Random post

Tuesday, October 30, 2018

√ Makalah Ikatan Kimia [Pdf]

Kali ini saya mau sharing wacana Makalah Ikatan Kimia pdf. Makalah ini akan berisi materi-materi ikatan kimia yang dipelajari di tingkat SMA.


Materi wacana ikatan kimia suatu unsur sangat penting untuk dipelajari, ini ialah materi dasar yang tidak hanya diajarkan pada tingkat Sekolah Menengan Atas tetapi juga pada tahap sekolah tinggi tinggi S1. Pemahaman mengenai materi ini akan memberikanmu akomodasi dalam menuntaskan pendidikan S1 dalam bidang kimia dan sains.


Makalah ini gotong royong berasal dari web lain, saya hanya ingin share, sehabis beberapa pencarian, inilah yang recomendeed dan isinya berkualitas untuk memahami materi Ikatan Kimia di SMA. Berikut di bawah ini linknya dan ringkasan materinya:



Ringkasan materi Makalah Ikatan Kimia pdf


Senyawa kimia dibuat dari adonan antara dua atom element atau lebih. Senyawa kimia yang stabil mempunyai total energi yang lebih rendah dari energi ketika atom-atom tersebut dalam keadaan berpisah (tunggal). Gaya tarik-menarik antara dua atom atau lebih untuk membentuk senyawa kimia ini disebut ikatan kimia.


Dalam ilmu kimia, akan dipelajari beberapa jenis ikatan kimia, diantaranya ialah ikatan ionik dan ikatan kovalen.



Ikatan Kovalen


Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang terbentuk akhir pemakaian bersama sepasang elektron valensi suatu atom. Pemakaian bersama sepasang elektron ini dilakukan untuk mencapai kestabilan menyerupai pada konfigurasi gas mulia.


Contohnya ialah pada senyawa H2, Cl2, HCl.

Kali ini saya mau sharing wacana Makalah Ikatan Kimia pdf √ Makalah Ikatan Kimia [PDF]


Ikatan Kovalen Polar


Ikatan kovalen Polar ialah ikatan kimia yang terbentuk alasannya ialah pemakaian bersama sepasang elektron atau lebih dari satu atom saja. Satu atom memakai sepasang elektronnya untuk dipakai bersama.


Pada Ikatan Kovalen Polar ini, terjadi pemisahan muatan antara kasatmata dan negatif. Persebaran muatan ini disebut dengan momen dipol.


Ikatan Ionik


Ikatan ionik ialah ikatan kimia yang terbentuk dari transfer elektron valensi, sehingga satu atom akan kehilangan elektron dan yang lainnya akan mendapat elektron, namun keduanya mencapai konfigurasi elektron yagn stabil menyerupai gas mulia.


Contohnya ialah: NaCl, MgO, CaCl2

Kali ini saya mau sharing wacana Makalah Ikatan Kimia pdf √ Makalah Ikatan Kimia [PDF]


Ikatan Logam


Ikatan Logam merupakan ikatan kimia yang terjadi antara atom logam dan logam. Ikatan semacam ini hanya dimiliki oleh logam dan ion-ionnya. Sifat dari ikatan logam ialah ikatannya sangat berpengaruh dan elektron dalam ikatannya sanggup bergerak dengan bebas.


Ikatan Hidrogen


Ikatan Hidrogen ialah ikatan kimia yang terbentuk alasannya ialah gaya tarik menarik intramolekular dari atom Hidrogen kepada atom F, O dan N. Jika dalam suatu senyawa terdapat unsur F, O atau N bersama dengan atom H (Hidrogen) maka akan terdapat iakatan Hidrogen.


Ikatan Hidrogen sangat mempengaruhi sifat fisis dan kimia dari suatu senyawa. Contoh adanya ikatan hidrogen ialah pada Air, Alkohol, Protein, yang menunjukkan sifat yang unik bagi masing-masing senyawa.


Jika membutuhkan versi lengkap dari klarifikasi mengenai Ikatan kimia, silahkan Download Makalah Ikatan Kimia PDF  ini.


Semoga Membantu, wass..

 

Sumber Literatur: 

http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/chemical/bond.html

http://sman78-jkt.sch.id/sumberbelajar/bahanajar/Ikatan%20Kimia.pdf


Sumber https://mystupidtheory.com