Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA ini disajikan dengan harapan bahwa ia bisa menjadi rujukan mencar ilmu bagi para penerima didik kelas XII Sekolah Menengan Atas dan MA yang hendak menempuh ujian nasional baik yang berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas dan pensil (UNKP).
Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA yang disajikan ini berasal dari soal UN tahun 2016 dan 2017 pada mata pelajaran yang sama. Dengan demikian, maka tumpuan soal yang disajikan ini memenuhi kriteria dari aspek validitas empirik. Maknanya yakni bahwa ia memang berasal dari soal aktual yang diujikan di masa lalu. Dengan memenuhi kriteria validitas empirik, maka dibutuhkan bahwa tumpuan soal ini mempunyai prediktibilitas yang baik. Maksud dari prediktabilitas yakni daya ramal. Mungkin saja soal yang akan diujikan nantinya tidak sama persis namun biasanya ia mempunyai pattern similarity atau kemiripan pola. Kemiripan pola kemudian menuntun logika siswa untuk memetakan materi belajar. Namun demikian, hendaknya setiap tahun juga harus diperhatikan kisi-kisi yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah.
Berikut yakni tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA:
BACA JUGA
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Ekonomi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Sosiologi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS
Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA
(1) Keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan motif, memperlihatkan tabiat orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka imbas untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, menyerupai rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. (3) Orang Banyuwangi sangat terbuka mendapatkan budaya luar untuk diolah rnenjadi budaya Banyuwangi. (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi lantaran Banyuwangi sampai sekarang mernang dihuni oleh bermacam-macam suku. (5) Kedatangan bermacam-macam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dirnulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.
1. Kalimat utama paragraf terse but yakni nornor ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Makna istilah sikretisme pada paragraf tersebut yakni proses ....
A. pencampuran aneka macam daerah
B. penyesuaian dari aneka macam teknologi C. perpaduan dari aneka macam aliran D. interaksi masyarakat di kawasan E. masuknya budaya asing
(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di akomodasi iradiator untuk menciptakan materi genetik sorgurn bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi, (3) Ia menanam benih sorgum di Iahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan kesannya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia men hasilkan kualitas unggul sorgum berjulukan Pahat.
3. Kalimat yang tidak padu dalam paragraftersebut yakni bemomor ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
E. (5)
4. Apa manfaat menanam sorgum?
A. Sorgum mempunyai gizi tinggi.
B. Petani lebih gampang menanam sorgum.
C. Sorgum sanggup menjadi pengganti padi.
D. Harga sorgum lebih mahal daripada padi.
E. Sorgum sanggup meningkatkan kesejahteraan petani
(1) Kekeringan yang melanda sejumlah kawasan di Indonesia rnulai berimbas terhadap proyeksi produksi pangan tahun ini. (2) Pemangku kepentingan di beberapa wilayah menilai penurunan produksi pangan tahun ini niscaya terjadi. (3) Akibat kekeringan dan banyak yang gagal panen, produksi gabah akan berkurang. (4) Saat ini
terdapat 820 hektare lahan persawahan di Pangandaran, Jawa Barat, yang telah
dinyatakan gagal panen (puso ). (5) Hal ini akan menimbulkan banyak petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.
Kalimat yang berupa fakta dalam teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2) B. (1) dan (4) C. (2) dan (4) D. (3) dan (5) E. (4) dan (5)
(1) Gotong royong ketika berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. (2) Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. (3) Pemilik ladang cukup mensediakan materi dan peralatan penenanam padi serta konsurnsi. (4) Bekerja dengan gotong royong ketika berladang tidak semata rnampu menekan biaya orcduksi. (5) Tradisi itu iu a merekatkan rasa ersaudaraan dan solidaritas warga
