Random post

Friday, October 5, 2018

√ Pengertian Alloy Dan Penggunaanya

Salah satu cabang paling penting dalam ilmu kimia ialah pengolahan metal dalam dunia industri. Ilmu yang mempelajari lebih lanjut wacana sifat logam dan campurannya disebut bidang kimia metalurgi. Material industri yang sering kita temui pada umumnya merupakan alloy. Lalu apakah pengertian alloy dan bagaimana penggunaanya? Simak disini:


 


Pengertian Alloy


Alloy ini telah ditemukan dan dikembangkan semenjak ratusan bahkan ribuan tahun yang kemudian dari banyak sekali kebudayaan. Pengertian Alloy yaitu gabungan dari dua atau lebih logam, logam dan non-logam yang membentuk material dengan sifat baru.


Pada masa kemudian penggunaan alloy hanya terbatas pada pembuatan senjata tajam dan peralatan rumah tangga. Namun ketika ini penggunaan alloy menjadi sangat luas dan spesifik.


 


Penggunaan Alloy yang Penting Dalam Kehidupan


Salah satu teladan paling terkenal dari alloy ialah material baja. Baja merupakan gabungan dari dua element, yaitu besi, beberapa logam lainnya dan karbon. Tembaga(Cu) dan Timah (Tin/Sn) ketika dicampurkan akan membentuk alloy yang kita kenal dengan nama perunggu.


Perunggu ini mempunyai sifat yang lebih unggul daripada timah dan tembaga. Perunggu mempunyai abjad yang lebih berpengaruh dibandingkan tembaga dan timah, selain itu juga lebih tahan terhadap korosi.


Walaupun emas yang diperoleh di alam bisa jadi merupakan emas murni, namun emas yang umumnya digunakan perempuan tidak benar-benar murni, bisa jadi itu merupakan alloy. Emas (Gold/Au) memiliki sifat yang lembek dan gampang sekali bengkok sehingga pemanis dibentuk dengan memakai gabungan alloy emas-silver. Ini dilakukan supaya pemanis sanggup bertahan lebih berpengaruh ketika digunakan.


Alloy mempunyai manfaat yang sangat penting dalam membuatkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Dengan digunakannya bahan-bahan alloy pada mesin pendorong jet, maka proses aviation dalam mesin jet berjalan dengan lancar dan lebih aman.


Penggunaan bahan-bahan alloy pada tubuh pesawat terbang sehingga menunjukkan berat tubuh pesawat yang seringan mungkin dengan kemampuan bertahan yang sangat kuat. Teknologi alloy ini menunjukkan kita teknologi transportasi udara yang sangat nyaman dan luar biasa.


Saat ini, penggunaan alloy sudah sangat luas. Bahkan pada body sepeda digunakan Alumunium alloy, Magnesium alloy ataupun Titanium alloy. Bahan-bahan ini mempunyai kombinasi antara sifat ringan dan sangat kuat. Dengan memakai material alloy ini, sepedah lebih tahan dari korosi, lebih berpengaruh di banyak sekali medan dan yang terpenting menjadi sangat ringan dan nyaman untuk digunakan.


 


Kesimpulan Pengertian Alloy dan Penggunaanya


Material alloy merupakan gabungan dua logam yang mempunyai sifat yang khas dan sesuai dengan pengaplikasiannya. Penggunaan alloy pada umumnya diubahsuaikan dengan kebutuhannya dalam dunia industri, ini mengacu pada kekerasan, berat, dan sifat spesifik yang dimiliki oleh material tersebut.


 


Sumber: Watkins, et all., 1989, General Science, Harcourt Brace Jovanovich inc., Florida, USA.



Sumber https://mystupidtheory.com