Random post

Wednesday, February 27, 2019

√ Perbedaan Antara Ekologi Dan Ekosistem

Perbedaan utama antara Ekologi dan Ekosistem: Ekosistem yaitu komunitas biologis dan lingkungan fisiknya. Komunitas biologis yaitu sekelompok spesies yang berinteraksi satu sama lain melalui ruang geografis yang terbatas meskipun tidak didefinisikan secara jelas. Ekologi yaitu bidang studi yang akan dipakai untuk mempelajari ekosistem serta skala di bawah tingkat ekosistem termasuk individu, populasi, dan masyarakat.


Pengertian Ekologi


Ekologi yaitu studi perihal interaksi antara organisme dan lingkungannya. Kata ekologi berasal dari kata Yunani “oikos” yang berarti rumah dan “logo” yang berarti kata atau studi. Ekologi ketika ini sanggup dibagi menjadi dua domain luas. Penulis Christian Lévêque memakai istilah ekologi populasi dan ekologi sistemik untuk merujuk kepada mereka. Istilahnya untuk dua domain ini akan dipakai demi terminologi yang konsisten.


Ekologi Populasi


Ekologi populasi berfokus pada interaksi antara spesies atau populasi dan antara populasi dan lingkungannya. Cabang ekologi ini memang mempertimbangkan faktor-faktor non-biologis, tetapi terutama berkaitan dengan dunia yang hidup. Ekologi populasi sanggup dipelajari pada aneka macam skala termasuk organisme individu, populasi, dan komunitas biologis.


Organisme Individual


Adalah skala terkecil yang dipelajari oleh ekologi yaitu organisme individual dan bagaimana dia berinteraksi dengan lingkungan lokal dan organisme lain. Tingkat ini melibatkan studi fisiologi organisme tunggal, bagaimana organisme berdampak pada lingkungannya, dan bagaimana lingkungan sekitarnya mempengaruhi organisme.


Populasi


Populasi terdiri dari satu spesies. Studi ekologi pada skala populasi berkaitan dengan satu spesies dan bagaimana berinteraksi dengan lingkungannya.


Komunitas


Komunitas biologis yaitu kelompok populasi yang berinteraksi. Studi ekologis di tingkat komunitas fokus pada korelasi antara dua atau lebih populasi atau spesies ketika mereka bekerja sama dan bersaing untuk sumber daya. Contoh ekologi skala komunitas yaitu studi perihal korelasi predator-mangsa.


Ekologi Sistemik


Dalam ekologi sistemik, komponen lingkungan hidup dan tidak hidup dipertimbangkan secara mendalam. Ekologi sistemik akan sering melihat aspek non-biologis dari lingkungan menyerupai transfer bahan dan energi melalui tingkat trofik yang berbeda serta siklus biogeokimia.


Tingkat trofik


Tingkat trofik penting dalam ekologi dan mereka memilih bagaimana energi bergerak dari produsen yang mendapat energi mereka eksklusif dari sinar matahari ke konsumen yang mendapat semua energi mereka dari mengkonsumsi produsen. Produsen akan mewakili satu tingkat trofik sementara konsumen primer yang mendapat energi dari produsen mewakili tingkat trofik yang lain.


Siklus biogeokimia


Di alam, unsur-unsur didaur ulang baik melalui komponen biologis dan geologis atau non-biologis dari suatu lingkungan menyerupai geosfer dan atmosfer. Contoh dari siklus biogeokimia yaitu siklus air. Ketika air menguap dari lautan dan mengendap di atas tanah, sebagian darinya akan mengalir ke fatwa dan sungai jadinya kembali ke lautan sementara sebagian darinya akan masuk ke pasokan air tanah. Beberapa air yang mengendap juga akan dicegat oleh vegetasi dan menguap tanpa absorpsi atau limpasan. Dengan cara ini, siklus air melibatkan proses biologis dan non-biologis. Siklus biogeokimia penting lainnya termasuk siklus karbon dan siklus nitrogen. Ekosistem yaitu komunitas biologis dan lingkungan fisiknya √ Perbedaan antara Ekologi dan Ekosistem


Pengertian Ekosistem


Ekosistem yaitu suatu sistem yang terdiri dari komunitas biologis dan lingkungan fisiknya di dalam ruang geografis yang terbatas, tetapi secara longgar didefinisikan. Ekosistem sanggup berupa hutan hujan, danau, atau bahkan lubang hidrotermal di dasar laut.


