Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS ini disajikan dengan harapan bahwa ia sanggup menjadi sarana berguru bagi para akseptor didik SMA-MA yang akan menempuh ujian nasional (UN), baik UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) maupun UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil)pada tahun pelajaran 2017-2018 ini.
Contoh soal yang disajikan tentu saja pola soal konkret yang pernah diujikan pada UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Mapel Sosiologi Peminatan IPS tahun pelajaran 2015/2016 dan 2016/2017. Dengan demikian, ia mempunyai validitas atau keabsahan sebagai pola soal dan prediktibilitas atau daya ramal soal yang baik.
UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 ini tentu saja harus dipersiapkan dengan baik. Cara mempersiapkannya yaitu dengan cara berguru yang serius. Belajara pola soal yang mempunyai validitas empirik dan prediktibilitas yang anggun tentu saja membantu dalam hal efektivitas dan efisiensi belajar.
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS:
Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS yang berasal dari pola soal tahun 2017:
1. Beberapa fakta sosial disajikan sebagai dasar untuk menyusun teori gres yang dipakai untuk menyempumakan teori yang sudah lama. Pemyataan tersebut memperlihatkan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bersifat ....
A. Kumulatif
B. non etis
C. empiris
D. teoritis
E. kritis
2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang di Eropa. Perkembangan sosiologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu revolusi industri di Inggris. Pada perkembangannya revolusi industri menimbulkan masalah-masalah sosial tertentu yang ikut memengaruhi perkembangan sosiologi di Eropa yaitu ....
A. pergolakan rakyat terhadap tuan tanah yang ada
B. terjadinya kudeta pada masyarakat lnggris
C. naiknya nilai emas yang rnempengaruhi merkantilisme
D. pendistribusian ekonomi dan kekuasaan di Inggris yang baik
E. pengangguran besar-besaran yang menimbulkan revolusi sosial
3. Dina seorang cukup umur putri. Dia sering pulang malam tanpa alasan yang jelas. Di samping itu, Dina sering berpesta sampai larut malam, sehingga mengganggu kenyamanan para tetangga. Akhirnya masyarakat mencela. Celaan masyarakat tersebut menyadarkan Dina untuk tidak mengulangi perbuatannya. Berdasarkan konsep dasar sosiologi cara mengatasi permasalahan yang dilakukan rnasyarakat bertujuan untuk ....
A. menjaga ketertiban sosial
B. mencegah penyimpangan
C. menyebarkan budaya malu
D. membuat sistem hukum
E. menegakkan sistem hukum
4. Perhatikan pemyataan berikut:
(1) Media massa memegang tugas penting dalam pemberitaan (2) Kandungan zat berbahaya di dalam minurnan dan makanan (3) Kebiasaan masyarakat mengonsumsi minuman beralkohol (4) Sekelompok orang melaksanakan demo di depan istana negara (5) Hubungan sesama muslim diikat oleh nilai-nilai Al Qur'an
Dari pola di atas yang termasuk kajian sosiologi yaitu ....
A. ( 1 ), (2), dan (3) B. (l), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
5. Sejak kecil anak sudah diajarkan oleh orang tuanya semoga gemar menolong orang lain tanpa
pamrih alasannya yaitu saiing menolong dalam kebaikan itu merupakan perbuatan mulia. Kini anak itu sudah besar. Saat ia naik kendaraan umum, ia segera menawarkan tempat duduknya kepada seorang ibu hamil yang tidak mendapat dingklik dengan tulus sesuai dengan didikan orang tuanya. Fungsi nilai dari pola tersebut yaitu ....
A. petunjuk dalam berfikir, berperasaan, dan berperilaku
B. pembentuk solidaritas mekanis kelompok atau masyarakat
C. penjaga stabilitas budaya kelompok atau masyarakat
D. pendorong individu mencapai keinginan atau harapan
E. pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu
6. Syarat terjadinya interaksi sesuai gambar tersebut yaitu adanya ....
A. kontak sosial primer langsung
B. kontak sosial sekunder Iangsung
C. kontak yang diterima pihak ketiga
D. kontak sosial sekunder tidak langsung
E. kontak dengan memakai media sosial
7. Pemerintah kawasan melaksanakan relokasi penduduk yang ada di kawasan rawan peristiwa ke tempat yang lebib aman, Untuk itu pemerintah kawasan setempat melaksanakan obrolan dengan para warga yang akan dipindah semoga warga memahami tujuan dilakukan relokasi. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial pada ilustrasi tersebut yaitu ....
