Random post

Monday, October 1, 2018

√ Pengalaman Bekerja Di Pt Ypmi (Yamaha Motor Parts Mfg Indonesia)

PT YPMI (Yamaha Motor Parts MFG Indonesia) yakni salah satu pabrikan yang memproduksi motor dengan brand YAMAHA, PT Ypmi berada di tempat industri KIIC (Karawang International Industri City) tepatnya di teluk jambe, karawang barat provinsi jawa barat. Pt ypmi tidak memproduksi motor secara utuh (assembly) melainkan hanya menciptakan parts-partsnya saja ibarat Head Cylinder, Piston dan Wheel.

INFO LOWONGAN PT YPMI
Saya mendapatkan info lowongan kerja di pt ypmi dari teman kuliah, awalnya tidak berniat untuk melamar pekerjaan alasannya yakni sedang kuliah tapi pada waktu yang sama perkuliahan sedang libur sesudah UAS selama 2 bulan. Lebih baik mencari acara dari pada duduk membisu saja dirumah tanpa penghasilan, Tes Pt Ypmi berada di depan perumahan Karaba (karawang barat) tepatnya di yayasan GSS (Global sarana sukses), berdasarkan petugas disana GSS merupakan yayasan terpercaya pt ypmi sehingga jikalau calon pelamar masuk ke pt ypmi maka tidak akan dikenakan biaya apapun (bagi hasil) bahkan ketika melaksanakan tes tulis, interview dan medical cheackup pun didanai oleh pt ypmi (gratis). Akhirny saya menciptakan lamaran dan mengikuti tes pada pertengahan bulan november 2013. Untuk umur maksimal masuk ke pt ini yakni 20tahun, beruntungnya saya masih fresh graduate semenjak lulus dari SMA.

TES TULIS PT YPMI
Tes tulis pt ypmi yang berada di GSS berupa soal matematika dengan 10 soal yang dikerjakan secara Essay, soalnya ibarat menghitung rumus phytagoras, penjumlahan bilangan pecahan, persamaan variabel (a+7=8-2, a=?) dan soal cerita. Saya sanggup simpulkan selama saya melaksanakan banyak sekali macam tes tulis melamar pekerjaan pt ypmi yakni tes tulis paling sulit, alasannya yakni biasanya hanya fresh graduate yang sanggup lulus dengan nilai tinggi. Nilai 7 10 yang sanggup lulus tes tulis ini, alhamdulilah saya mendapatkan nilai 8 dari tes ini, jikalau ada pelamar yang gagal maka akan dikeluarkan dari ruangan tes dan sanggup mencobanya sesudah satu ahad kemudian. Setelah mengerjakan 10 soal matematika pelamar mengikuti tes psikotes, saya dengar ini hanya formalitas saja, so niscaya sanggup lulus dan maju ketahap interview.
INTERVIEW KERJA PT YPMI
Keesokan harinya saya mengikuti interview/wawancara sesudah lulus dari tes tulis, namun jarak dari tes tulis ke interview bermacam-macam antara 1 hingga satu ahad lamanya. Tes interview dilakukan hanya sekitar 5 7 menit saja, alasannya yakni memang sangat banyak yang mengikuti tes interview. Tes interview dilakukan dua sesi, sesi pertama dari jam 8 pagi hingga 12 siang dan sesi kedua dari jam 1 siang hingga 3 sore. Tidak ada cara khusus untuk interview disini, saya hanya ditanya riwayat sekolah, alamat, pekerjaan ketika ini dan pekerjaan orang tua. Saya tidak menyebutkan sedang berkuliah alasannya yakni niscaya akan gagal jikalau petugas interview mengetahuinya. Semua pelamar sanggup menunggu hasil interview via telpon sekitar 1 2 ahad lamanya.
MEDICAL CHECK UP KERJA PT YPMI
Setelah mendapatkan telp semenjak 2 ahad tes interview, saya dinyatakan lulus dan sanggup mengikuti tes selanjutnya yakni medical checkup, biaya medical checkup sekitar Rp.500.000,- namun sekali lagi ini gratis alasannya yakni didanai oleh pt ypmi. Medical check up berada di Klinik Laboratorium Prodia Karawang (depan RS Bayu Karta- karawang). Proses medical check up butuh seharian lamanya dimulai darijam 7 pagi hingga jam 5 sore. Tes medical ini mencakup tes urine, tes darah, kondisi paru-paru (rontgen), tes mata minus, tes kesehatan ekspresi dan gigi, tes detak jantung. Sangat disarankan untuk meminum banyak air putih sebelum melaksanakan tes medical semoga hasilnya sanggup maksimal, malam sebelum tes medical saya ditelpon pihak GSS untuk minum susu murni (bear brand), tidur sebelum jam 9 malam dan dipagi hari banyak minum air putih. Pukul 5 sore para pelamar pulang dan menunggu hasil medical checkup.

