Random post

Monday, February 25, 2019

√ Belajarlah Dari Praktisi


Dalam kehidupan ini banyak orang bermimpi besar, dan berfikir akan melaksanakan hal-hal besar. Tapi jarang sekali yang bekerja dari hal terkecil disekitarnya. Dalam hkehidupan ini yang berhasil yaitu mereka yang menjadi praktisi, bukan pakar teoritis ataupun kritisi. Yang terperinci semua orang berhasil bukan cuma alasannya Ia berfikir, tapi juga bekerja!




Aku teringat seorang dosen Kewirausahaan, kami semua disuruh mengkonsep Sebuah Usaha yang berbasis kimia. Kemudian hasil kiprah itu di presentasikan di kelas untuk lalu di diskusikan dan dinilai oleh beliau. Kemudian Teman baikku yang sekelas bertanya “Fuzh.. Mamangnya bapak ini punya perjuangan apa? Apa bapak pernah memulai usaha?” Nahh dari pertanyaan itu saya tahu bahwa si bapak dosen belum punya usaha. alasannya semua dongeng wirausaha yang Ia sampaikan tidak ada yang mencontohkan seni administrasi dan cara membangun Usahanya. Yang terperinci saya sudah tidak tertarik lagi mencar ilmu wirausaha di kelas ketika itu. Saya coba keluar, kesana-kemari mencari wangsit usaha. Kemudian ada seseorang yang memperlihatkan pembinaan Onlinepreneur Gratis. dan saya jelas-jelas terima itu sebagai kesempatan emas!.




Maka mulai ketika itu saya menggeluti bisnis online. Saya jualan Bross wanita. Tidak kimia sama sekali!. Dan kupikir selama uangnya sama, kenapa tidak?. Aku tetap berbisnis Bross.. Kemudian ketika di kelas saya mempresentasikan wacana bisnis braoss itu. tentunya dengan hasil praktekku. Aku begitu menguasai bidang ini. alasannya saya praktisi. Bukan sekedara teori. Tapi yang terperinci ketika akhhir kulish Nilaiku B. yahh tidak lebih baik dari temanku yang belum pernah berjualan apapun dalam hidupnya. Tapi yang lebih parah yaitu dalam kewirausahaan Aku harus dinilai oleh orang yang bukan seorang wirausahawan. Itu Menyakitkan!




Jadi dosen yang mengajar wirausaha padahal Ia tak punya usaha, itu ibarat guru tari yang tidak dapat menari. Atau seorang guru Bahasa Indonesia yang tak pernah menulis puisi dan cerpen dalam hidupnya. Yang terperinci mumpung masih muda saya akan terus balajar.. belajar.. dari buku, dan dari pengalaman.




Dosen Kimia  yang mempraktekkan ilmunya akan menjadi seorang praktisi  peneliti dan dosen yang baik.


Dosen Bisnis yang mempraktekkan ilmunya akan menjadi seorang praktisi  wirausahawan dan dosen yang baik.


Namun Dosen Politik yaitu mereka yang sudah Gagal Makara praktisi Pejabat dan jadi dosen. Karena kalau Ia sukses jadi Pejabat, Ia tak boleh menjadi DOSEN!




M. Mahfuzh Huda.


Di tengah gejolak. Menulis dengan kebuntuan! Kesal!


Malang jadi panas dan sempit


Sumber https://mystupidtheory.com