Random post

Sunday, February 17, 2019

√ Perbedaan Antara Glotis Dan Epiglotis

Tubuh insan mempunyai ratusan organ berbeda yang melaksanakan jutaan fungsi untuk membuat kita terus berjalan. Glotis dan Epiglotis ialah dua kepingan yang ada di kerongkongan insan tetapi melaksanakan kiprah yang berbeda satu sama lain. Perbedaan utama antara keduanya menjelaskan sedemikian rupa sehingga Glotis ialah kepingan dari laring yang terbentuk dengan sumbangan pita bunyi dan menghasilkan celah di antara mereka. Sedangkan Epiglotis mempunyai definisi sebagai kepingan yang merupakan lipatan yang terdiri dari tulang rawan dan hadir pada ujung pengecap kita dari lisan dan mulai dari laring.


Pengertian Glotis


Glotis ialah kepingan dari laring yang terbentuk dengan sumbangan pita bunyi dan menghasilkan celah di antara mereka, fungsi utama yang dimainkannya ialah membantu dalam kontrol bunyi dan memodulasinya melalui tindakan mengontraksi  sistem atau memperluasnya.


Jika kita menguraikan fungsi yang ia lakukan maka kita sanggup menyampaikan bahwa itu membantu untuk membuat beberapa bunyi di antara pita suara, ini terjadi ketika mereka semua bergetar dan membuat suara. Kord yang membisu dikala kita berbicara ialah yang dikendalikan oleh glotis dan membantu membuat bunyi yang sanggup dimengerti oleh semua orang.


Suara ini akan meliputi kata-kata menyerupai h, f, s, p, k dan lainnya. Mereka terbentuk ketika glotis bergerak sendiri dan tidak termasuk kepingan lain dari laring. Contoh terbaik dari ini ialah Haka Selandia Baru, dan Didgeridoo Australia dimainkan oleh pemain Rugby tim, semua suara, yang mungkin tidak masuk nalar bagi orang lain yang dibentuk dengan sumbangan glotis yang ukurannya terbatas oleh glottal pembukaan.


Ukurannya tergantung pada otot-otot yang ada di dalam tubuh, dan itu meningkat ketika insan membuka lisan untuk bernapas, ini membentuk bentuk segitiga, dan kemudian udara sanggup bergerak masuk dan keluar dari paru-paru. Bagian ini ada di bawah epiglotis dan disimpan oleh kulit insan yang melindunginya, setiap kali seseorang makan. Semua fungsi yang dilakukannya ialah dengan sumbangan getaran dan hasilnya orang sanggup mendengar bunyi yang berbeda dan membuatnya. Secara keseluruhan, satu hal yang menjadi terperinci ialah kepingan badan ini ada hubungannya dengan bunyi tetapi tidak mempunyai banyak kiprah dalam sistem pencernaan.


Pengertian Epiglotis


Epiglotis mempunyai definisi kepingan yang merupakan lipatan yang terdiri dari tulang rawan dan hadir di ujung pengecap kita dari lisan dan dimulai dari laring. Setiap kali seseorang mencoba menelan makanan, bagiannya tertutup pada dikala itu juga untuk melindungi dirinya sendiri dan kepingan lain yang ada di bawahnya. Bagian ini hadir di atas glotis, dan itu berarti, itu membantu dalam melindunginya juga lantaran pita bunyi hadir pada kepingan itu.


Meskipun fungsi utama yang dilakukan sanggup menjadi perlindungan, tetapi ada beberapa kegiatan lain yang sanggup dilakukan juga, ini termasuk selera yang ada di dalamnya, dan membantu dalam membedakan antara rasa kapan pun orang makan sesuatu. Itu dibentuk atau tulang rawan dan bukan satu-satunya yang dibuat; ada sembilan struktur tulang rawan yang hadir hanya di laring.


Gerakannya bervariasi tergantung pada acara yang dilakukan. Misalnya, jikalau seseorang bernafas, kepingan ini akan mulai menunjuk ke arah atas, ketika seseorang makan, maka ia akan bergerak ke arah yang menyamping. Tindakan ini juga sanggup membuat kita percaya bahwa refleks muntah disebabkan oleh epiglotis, saraf yang ada untuk tujuan ini dikenal sebagai saraf glosofaringeal.Tubuh insan mempunyai ratusan organ berbeda yang melaksanakan jutaan fungsi untuk membuat ki √ Perbedaan antara Glotis dan Epiglotis


Ketika bergabung dengan saraf vagus, mereka berdua menghasilkan muntah dan suara-suara lain menyerupai batuk setiap kali ada sesuatu yang tidak menyenangkan yang tersangkut di laring. Otot ekstrinsik mengendalikan pergerakannya dan memungkinkannya melipat trakea dan membuat perubahan lain tergantung pada alam.


Tabel perbandingan antara Glotis dan Epiglotis



































PerbandinganGlotisEpiglottis
DefinisiBagian dari laring yang terdiri dari pita bunyi dan celah menyerupai celah di antara mereka dan memengaruhi modulasi bunyi melalui perluasan atau kontraksi.Tutup yang terbuat dari jaringan tulang rawan lentur ditutupi dengan selaput lendir yang menempel pada pintu masuk laring.
FungsiUntuk membuat beberapa bunyi bersuara di antara pita bunyi dan kata-kata damai untuk didengar dikala bergetar.Untuk mencegah kuliner memasuki kuliner ke kanal napas selama menelan dan melindungi glotis dari gangguan.
LokasiDi bawah EpiglotisDi atas Glottis
GerakanKontrak dan meluas setiap kali seseorang bernafas tergantung pada aktivitasnya.Bergerak ke arah atas pada pernapasan dan ke samping ketika seseorang menelan makanan.
FokusBerbicara dan BersuaraPerlindungan dan Rasa.

Perbedaan utama Glotis dan Epiglotis



  1. Glotis mempunyai arti kepingan laring yang terdiri dari pita bunyi dan celah menyerupai celah di antara mereka. Ini mempengaruhi modulasi bunyi melalui perluasan atau kontraksi.

  2. Sedangkan epiglotis mempunyai arti lipatan yang terbuat dari jaringan tulang rawan lentur ditutupi dengan selaput lendir, menempel pada pintu masuk laring.

  3. Epiglotis terletak di atas glotis sedangkan glotis terletak di bawah epiglotis bersama dengan kepingan lain. Tetapi lokasi sentra mereka selalu dalam laring manusia, dan posisi mereka berbeda satu sama lain bersama dengan gerakan.

  4. Fungsi utama epiglotis ialah untuk mencegah kuliner masuk ke dalam kanal napas selama menelan dan melindungi glotis dari gangguan. Sedangkan fungsi utama glotis ialah membuat beberapa bunyi bersuara antara pita bunyi dan kata-kata damai untuk didengar ketika bergetar.

  5. Glotis berkontraksi dan mengembang kapan saja seseorang bernafas tergantung pada aktivitasnya sedangkan epiglotis mungkin bergerak ke arah atas pada pernapasan dan ke samping ketika seseorang menelan makanan.

  6. Ukuran glotis memilih apakah seseorang mempunyai kemampuan untuk berbicara dan seberapa penuh atau lambatnya bunyi mereka, sedangkan epiglotis tidak bertanggung jawab atas apa pun yang berkaitan dengan indera pendengaran tetapi memang mempunyai indera perasa untuk menjalankan fungsinya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com