Random post

Sunday, November 18, 2018

√ Langkah-Langkah Metode Ilmiah [Infographic]

Banyak sekali isu “ngawur” yang beredar belakangan ini. Parahnya lagi itu muncul dari portal-portal isu besar. Salah satu judul isu yang menarik komentarku, bahkan komentar Pak Lukman dosenku, yakni mengenai ditemukannya pembangkit energi tenaga vakum. Tentu saja ini tidak mungkin dilakukan, dan tidak terbukti secara ilmiah.


Tetapi portal isu berhasil menciptakan isu ini dibagikan sampai ribuan kali, dengan pembaca (yang percaya) mencapai jutaan orang. Mungkin salah satu alasan ini sanggup terjadi yakni tidak pahamnya pembaca mengenai metode ilmiah, dan bagaimana langkah-langkah melakukannya.


Dalam ilmu sains, acara yang umumnya dilakukan yakni menciptakan sebuah bagan percobaan atau project penelitian. Namun dalam hal ini, percobaan dalam ilmu sains tidaklah semudah metode trial and error, tetapi dibutuhkan suatu langkah-langkah metode ilmiah.


Metode ilmiah dilakukan biar percobaan yang akan kita lakukan memperlihatkan hasil yang maksimal, dan tidak mengandung kesalahan data uji.



Pengertian Metode Ilmiah











 Salah satu judul isu yang menarik komentarku √ Langkah-langkah Metode Ilmiah [Infographic]
metode ilmiah

Sebelum melaksanakan langkah-langkah percobaan, sebaiknya kita memahami mengenai pengertian metode ilmiah.



Metode ilmiah merupakan cara untuk memunculkan pertanyaan ilmiah kemudian menjawab pertanyaan tersebut menurut observasi, studi literatur dan percobaan ilmiah. 



Kalau sudah ibarat ini langkah-langkahnya, maka dengan studi literatur saja, problem pembangkit energi tenaga vacum yang disebutkan diatas tentu saja telah tertolak secara teoritis.


Dalam aturan termodinamika, produksi energi dari sebuah ruang vakum yakni sesuatu yang tidak mungkin (dijelaskan oleh Pak Lukman). Awalnya sih saya sudah yakin jikalau itu mustahil, tetapi tidak berdasar, hanya sekedar spekulasi(dasar dodol, kurang membaca sihh luu!).



Langkah-Langkah Metode Ilmiah


Secara signkat, langkah-langkah metode ilmiah sanggup dirangkum sebagai berikut:



  1. Membuat Pertanyaan 

  2. Menentukan Latar Belakang Penelitian

  3. Membuat Hipotesis (kesimpulan sementara)

  4. Menguji Hipotesis Melalui Eksperiment

  5. Mengolah Data Hasil Eksperiment Secara Ilmiah

  6. Merumuskan Kesimpulan. 


Infografik yang mewakili acara Metode Ilmiah ini ialah:



 Salah satu judul isu yang menarik komentarku √ Langkah-langkah Metode Ilmiah [Infographic]


Jadi, kau perlu mengawali sebuah percobaan dengan pertanyaan ilmiah, kemudian mencoba menjawabnya menurut teori dan pengetahuan yang ada (hipotesis), kemudian melaksanakan observasi dan penelitian untuk mendapat balasan yang sebenarnya.


Itulah beberapa langkah dalam melaksanakan metode Ilmiah. Thanks For reading!









Unduh


Sumber https://mystupidtheory.com