TES FISIK PT YPMI
Satu bulan belum juga ada pengumuman bahwa saya lulus dari tes medical, karenanya mendatangi GSS dan eksklusif menanyakan apakah saya lulus tes medical dan sanggup mengikuti tes selanjutnya, petugas GSS mencari data saya dan menyampaikan bahwa tes medical saya OK, tapi beliau tida menyampaikan LULUS tes medical, saya harus menunggu telpon selanjutnya untuk mengetahuinya. Setelah 2 ahad mendapatkan isu bahwa saya telah lulus tes medical checkup dan sanggup melanjutkan untuk melaksanakan tes fisik.
Baca Juga : Pengalaman Tes Fisik YPMI Oleh Anggota TNI

Persyaratan yang harus dipenuhi cukup ribet, saya harus membotaki kepala (rambut sekitar 1cm), menggunakan celana olahraga panjang dan baju kaos putih panjang, dihentikan membawa handphone, makanan, minuman dan kendaraan sendiri. Para pelamar menunggu dititik tunggu yang telah ditentukan alasannya yakni akan dijemput bus karyawan.

Saya tidak melaksanakan persiapan apapun untuk mengikuti tes fisik ini, terlebih tes ini di pimpin oleh 2 orang dari anggota TNI, saya mendengar kisah teman bahwa tes ini sangat berat alasannya yakni dilakukan mulai pukul 06.00-17.00, ahhh saya pasrah saja. Pagi dijemput bus karyawan dan diantar hingga PT ypmi dengan kondisi belum sarapan, tapi saya beranikan membawa roti kecil. Sesaat sebelum menjalani serangkian tes fisik kami diperiksa bahwa telah mentaati peraturan, benar saja makanan, minuman, handphone dan peralatan yang tidak diperlukan disita untuk sementara.

Kami diperkenalkan oleh dua orang anggota Tentara Nasional Indonesia yang tugaskan untuk melatih selama dua hari kedepan, ditengah latihan berlangsung saya sempat kelelahan yang sangat hebat, kepala pusing dan pandangan menjelma putih, ini kesalahan alasannya yakni tidak diawali dengan sarapan dirumah. Akhirnya saya meminta izin untuk bersirahat sebentar, sangat aib alasannya yakni disebut sebagai ORANG YANG LEMAH namun ini yang terbaik dari pada pingsan ditempat, alasannya yakni pingsan ditempat sama saja dengan gugur dalam tes fisik. Setelah tubuh mulai kembali fit saya ikut bergabung kembali dengan teman yang lainnya dan alhamdulilah sanggup melewatinya hingga pukul 5 sore.
Latihan tes fisik intinya berjalan selama 2 hari, namun besoknya yakni tanggal 1 januari dan bertepatan hari libur maka tes ini hanya dilakukan satu hari saja, alhamdulilah satu hari saja tubuh ibarat remuk dan patah-patah. Saya sangat menyarankan jikalau anda akan menjalani tes fisik untuk masuk keerja di pt ypmi semoga terbiasa berlari dipagi hari kira-kira satu jam selama satu ahad semoga pada ketika tes fisik tubuh tidak terlalu trauma.