Komponen suatu Ekosistem


Ekosistem terdiri dari dua komponen utama: organisme hidup dan lingkungan terkait di mana mereka ditemukan.


Lingkungan fisik


Lingkungan fisik penting dalam memilih jenis organisme apa yang akan ada dalam suatu ekosistem. Hutan hujan, misalnya, akan mempunyai organisme yang sangat berbeda dari gurun. Suhu, curah hujan, dan geokimia lokal semuanya akan memengaruhi tipe kehidupan apa yang akan membentuk cuilan hidup ekosistem. Sebagai contoh, lingkungan anoksik akan menghasilkan basil anaerob sebagai bentuk kehidupan yang dominan, sedangkan lingkungan dengan oksigen yang berlimpah akan menghasilkan bentuk kehidupan aerob yang lebih akrab.


Lingkungan Biologis


Agar suatu ekosistem lebih dari sekadar lingkungan lain, dia harus mengandung organisme hidup yang berinteraksi dengan dan memengaruhi aspek geokimia dan geologis lingkungan. Proses penting yang mengatur komunitas organisme yaitu rantai masakan yang merupakan cara lain untuk berbicara perihal tingkat trofik.


Tingkat Tropik dan Ekosistem


Keseimbangan antara aneka macam tingkatan trofik penting untuk menjaga ekosistem yang berkelanjutan. Misalnya, kalau jumlah karnivora meningkat, itu akan mengakibatkan populasi herbivora berkurang. Pengurangan jumlah herbivora akan, pada gilirannya, mengakibatkan flora menjadi lebih berlimpah.


Jika karnivora yaitu konsumen sekunder dan herbivora yaitu konsumen primer, maka sanggup dikatakan bahwa peningkatan konsumen sekunder akan mengurangi jumlah konsumen primer, mengakibatkan peningkatan jumlah produsen.


Jika keseimbangan tidak dipertahankan, sehingga tidak ada cukup energi atau masakan untuk semua organisme dalam ekosistem, ekosistem akan berhenti menjadi berkelanjutan dan sanggup runtuh. Terlalu banyak herbivora yang mengkonsumsi sebagian besar tanaman, misalnya, sanggup mengakibatkan populasi crash untuk herbivora yang akan menimbulkan populasi crash untuk karnivora yang bergantung pada herbivora untuk makanan. Ekosistem yaitu komunitas biologis dan lingkungan fisiknya √ Perbedaan antara Ekologi dan Ekosistem


Ekologi Ekosistem dan Ekologi Sistemik


Ekosistem penting dalam studi ekologi alasannya yaitu ekosistem mewakili skala terbesar yang mungkin selain biosfer. Studi ekologis komunitas biologis terutama menyangkut interaksi antara populasi atau spesies tertentu, tetapi ekologi pada level ekosistem mempelajari proses yang mempengaruhi komunitas dan lingkungan sekitarnya secara keseluruhan. Ekologi sistemik juga disebut ekologi ekosistem sebagai hasilnya.


Persamaan antara Ekologi dan Ekosistem


Ekologi dan ekosistem yaitu konsep dengan tumpang tindih yang signifikan. Mereka berdua melibatkan interaksi antara organisme dan lingkungan mereka dan siklus yang meliputi komponen biologis dan non-biologis.


Apa Perbedaan antara Ekologi dan Ekosistem?


Ekologi yaitu disiplin yang melibatkan studi perihal interaksi antara organisme dan lingkungannya. Ekosistem yaitu komunitas spesifik organisme yang berinteraksi dengan lingkungan tertentu. Ekologi yaitu bidang ilmiah yang akan dipakai untuk mempelajari suatu ekosistem.


Ringkasan Perbedaan antara Ekologi dan Ekosistem


Ekosistem yaitu komunitas biologis dan lingkungan fisiknya. Lingkungan fisik ini meliputi siklus biogeokimia dan suhu lokal, tekanan, komposisi kimia, geologi lokal, dll. Komunitas biologis meliputi sekelompok spesies yang berinteraksi satu sama lain melalui ruang geografis yang terbatas meskipun tidak didefinisikan secara jelas. Ekologi yaitu bidang studi yang akan dipakai untuk mempelajari ekosistem serta skala di bawah tingkat ekosistem termasuk individu, populasi, dan masyarakat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com