Random post

Monday, November 19, 2018

√ Tata Nama Sikloalkana

Salah satu senyawa yang paling penting untuk dipelajari dalam ilmu kimia ialah senyawa hidrokarbon. Hal awal yang harus dipelajari dan dipahami dalam serpihan tata nama Hidrokarbon.


Dalam Hidrokarbon atau senyawa organik, salah satu hal yang cukup menjadi perhatian ialah tata nama senyawanya. Jika sebelumnya kita telah membahas tata nama alkana, alkena dan alkuna, kali ini saya akan sharing bagaimana cara penamaan sikloalkana, sikloalkena dan senyawaan siklis lainnya.



Cara Penamaan Senyawa Siklis Hidrokarbon











Salah satu senyawa yang paling penting untuk dipelajari dalam ilmu kimia ialah senyawa hid √ Tata Nama Sikloalkana
tata nama hidrokarbon siklis

Sebelum mempelajari materi penamaan senyawa siklis ini, kalian harus mengingat-ingat ulang materi mengenai tata nama alkana. Langkah-langkah dalam tata nama hidrokarbon siklis sesuai IUPAC ialah sebagai berikut:



1. Tentukan Hidrokarbon Siklis Jenis Apa yang Kamu Miliki.


Hidrokarbon siklis sanggup diberi nama sama dengan hidrokarbon non-siklis, hanya perlu penambahan awalan Siklo- pada namanya. Contohnya: Untuk karbon dengan panjang 7 rantai siklis, diberi nama Sikloheptana, 5 rantai siklis Pentana, 6 rantai siklis yang mengandung rantai ganda ialah Heksena, dll.



2. Jika Satu Substituen


Jika hidrokarbon yang kau punya ialah hidrokarbon siklis dengan satu substituen, maka kau tidak perlu menawarkan angka lokasi substituennya. Contoh: metil heksana, etil heptena, dll.











Salah satu senyawa yang paling penting untuk dipelajari dalam ilmu kimia ialah senyawa hid √ Tata Nama Sikloalkana
sikloheksana



3. Jika ada Gugus Fungsi Alkil Lebih Panjang dari Siklik


 Perhatikan jikalau gugus alkil mempunyai rantai karbon yang lebih panjang daripada cincin karbon, maka cincin karbon yaitu substituennya, bukan rantai utamanya. Penamaanya mengikuti hukum penamaan Alkana,Alkena/Alkuna dengan substituen alkil siklik.



4. Jika Terdapat Dua Substituen


Jika terdapat dua substituen dalam cicin karbon, maka dilakukan penomoran dengan urutan alfabetis. Nomor satu ialah pada substituen dengan huruf awal lebih dulu dari alfabet, lalu perhitungan secara memutar dilakukan sesuai dengan cabang kedua terdekat dari nomor satu.



5. Hitung Jumlah Substituen


Tambahkan imbuhan di-, tri-, tetra-, dst untuk memperlihatkan jumlah substituen pada hidrokarbon siklik tersebut.



6. Urutan Penyebutan Substituen


Seperti pada Hidrokarbon non siklik, urutan penyebutan substituen menurut abjad.


Langkah-langkah tersebut sangat gampang dilakukan, yang kalian perlukan yaitu latihan tata nama hidrokarbon siklis. Dengan jumlah latihan yang cukup kau akan sanggup mengerti cara penamaan seluruh hidrokarbon.








Unduh


Sumber https://mystupidtheory.com