka

menyembunyikan sesuatu dari anda. Makara jikalau Ia mendekati anda, itu ada maksud

terselubung di balik itu, membunuh anda misalnya.. Kemudian Filosofi orang jawa

yang lainnya yakni Mangan ra mangan sing

penting kumpul, dan itu yang kita lakukan sekarang!
.. buat yang nggak pesen

makanan mohon maaf, saya di suruh sama mbaknya yang punya kafe. Ada lagi yaitu

orang jawa suka basa-basi, yang ini lebay. Saya pernah lebaran di madiun tempat

kakek saya, terus saya bertamu ke rumah tetangga, 


“ Silahkan

Masuk mas, Anggap aja rumah sendiri”  katanya. Sebulan lalu saya coba ke

rumahnya lagi, saya diusir. Soalnya pas

kemarin ke sanan saya gadaikan rumahnya
. Sebulan udah habis uang gadai saya

bertamu lagi khan, sapa tahu di suruh

anggap rumah sendiri lagi mau ku jual rumahnya.




 Lebaran ke

rumah orang kalau belum dewasa jawa itu aneh, saya pas terima tamu anak-anak, saya

silahkan “Silahkan di makan dekk jajannya” itu sampe setengah jam nggak ada

yang mau makan.. saya paksa-paksa makan juga nggak ada yang mau. Sampai saya

masukkan permen ke kantongnya itu masih ada yang ngembalikan.. Kenapa musti nolak-nolak

gitu coba? Udah saya kasih juga. Tapi yang

aneh pas beliau mau pulang saya coba kasih uang, eksklusif disambar semua
. Mungkin

besok-besok kalau lebaran semua jajanan

diuangkan aja
.




 Habis itu

lebaran juga, khan dipersilahkan “Masuk mas silahkan habiskan aja makanannya”

Ya kalau kami di Kal-Tim kan di persilahkan gitu eksklusif aja kan kami habiskan

makanannya.. Nah pulang saya dongeng ke mbah saya “Aku tadi ke rumah tetangga di

kasih kuliner banyaak mbah, di suruh habiskan” “Jadi kau habiskan?” “Iya Mbah”.

Senang saya khan.. nahh sorenya itu, mbah

saya ke rumah tetangga itu, bayar semua yang saya makan
.. Kesimpulannya

adalah. Buat orang-orang jawa harus lebih kritis dengan filosofi-filosofi dari

leluhurnya, alasannya ngggak semuanya itu bener.  Dan buat orang jawa harus dapat menjaga budaya

baiknya, untuk yang non jawa, marilah

kita hancurkan budaya jawa!






Itulah beberapa

bit pendek yang saya bawakan perihal orang JAWA dan filosofis absurd mereka(Kamu

juga Jawa!). Oh ya.. ada yang tertawa lho, terutama yang filosofi mangan ra

mangan sing penting kumpul. Itu alasannya komedi situasi yang tepat!. Thanks dahh..

semoga dapat lihat saya Open Mic langsung.. Lebih lucu lagi tentunya..







Sumber https://mystupidtheory.com