6. Ide pokok paragraf tersebut yakni ....
A. budaya gotong royong
B. peralatan penanam padi
C. pementingan biaya produksi
D. perekat rasa persaudaraan
E. tradisi masyarakat Dayak Jalai
7. Tujuan penulis sesuai teks tersebut yakni ....
A. menginformasikan bahwa budaya gotong royong ketika berladang masih berlaku di Dayak Jalai, Kalimantan Barat
B. menjelaskan bahwa setiap selesai berladang, masyarakat Dayak Jalai selalu berdiskusi
C. mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat
D. menginformasikan bahwa berladang di Dayak Jalai Kalimantan Barat tidak mengeluarkan biaya apapun
E. menjelaskan bahwa pernilik ladang di Dayak Jalai, Kalirnantan Barat, selalu menjalin solidaritas warga
8. Kalimat yang memakai kata tidak baku terdapat pada nomor ....
Mahatma Gandhi dilahirkan pada tanggal 2 Oktober 1869 di Porbandar, Gujarat, India Britania, dan meninggal pada tanggal 30 Januari 1948 di New Delhi, India. Nama lahir dari Mahatma Gandhi yakni Mohandas Karamchand Gandhi. Beliau yakni pemimpin rohani di balik kemerdekaan India. Gandhi (sebutan akrabnya) telah menentang penjajahan Inggris atas India. Gandhi memulai suatu gerakan tanpa kekerasan untuk memimpin India menuju demokrasi, perdamaian, dan kemerdekaan. Gandhi dipenjara beberapa kali dan sempat hampir mati lantaran kelaparan. Namun, dengan tekad an k:uat, akhirn a ia berhasil rneraih a a an dicita-citakannya.
9. Keteladanan yang sanggup dipetik dari tokoh Mahatma Gandhi dalam kutipan tersebut adalah
A. seorang pemimpin rohani yang pemberani
B. rela dipenjara demi menegakkan kebenaran
C. berjuang melawan penjajahan Inggris
D. pemimpin perang sejati rneraih kemerdekaan
E. berhasil memerdekakan India tanpa kekerasan
10. Apa yang menyemangati Gandhi dalam meraih cita-citanya?
A. Menjadi pemimpin rohani di balik kemerdekaan.
B. Tekad yang berpengaruh dan berjuang tanpa kekerasan
C. Ia dilahirkan di Porbandar, Gujarat, India Britania.
D. Ia pernah beberapa kali masuk penjara.
E. Ia hampir meninggal lantaran kelaparan ketika di penjara.
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh lantaran itu, pernerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden dalam masa jabatan keduanya yakni memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri yakni menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia mempunyai ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memperlihatkan lapangan kerja di desa dan kota melalui acara di ladang sampai industri penaolahan.
11. Opini redaksi yang terdapat dalam k:utipan tajuk rencana tersebut yakni ...
A. Pangan bukan sebagai penentu bagi garis kemiskinan.
B. Pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil.
C. Presiden memastikan Indonesia mempunyai cadangan beras. D. Produksi pangan Indonesia selalu stabil dan terkendali.
E. Indonesia sudah mempunyai ketahanan dan kestabilan pangan.
12. Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana tersebut yakni ....
A. perusahaan
B. pengimpor
C. pemerintah
D. masyarakat
E. pedagang
Gajah surnatera yakni subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera. Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada spesies gajah India. Sekitar 2.000 - 2.700 gajah sumatera tersisa di alam liar menurut survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akhir dibunuh rnanusia dan 30% kemungkinan diracuni.
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan
Kelinci yakni binatang mamalia. Dahulu binatang ini yakni binatang liar yang hidup di Afrika sampai ke daratan Eropa. Pada perkernbangannya tahun 1972, kelinci diklasifikasikan dalarn ordo Logomorpha. Ordo ini dibedakan rnenjadi dua famili, yakni ochtonidae dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa Belanda. Hal ini rnenunjukkan bahwa rnasyarakat Nusantara rnulai mengenali kelinci ketika masa kolonial. Padahal di Pulau sumatera ada satu spesies kelinci surnatera yang gres ditemukan pada tahun 1972.
Berikut yakni kutipan dari kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai | Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat | Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan | Peserta didik dapat- menemukan wangsit pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas | Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya yakni konflik, akhir konflik, amanat, nilai- nilai) | Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks | Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca |
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- memperlihatkan buktisuatu simpulan | Peserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis kekerabatan antarbagian karya sastra- menunjukan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca |
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- meringkas isi karya sastra |
Demikian goresan pena ihwal