Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan MIPA
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan MIPA kali ini disajikan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi alat bantu berguru bagi para penerima didik yang tengah mempersiapkan USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 untuk Mata Pelajaran Biologi Peminatan IPA/MIPA.
Contoh soal berasal dari soal UN Tahun 2017 untuk mata pelajaran dan konsentarasi yang sama. Dengan demikian, dibutuhkan daya validitas dan prediktibilitasnya juga baik.
Tidak ada kata lain bagi kalian selain berguru dengan baik. Berlatih soal membantu dalam aspek mempertajam dan mengasah hasil belajar. Selamat menempuh USBN SMA/MA Tahun pelajaran 2017-2018 dan semoga sukses.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan MIPA
Berikut ialah kutipan dari Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017-2018 Biologi MIPA tersebut:
1. Perhatikan gambar organisme berikut!
Ciri khas yang rnenjadi pernbeda kedua organisme sehingga digolongkan ke dalam kingdom berbeda ialah ....
A. membran inti sel
B. badan uniseluler
C. merniliki membran sel
D. mempunyai bentuk yang beragarn
E. bisa hidup di lingkungan ekstrim
2. Sumber materi masakan alternatif sanggup dipakai untuk mengatasi krisis materi pangan dari kelompok alga, menyerupai Gellidium, Viva, dan Eucheuma spinosum. Secara berurutan ketiga spesies tersebut berrnanfaat untuk pembuatan ....
A protein sel tunggal, agar-agar, dan sayuran B. protein sel tunggal, sayuran, dan agar-agar C. es krim, sayuran, dan agar-agar
D. es krim, jelly, dan agar-agar
E. agar-agar, jelly, dan sayuran
3. Siswa Sekolah Menengan Atas kelas X berkunjung ke toko roti dan mengarnati roti yang tidak terjual. Roti tersebut ditumbuhi oleh jamur, Siswa tersebut tertarik untuk mengarnatinya. Hasil pengamatan di bawah mi.kroskop terlihat menyerupai pada gambar berikut!
Ciri k.has jarnur tersebut ialah ....
A. mempunyai askus
B. rnerniliki basidiokarp
C. mengalami konjugasi
D. merniliki hifa tidak bersekat
E. reproduksi asecual dengan tunas
4. Perhatikan ciri-ciri flora berikut:
1. Fase sporofit lebih secara umum dikuasai daripada fase gametofit
2. Akar berupa rizoid
3. Daun muda menggulung
4. Talus berupa filamen atau lembaran
5. Menghasilkan biji
Ciri kelompok flora Pteridophyta ialah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 5
5. Industri tekstil akhir-akhir ini kesulitan mendapat materi baku kain sutera. Untuk mengatasi persoalan tersebut masyarakat melaksanakan budidaya ulat sutera yang tergolong binatang kelas insekta dalam kelompok arthropoda. Ciri-ciri kelas insekta ialah ....
A. kaki beruas-ruas dan merniliki sayap
B. jurnlah kaki 3 pasang dan badan terdiri atas 2 kepingan (kepala-dada dan perut) C. jumlah kaki sepasang dan badan terdiri atas 3 kepingan (kepala, dada, dan perut) D. jumlah kaki 3 pasang, badan terdiri atas 3 kepingan (kepala, dada, dan perut)
E. jumlah kaki 3 pasang, badan beruas-ruas
6. Perhatikan daur fosfor berikut!
Proses yang terjadi pada kepingan X ialah ....
A. fosfor diserap dalam bentuk fosfat anorganik
B. fosfor organik diubah menjadi fosfat anorganik
C. fosfor organik diurai menjadi fosfor
D. fosfor anorganik diurai menjadi fosfor
E. ion fosfat dibuat menjadi senyawa fosfat anorganik
7. B urung cendrawasih di Papua mulai langka lantaran adanya perburuan liar dan terjadi penebangan hutan. Dampak yang ditimbulkan dari keiangkaan burung cendrawasih ialah ....
A. meningkatnya binatang pemakan serangga
B. menurunnya populasi masakan burung
C. hilangnya bunyi burung di hutan D. meningkatnya populasi serangga E. menurunnya populasi serangga
8. Perhatikan gambar kerusakan lingkungan berikut!
Penyebab kerusakan lingkungan pernukiman sesuai gambar diakibatkan oleh tindakan
rnanusia, yaitu ....
A. membuang sampah sembarangan B. menutup tempat penampungan air C. perubahan :fungsi lahan pertanian D. penebangan hutan secara liar
E. drainase air yang tidak dipelihara
12. Perhatikan gambar organ pencernaan berikut
Enzirn yang dihasilkan oleh organ X dan fungsinya ialah ....
A. renin, mengendapkan protein susu
B. peptidase, mengubah protein menjadi asam amino
C. maltase, mengubah maltosa rnenjadi glukosa
D. tripsin, mengubah protein rnenjadi asam amino
E. kolesistokinin, rnengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
13. Usia yang bertambah sanggup menimbulkan' penyakit piida arteri.' Plak-plak lemak yang terbentuk akhir kolesterol teroksidasi, radikal bebas, dan lain-lain secara perlahan menyumbat pembuluh arteri. Akibatnya kecepatan aliran darah berkurang dan tekanan darahnya meningkat. Penyakit yang dimaksud ialah ....