A. perjuangan untuk bersaing dengan warga sekitar
B. adanya keinginan untuk menahan imbas dari luar
C. kolaborasi yang baik antara dua pihak yang bekerja sama
D. keinginan untuk hidup di kawasan yang kondusif dari bencana
E. merealisasikan keinginan untuk hidup lebih maju dan nyaman
8. Beberapa negara terlibat konflik mengenai batas teritorial. Untuk menuntaskan masalah tersebut, mereka bersepakat membawanya ke Mahk:amah Internasional. Alasan menentukan adjodikasi dalam proses penyelesaian konflik yaitu alasannya yaitu ....
A. pihak. yang berkonflik sanggup menolak pendapat pihak ketiga
B. pihak yang berkonflik sulit mengakui kesalahan masing-masing
C. salab satu pihak yang berkonflik mempunyai kekuatan yang lebih kuat
D. sanggup menuntaskan konflik secara adil dan berkekuatan aturan tetap
E. konflik sanggup diselesaikan bila pihak yang bertikai berkekuatan seimbang
9. Anak-anak yang lahir dan besar di lingkungan suku bangsa Jawa dikenalkan dan dibiasakan berpikir, bersikap, dan berperilaku sesuai sopan santun dan budaya Jawa. Tujuan sosialisasi sesuai pola tersebut yaitu ....
A. mendidik anak semoga berpribadi sesuai kemajuan zarnan
B. memberi toleransi pada penyimpangan semoga tradisi berubah
C. membentuk pribadi ideal sesuai nilai dan norma masyarakat
D. mempertabankan tradisi masyarakat Jawa yang dikemas secara modern
E. memperkenalkan budaya kepada masyarakat lain melalui sikap anak
10. Contoh tahap perkembangan diri seseorang:
(1) Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
(2) Dalam usia re1atif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat I
(3) Jessy mengikuti sikap kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya
(4) Dewi melanjutkan bisnis orang tuanya di bidang perjuangan transportasi taksi
(5) Adinda menyanyi lagu kesukaannya di kamar tidurnya dengan bunyi gembira.
Yang termasuk tahap generalized others yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
I J. Seorang anak mengalami kekerasan di dalam ke1uarganya. Ayahnya sering berlaku bernafsu sehingga anak merasa takut dan tertekan. Kini ia lebih sering bermain dengan temannya yang gemar mengonsumsi minuman keras dan penyalahgunaan narkotika. Penyimpangan tersebut berupa sosialisasi tidak tepat di dalam keluarga yaitu ....
A. keluarga tidak utuh alasannya yaitu hilangnya sebagian anggota
B. keluarga tidak sanggup menjadi panutan dalam bersikap
C. tugas ayah mayoritas dalam mencari nafkah keluarga
D. keluarga gagal menanamkan nilai dan norma yang baik
E. kepribadian seorang anak sangat dipengaruhi oleh teman
12. Da1am upacara bendera sering dijumpai para siswa tidak tertib dan hikmat. Hal demikian tidak baik jikalau dibiarkan alasannya yaitu para siswa tidak bisa menyerap nilai-nilai kebangsaan yang sudah dibangun oleb para pendiri bangsa ini. Guru melaksanakan pengendalian sosial persuasif terhadap siswa-siwa tersebut dengan cara ....
A. seluruh siswa diminta untuk mengulang pelaksanaan upacara bendera
B. meminta orang bau tanah untuk mendidik anak:nya tentangjiwa nasionalis
C. menghimbau para wali kelas semoga lebih efektif menawarkan sanksi
D. memberi eksekusi pada anak yang tidak tertib semoga rnereka jera
E. membimbing siswa perihal perlunya merniliki jiwa patriotik
13. Di sentra kota sering dijurnpai pedagang kaki lima menggelar dagangannya di tubuh jalan
sehingga menimbulkan kemacetan. Para pedagang tersebut merasa kondusif berjualan alasannya yaitu setiap hari menawarkan uang keamanan kepada oknum aparat. Keadaan tersebut menambah kemacetan dan kesernrawutan kota. Dalam hal ini forum pengendalian yang tidak berfungsi yaitu ....
