Random post

Monday, November 26, 2018

√ 1 Meter Berapa Cm (Centimeter) ?

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tanggapan dari pertanyaan 1 meter berapa cm ( centimeter ) beserta menjelaskan ihwal pengertian meter dan centimeter termasuk contoh soal untuk meter dan centimeter serta pembasannya lengkap.


Pengertian Meter dan Centimeter


Meter


Satuan meter yaitu satuan dasar untuk mendefinisikan satuan panjang sebuah benda versi Satuan Internasional (SI). Meter ditetapkan sebagai satuan panjang awalnya tahun 1983 sesudah mengalami proses panjang. Sejarah meter dimulai semenjak tahun 1791.


Dalam pengukuran panjang, meter yaitu satuan yang banyak dipakai sebagai acuan. Negara-negara yang biasanya memakai meter yaitu Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. lantaran itu, mengonversikan ukuran panjang dengan satuan yang lain terhadap meter sebitu sangat penting.


Centimeter


Satuan centimeter atau yang biasa disingkat menjadi cm yaitu satuan untuk mendefiniskan panjang sebuah benda . Satuan ini yaitu unit untuk (SI) sistem internasional, dan untuk sistem cgs. Jika dilihat dari turunannya, cm termasuk turunan dari meter.


Hal tersebut dapat di lihat dengan tangga konversi panjang. yang biasanya dijumpai bahwa centimeter sempurna berada dua tingkat di bawah meter. Ini berarti untuk mengonversikan 1 meter berapa cm perlu dikali. Harus diingat bahwa konversi dalam tangga pengukuran akan selalu dikalikan bila arahnya turun.


Rumus = meter x 100 = … cm


 kali ini akan membahas tanggapan dari pertanyaan  √ 1 Meter Berapa Cm (Centimeter) ?
tangga satuan panjang

Konversi dari Meter ke Cm


Karena klarifikasi masing-masing satuan telah di urai di atas, sekarang masuk dalam perhitungan yang sebenarnya.


Seperti di ketahui sebetulnya letak kedua satuan ini berada sempurna dalam satu tangga satuan panjang. akan tetapi posisi meter lebih tinggi dua tingkat. Dalam pengukuran atau konversi dimanapun, saat satuan yang akan dikonversikan lebih tinggi posisinya, maka caranya yaitu dikalikan.


Hal ini juga berlaku untuk konversi dari bilangan meter ke centimeter. Nah, untuk penghitungannya akan dijelaskan menyerupai berikut ini.


Karena dari meter ke centimeter yaitu berjarak dua tangga, maka dalam konversinya dikalikan dengan bilangan 100. sampai saat ingin menemukan tanggapan 1 meter berapa centimeter, maka tinggal mengalikannya dengan angka 100. sampai dapat di ketahui sebetulnya setiap 1 meter yaitu mewakili 100 centimeter. Contoh lainnya akan diberikan dibawah ini.


Jika ingin mengonversikan 8 meter jadi bilangan centimeter, maka tinggal mengalikannya dengan 100. Bilangan 8 dikali dengan 100 yaitu 800. Dengan begitu, 8 meter andai dikonversikan menjadi centimeter yaitu 800 cm.


Hal itu juga berlaku untuk bilangan decimal. Sebagai misalnya yaitu bilangan 0,25 meter akan dikonversikan menjadi centimeter. Maka hanya mengalikan angka 0,25 tersebut dengan angka 100. Hasil dari angka 0,25 dikalikan dengan 100 ada 25. sampai nilai 0,25 meter itu setara ataupun sama dengan 25 centimeter.


Dengan begitu, setiap bilangan meter yang ingin dikonversikan menjadi centimeter harus di kalikan dengan bilangan 100. Hal ini wajib lantaran setiap turun satu tingkat dikalikan bilangan 10. Jika bilangan yang dimaksud yaitu bilangan decimal, maka perlu ketelitian lebih lanjut.


 


Contoh Soal Meter ke Centimeter


contoh soal 1


jika panjang sebuah tombak dengan panjang 1,5 meter, berapa centimeter kah panjang tombak tersebut ?


jawaban :


Rumus = meter x 100 =… cm


1,5 x 100 = 150


jadi panjang tombak tersebut yaitu 150cm


Contooh soal 2


tinggi tiang bendera yang ada di halaman sekolah yaitu 6 meter, berapa centimeter kah tiang tersebut


jawaban :


Rumus ; meter x 100 =…cm


6 x 100 = 600


jadi tinggi tiang bendera tersebut yaitu 600cm


itulah klarifikasi serta contoh soal dari meter ke centimeter, dan biar artikel ihwal 1 m berapa cm ini bermanfaat untuk anda semua…


Artikel Terkait :





Sumber https://rumusrumus.com