A. hipotensi
B. trombus
C. angina pectoris D. arteriosklerosis E. atherosklerosis
14. Gangguan pada transportasi oksigen dengan menurunnya daya angkut oksigen oleh darah disebut ....
A. asfiksi
B. bronkitis C. pleuritis D. sinusitis E. tonsi Ii tis
16. Bila seseorang pindab dari tempat gelap ke tempat yang arnat terang, secara refleks pupil matanya ak.an mengecil, Mekanisme penghantaran rangsang refleks pada gerakan tersebut ialah mulai dari reseptor ....
A. neuron sensorik - interneuron di otak .:.. neuron motorik - efektor
B. neuron motorik - interneuron di otak - neuron sensorik - efektor
c. neuron sensorik - neuron di otak - neuron rnotorik - efektor
D. neuron sensorik - intemeuron di sumsum tulang belakang - nemon motorik - efektor
E. neuron sensorik - neuron di sumsum tulang belakang - neuron motorik - efektor
19. Pak Riko sedang menjalani tes kesehatan. Dari hasil tes tersebut ternyata urin Pak Riko mengandung protein. Hal ini menawarkan terjadinya gangguan pada kepingan ....
A. glomerulus
B. kapsula Bowman
C. tubulus kolektivus
D. tubulus kontortus proksimal
E. tubulus kontortus distal
24. Yoghurt dibuat dari susu dengan kadar lemak rendah dan memanfaatkan salah satu mikroorganisma Streptococcus thermophillus yang berkhasiat untuk ....
A. menggumpalkan susu
B. meningkatkan pH larutan
C. meni.ngkatkan keasamannya
D. meningkatkan cita rasa susu
E. menghambat pertumbuhan basil lain
25. Perhatikan garnbar reaksi enzimatis berikut!
Sifat enzim yang ditunjuk.kan ialah ....
A. bekerj a dua arah
B. kerja enzim spesifik
C. bekerja membutuhkan energi
D. mengha.mbat reaksi kimia
E. membantu reaksi kimia
26. Sebelum dan setelah melaksanakan olahraga biasanya dilakukan pemanasan dan pendinginan dengan menarik nafas dalam - dalam. Hal tersebut untuk mempersiapkan energi dan mengurangi rasa lelah. Rasa lelah tersebut disebabkan ....
A. produksi C02 yang berlebihan dari proses fermentasi
B. penimbunan asam laktat akhir kekurangan 02
C. penimbunan alkohol sebagai produk sampingan fermentasi
D. meningkatnya proses respirasi akhir kebutuhan energi yang meningkat
E. meningkatnya kebutuhan 02 untuk repirasi sel
33. Persilangan Drosophila badan sayap panjang (AABB) dengan individu yang mempunyai warna badan abu-abu sayap pendek (aabb). Jika A dan B terpaut dan a dan b terpaut maka F1 didapatkan AaBb (tubuh hitam sayap panjang). Jumlah garnet F1 yang terbentuk adalab ....
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
E. 10
34. Berikut ini ialah pernyataan yang berafiliasi dengan asal-usul kehidupan:
1. Tirnbulnya kehidupan hanya mungkin j ika telah ada kehidupan sebelumnya.
2. Belatung tidak terbentuk dari daging yang membusuk
3. Pada atmosfer purba tidak terdapat unsur oksigen
4. Zat hidup yang paling sederhana berkembang menjadi organisme yang lebih kornpleks dalam waktu berjuta-juta tahun
Pernyataan di atas yang sesuai dengan teori Biologi modem ialah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan4
E. 3 dan 4
Berikut ialah kisi-kisi Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Biologi Peminatan MIPA
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Keanekaragaman Hayati danEkologi | Struktur dan Fungsi MakhlukHidup | Biomolekuler dan Bioteknologi | Genetika danEvolusi | |
Pemahaman danPengetahuan• Menyebutkan• Menentukan• Menjelaskan• Mengidentifikasi | Peserta didik bisa memahami dan menguasai:- keanekaragaman hayati- ciri-ciri makhluk hidup dan kiprahnya dalam kehidupan- keseimbangan ekosistem | Peserta didik bisa memahami dan menguasai:- jaringan flora dan hewan- sistem organ dan fungsinya | Peserta didik bisa memahami dan menguasai:- sel- gen, DNA. dan kromosom- bioteknologi | Peserta didik mampumemahami dan menguasai:- prinsip pewarisan sifat- mutasi- teori evolusi |
Aplikasi• Menentukan• Membandingkan• Mengklasifikasikan | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup- aliran energi dan daur materi pada ekosistem | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- prosedur kerja sistem organ manusia- gangguan pada sistem organ- ancaman senyawa | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- bioproses dalam sel- reaksi enzimatis- prosedur reaksi katabolisme dan anabolisme- pembelahan sel | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- prosedur evolusi |
psikotropika- sistem imun | - sintetis protein- penerapan bioteknologi | - pola-polahereditas- hereditas insan dalam peta silsilah | ||
Penalaran• Menyimpulkan• Menganalisis• Merancang percobaan | Peserta didik mampumenggunakan logika dalam:- perubahan lingkungan dan dampaknya bagi kehidupan | Peserta didik mampumenggunakan logika dalam:- gangguan/penyakit menurut uji laboratorium- percobaan wacana faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan | Peserta didik mampumenggunakan logika dalam:- percobaan transpor membran- percobaan kerja enzim | Peserta didikmampu memakai logika dalam:- hereditas pada manusia |
Demikian goresan pena wacana