A. keluarga
B. kepolisian
C. sekolah
D. agama
E. ekonomi
14. Anak jalanan yang mengemis di jalan raya menggambarkan adanya kemiskinan di kawasan itu. Kadang para orang bau tanah melibatkan anaknya untuk mengemis untuk memenuhi kebutuhan hid up sehari-hari. Bagi sebag-ian anak mengemis rnerupakan profesi yang sanggup ia jalankan setiap hari. Mengernis bagi mereka merupakan cara mendapat uang yang gampang sebagai alternatif dari keterbatasan mendapatan pekerjaan yang layak. Faktor penyebab duduk masalah tersebut yaitu ....
A. realistis dengan keterbatasan kemampuan diri
B. pasrah alasannya yaitu tidak mendapat pekerjaan
C. kepatuhan anak pada perintah orang tua
D. keinginan untuk memenuhi kebutuhan
E. malas dan tidak mau bekerja keras
15. Perilaku kriminal tidak banya dilakukan oleh masyarakat bawah tetapi masyarakat kelas atas bisa melaksanakan hal yang sama menyerupai korupsi. Korupsi telah mengakibatkan kehidupan masyarakat sengsara, barga-harga kebutuhan pokok mahal, infrastmktur hancur, dan kualitas layanan masyarakat menjadi buruk. Latar belakang terjadinya permasalahan sosial tersebut yaitu ....
A. pola hidup materialistis dan belum adanya sistem yang menjamin semoga tidak terjadi penyimpangan anggaran
B. pendapatan negara dari sektor pajak cukup tinggi sehingga korupsi tidak
memengaruhi APBN
C. kesenjangan sosiaJ ekonomi memicu sikap kriminal oleh masyarakat kelas atas
D. eksekusi bagi koruptor terlaJu ringan sehingga tidak menimbulkan imbas jera bagi pelaku
E. rakyat tidak pernah protes meskipun infrastruktur rusak dan harga kebutuhan pokok mahal
16. Demi memperoleh laba yang besar, ok.num produsen makanan menambahkan materi kimia berbahaya semoga makanan menjadi menarik, tekstur lebih kenyal dan awet. Upaya abdnegara melarang penggunaan materi berbahaya tersebut tidak sepenuhnya berhasil alasannya yaitu sulitnya kontrol di lapangan. Dampak tanda-tanda sosial tersebut bagi derajat kesehatan masyarakat yaitu ....
A. masyarakat bawah tetap membeli makanan meskipun terbuat dari materi sintetis
B. BPOM hanya menawarkan hukuman ringan bagi pembuat makanan bermasalah
C. kesehatan masyarakat makin jelek jawaban makanan yang tidak sehat
D. apotek dan toko kimia secara sembunyi melayani pembelian zat berbahaya
E. makanan mengandung zat berbahaya dikonsumsi rnasyarakat miskin
17. Di suatu perusahaan swasta, kinerja pegawai bisa menentukan perpindahan kedudukan seorang pegawai. Pegawai yang prestasi kerjanya anggun bisa naik jabatan ke kedudukan yang lebih tinggi. Sebaliknya bagi orang yang kinerjanya jelek akan sulit naikjabatan atau bahkan bisa diberhentikan. Stratifikasi sosial pada perusahaan terse but bersifat terbuka, alasannya yaitu ....
