Random post

Monday, February 25, 2019

√ Perbedaan Antara Saraf Kranial Dan Spinal

Sistem saraf sentra terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf tepi terdiri dari saraf kranial dan spinal. Sistem saraf perifer menghubungkan organ badan dan otot rangka ke otak.


Sistem saraf tepi terdiri dari sistem somatik dan otonom. Otot rangka dikendalikan oleh sistem saraf somatik dan dikontrol secara sadar. Organ-organ internal dan proses tubuh, menyerupai detak jantung dan pencernaan, dikendalikan oleh sistem saraf otonom dan tidak disengaja.


Sistem saraf otonom dibagi menjadi sistem simpatis dan parasimpatis. Sistem simpatik merespons situasi darurat. Sistem parasimpatis mempertahankan homeostasis dan fungsi badan normal.


Pengertian Saraf kranial


Saraf kranial ialah pasangan saraf yang menghubungkan otak Anda ke aneka macam bab kepala, leher, dan batang badan Anda. Ada 12 dari mereka, masing-masing diberi nama untuk fungsi atau struktur mereka.


Setiap saraf juga mempunyai angka Romawi yang sesuai antara I dan XII. Ini menurut lokasi mereka dari depan ke belakang. Misalnya, saraf penciuman Anda paling erat dengan bab depan kepala Anda, jadi saraf ini ditetapkan sebagai I.


Pengertian Saraf spinal


Saraf spinal ialah salah satu dari banyak saraf tepi yang berpasangan yang muncul dari sumsum tulang belakang. Pada insan ada 31 pasangan: 8 serviks, 12 toraks, 5 lumbar, 5 sakral, dan 1 coccygeal. Setiap pasangan menghubungkan sumsum tulang belakang dengan wilayah badan tertentu. Dekat sumsum tulang belakang, setiap saraf tulang belakang bercabang menjadi dua akar. Satu, terdiri dari serat sensorik, memasuki sumsum tulang belakang melalui akar dorsal; badan selnya terletak di ganglion tulang belakang yang berada di luar sumsum tulang belakang. Yang lain, terdiri dari serat motorik, meninggalkan sumsum tulang belakang melalui akar ventral; badan selnya terletak pada area spesifik dari sumsum tulang belakang itu sendiri.


Kesamaan Saraf kranial dan spinal :



  1. Saraf kranial dan spinal dipasangkan dan hadir di kedua sisi tubuh. Ada dua belas pasang saraf kranial dan 31 pasang saraf spinal . Satu saraf dari masing-masing pasangan mengontrol fungsi di satu sisi tubuh. Saraf lain dari setiap pasangan mengontrol fungsi yang sama di sisi lain dari tubuh.

  2. Sistem saraf sentra berkomunikasi dengan seluruh badan melalui saraf kranial dan tulang belakang.


Apa Perbedaan Saraf kranial dan spinal?


Semua saraf tulang belakang ialah saraf adonan yang membawa impuls sensorik, motorik dan otonom antara sumsum tulang belakang dan tubuh. Beberapa saraf kranial murni sensorik, beberapa murni motorik dan beberapa sensorik dan motorik.


Saraf kranial:


Serabut saraf perifer berasal dari organ-organ dan membawa impuls sensorik dari organ-organ tersebut ke neuron sensorik di akar dorsal saraf tulang belakang pada tingkat yang sesuai dengan medula spinalis.


Impuls motor ditransmisikan dari sumsum tulang belakang melalui serabut motorik di akar ventral ke otot rangka.


Akar dorsal membawa impuls sensorik aferen. Akar ventral membawa eferen, impuls motorik.


Akar dorsal dan ventral bergabung membentuk saraf tulang belakang.


Saraf kranial bercabang menjadi rami dorsal, melayani bab punggung badan dan rami ventral, yang membentuk saraf yang melayani bab perut tubuh. Rami dorsal jauh lebih kecil daripada rami ventral.


Saraf spinal ialah saraf adonan yang membawa impuls ke dan dari organ yang sama.


Ringkasan perbedaan Saraf kranial dan spinal


Saraf kranial sanggup berupa sensorik, motorik atau campuran. Saraf spinal selalu adonan motorik dan sensorik.


Saraf kranial muncul dari otak pada interval yang tidak teratur dan diberi nomor dari depan ke belakang dalam angka Romawi.


Saraf spinal muncul dari sumsum tulang belakang dalam interval teratur antara vertebra dari dan diberi nomor dalam angka Arab dari atas ke bawah dalam lima wilayah regional: serviks, toraks, lumbar, sakral, dan tulang ekor.


Impuls sensorik berjalan menuju sistem saraf sentra di saraf aferen.


Impuls motor berjalan menjauh dari sistem saraf sentra pada saraf eferen.


Pada saraf spinal, akar dorsal ialah sensorik dan aferen, dan akar ventral ialah motorik dan eferen.


Saraf kranial muncul dari otak dan mengendalikan kepala dan leher dengan pengecualian Vagus Nerve X. Saraf spinal muncul dari sumsum tulang belakang dan mengendalikan tubuh.


Ada 12 pasang saraf kranial dan 31 pasang saraf tulang belakang.


Ada empat pleksus saraf spinal utama.


Saraf kranial biasanya dinamai menurut fungsinya (saraf Olfaktori I). Saraf tulang belakang dinamai menurut lokasi di dalam badan (C1).



Sumber aciknadzirah.blogspot.com