TES WORK TEAM
Setelah selesai tes fisik pelamar karenanya masuk kedalam serangkaian tes yang terakhir yaitu tes kekompakan tim, ini melatih para calon pekerja semoga pada ketika bekerja sanggup melaksanakan kolaborasi tim yang baik, saling membuatkan dan menghargai pendapat antar sesama rekan kerja.
Tes ini berupa merangkai kertas origami (kertas lipat jepang) untuk dijadikan sesuatu produk yang diperintah oleh trainner, para pelamar harus mengerjakan kiprah ini secara tim (5 orang), masing-masing mempunyai kiprah dan harus saling membantu, sesudah produk telah selesai ketua tim sebagai leader harus mempresentasikan hasil produknya dihadapan trainner dan semua kelompok, anggota tim boleh memberi masukan ketika trainner menanyakan tentang apa yang dibuat.
Setelah tahap ini selesai, para pelamar dinyatakan lulus semua dan sanggup masuk kerja seiminggu kemudian dan kami diberikan seragam kerja pt ypmi untuk dipakai nantinya. Alhamdulilah betapa bangganya kerja keras serta kesabaran saya selama ini berbuah anggun dngan diterima bekerja di pt ypmi sebuah perusahaan ternama dan besar ini.
TRAINING CENTER
Selama satu ahad karyawan gres menjalani pembinaan center, pembinaan center yakni pembinaan pengenalan lingkungan pabrik, ISO 14001, ISO 9001, serta derma kesehatan akan dijelaskan secara rinci. Jujur ini sangat membosankan bagi saya alasannya yakni hanya duduk membisu didalam ruangan selama 9 jam, mengantuk dan lapar yang dirasa alasannya yakni istirahat makan dimulai pukul 12 siang, mungkin terbiasa suasana sekolah yang istirahat pada jam 9 pagi dan pulang jam 12 siang, namun ini berbeda ketika bekerja yang berada di pabrik 2 kalilipat waktunya dibanding sekolah. Saya mulai befikir bahwa inilah yang dirasakan orang renta bekerja untuk menghidupi anak-anaknya hingga lulus sekolah.
MASUK KELAPANGAN UNTUK BEKERJA
Training center sudah selesai dan saatnya saya mencicipi untuk pertama kalinya bekerja disebuah pabrikan, sangat bersemangat walaupun belum terbiasa dengan mesin-mesin tempat saya bekerja. Ditempatkan sebagai oprator produksi untuk menjalankan mesin pembuatan wheel/velg motor, ternyata proses ini dijalankan oleh mesin yang canggih buatan jepang, saya hanya memasukan wheel mentah kedalam mesin, menekan tombol start dan menunggu selama 3 menit sesudah itu mesin terbuka dan mengambil wheel dari dalam mesin untuk diproses di line selanjutnya.
Saya nyaman bekerja disini alasannya yakni sanggup mengenal teman baru, bahkan sesudah sekian usang saya menganggap teman kerja sebagai saudara sendiri. Bekerja di pabrik menjadi bab hidup, bagaimana tidak para karyawan menghabiskan 3/4 waktunya di lingkungan pabrik selama 5 hari.

FAMILY DAY/FAMILY GATHERING
Kelebihan bekerja dipabrik bonafit (penghasilan besar) yakni diadakannya acara family gathering bersama keluarga karyawan setahun sekali, saya bekerja selama 2 tahun dan mengalami liburan gratis ini ke dua tempat yaitu Trans studio bandung dan Jungle Land.

HABIS KONTRAK
Setiap pertemuan niscaya ada perpisahan, saya harus mendapatkan kenyataan bahwa pekerjaan yang membantu perekonomian harus berhenti alasannya yakni ikatan kontrak, bukan murung alasannya yakni tidak sanggup bekerja dan mencari uang kembali melainkan murung alasannya yakni teman dan senior yang sudah dianggap sebagai saudara karenanya harus berpisah, namun bukan berarti ini memutuskan tali silaturahmi, selama tidak bekerja lagi saya bersama teman yang habis kontrak sering bertemu untuk liburan atau sekedar berkumpul saja walaupun kini tidak sesering dulu.

Dokumentasi :

Bersama kawan-kawan seperjuangan, gua yang fotoin

Proses pembubutan wheel
Seragam YPMI berubah ibarat group di jepang

Family Gathering ke jungle land
BIntang tamu "Kotak Band"


Baca Juga : Tips Wawancara kerja yang baik dan benar untuk lulusan SMA/SMK sederajat


Sumber http://www.hendrisetiawan.com