A. tim managemen rutin melaksanakan rapat koordinasi perusahaan
B. perusahaan mempunyai aturan yang harus dipatuhi oleh para pegawai
C. semua pegawai mendapat hak cuti dua belas hari dalam setahun
D. setiap pegawai mempunyai peluang diikutsertakan dalam promosi jabatan
E. pegawai yang mempunyai kinerja terbaik mendapat serti fikat penghargaan
18. Contoh tanda-tanda sosial yang tirnbul dalam masyarakat sesuai denah di atas yaitu ....
A. pernerintah rnenetapkan biaya pendidikan murah bagi masyarakat kurang bisa
B. inovasi gres selalu diawali dari penelitian mahasiswa akademi tinggi negeri
C. timbulnya persaingan untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi
D. masyarakat mengukur kesuksesan seseorang dari kekayaan yang dimiliki
E. jadwal wajib berguru 9 tahun mernberi kesempatan untuk bersekolah
19. Konsekuensi dari struktur sosial interseci bagi upaya membangun kehidupan multikultural yaitu ....
A. masyarakat tersegmentasi pada kehidupan sosial yang terpisah
B. antarkelompok yang berbeda menghasilkan kerukunan
C. tidak terdapat potensi konflik antarkelompok sosial
D. mendorong terciptanya masyarakat yang homogen
E. tidak ada perbedaan ciri antarkelompok berbeda
20. Di masyarakat perkotaan dengan kehidupan modern, masyarakatnya ingin hidup serba praktis, efektif, dan efisien. Berbagai kebutuhan hidup masyarakat bisa dipenuhi oleh orang atau pihak yang andal di bidangnya. Hal tersebut melahirkan diferensiasi sosial menurut ....
A budaya
B. profesi
C. agama
D. etnis
E. ras
Berikut yaitu kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Sosiologi Peminatan IPS
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Konsep dan Objek KajianSosiologi | Kehidupan sosial,permasalahan dan solusinya | Masyarakat Multikulturaldan Perubahan Sosial | Penelitian Sosial | |
Pengetahuan danPemahaman Menjelaskan Menentukan Mengategorikan Membedakan Memberi contoh | Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- teori dan pengetahuan sosiologi- objek sosiologi- fungsi dan manfaat sosiologi | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai tentang:- nilai dan norma- sosialisasi- penyimpangan danpengendalian sosial- struktur sosial- diferensiasi sosial- kelompok sosial- mobilitas sosial- konflik dan integrasi sosial- forum sosial | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai tentang:- masyarakat multikultural- perubahan sosial- globalisasi dan dampaknya | Peserta didik sanggup memahamidan menguasai tentang:- jenis-jenis penelitian- mekanisme dan pilihan metodepenelitian- pendekatan penelitian- data penelitian- teknik pengumpulan data |
Aplikasi Menghubungkan Menerapkan Menginterpretasi Mengidentifikasi Menentukan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- interaksi sosial antar individu, kelompok, dan antar kelompok dengan konsep dasar sosiologi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- nilai dan norma- hubungan sosialisasi denganperilaku menyimpang- dinamika struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat di banyak sekali bidang- mobilitas sosial dan dinamika kelompok sosial- terjadinya permasalahan- permasalahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat diberbagai bidang- praktik forum sosial | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- hubungan antarkelompok dalam masyarakat multikultural- membuat masyarakat multikultural yang harmonis- proses dan dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat- perubahan sosial di tengah- tengah imbas globalisasi | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- penentuan topik penelitian- perumusan masalahpenelitian- rancangan penelitian (jenis dan data penelitian, sampel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik analisis data penelitian) |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
Level Kognitif | Konsep dan Objek KajianSosiologi | Kehidupan sosial,permasalahan dan solusinya | Masyarakat Multikulturaldan Perubahan Sosial | Penelitian Sosial |
Penalaran Membandingkan Menyimpulkan Merumuskan Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Memprediksi Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapatmenggunakan budi dalam mengkaji:- gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan memakai konsep sosiologi | Peserta didik dapatmenggunakan budi dalam mengkaji:- dinamika struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat di banyak sekali bidang- permasalahan sosial dalam masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik sosial- pemecahan duduk masalah sosial dalam masyarakat- tugas forum sosial dalam Menyelesaikan duduk masalah sosial dalam masyarakat | Peserta didik dapatmenggunakan budi dalam mengkaji:- pemecahan duduk masalah yang muncul sebagai dampak keanekaragaman masyarakat multikultural- masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI- tantangan masa depan bangsa dalam menghadapiglobalisasi | Peserta didik dapatmenggunakan budi dalam mengkaji:- kesesuaian jenis penelitian dengan data penelitian- keunggulan dan kelemahan teknik pengumpulan data- pengolahan data penelitian- interpretasi data hasilpenelitian- penyusunan laporan hasil penelitian- manfaat hasil penelitian |
Demikian goresan pena perihal