Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS ini disajikan dengan keinginan bahwa ia sanggup membantu para akseptor didik kelas XII SMA/MA Peminatan IPS yang hendak menghadapi ujian sekolah berstandar nasional atau USBN tahun pelajaran 2017-2018.
Contoh soal diadopsi dari soal ujian nasional (UN) tahun 2016/2017. Dengan melandaskan pada fakta bahwa teladan soal berasal dari soal yang telah diujikan, maka dibutuhkan bahwa Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS yang disajikan ini memiliki validitas empirik dan prediktibilitas yang cukup baik.
Seperti halnya tipe ujian yang lain, USBN SMA/MA 2017-2018 ini memerlukan persiapan berguru yang matang dan secama. Apalagi ujian sekolah berstandar nasional ini merupakan komponen yang cukup penting dalam memilih kelulusan siswa.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS tersebut:
1. Perjalanan dari Bogor ke Cianjur Jawa Barat akan menjumpai jalan naik turun atau bergelombang.
Konsep goegrafi yang dipakai untuk memahami fenomena tersebut adalah:
A. Konsep aglomerasi
B. Konsep morfologi
C. Konsep pola
D. Konsep nilai kegunaan
E. Konsep diferensiasi area
2. Banyaknya pabrik besar di sekitar sungai Siak Riau menimbulkan air sungai tersebut tidak jernih. Diduga sudah tercemar banyak sekali macam limbah industri yang dibuang ke sungai.
Pendekatan geografi yang dipakai untuk mengkaji tanda-tanda tersebut ialah pendekatan
A. Spatial
B. Temporal
C. Ekologi
D. Kronologi
E. Kompleks wilayah
3. Mata pencaharian sebagai besar penduduk di tempat pesisir timur Sumatera ialah sebagai nelayan. Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah
A. Prinsip deskripsi
B. Prinsip interelasi
C. Prinsip distribusi
D. Prinsip kronologi
E. Prinsip persebaran
4. Pernyataan
(1) Kemarau panjang terjadi pada tahun ini
(2) Beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan
(3) Petani mengerjakan sawahnya.
(4) Badai angin ribut di Amerika Serikat
(5) Mesyarakat menolong korban kecelakaan
Fenomena yang termasuk aspek fisik terdapat pada angka
5. Dampak pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di dasar bahari menimbulkan
A. Gempa bahari tsunami
B. Hiposentrum menjadi dangkal
C. Perluasan tepi lempeng benua
D. Palung pada tepian benua
E. Aktivitas vulkanisme dasar laut
6. Pernyataan
(1) Terbentuknya dari kabut bersuhu gas tinggi
(2) Adanya materi padat kecil mengelilingi inti berbentuk viral
(3) Terjadi ledakan raksasa dan mengembang
(4) Kabut gas berputar sangat lambat makin usang makin cepat dan membeku
(5) Adanya siklus materi yang diawali dengan ekspansi
Pernyataan yang berafiliasi dengan teori pembentukan Tatasurya terdapat pada angka
7. Pernyataan
1. gumpalan awan gas dan debu mengalami pemampatan membentuk gumpalan bola dan mulai berpilin
2. galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup, kemudian memampat yang didahului oleh keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi
3. cuilan tengah cakram gas itu berpilin lebih lambat dari cuilan tepinya sehingga partikel di cuilan tengah saling menekan
4. tidak bersifat statis semakin jauh jarak galaksi dari bumi semakin cepat proses pengembangannya
5. terbentuk lantaran siblus materi yang diawali dengan masa perluasan disebabkan reaksi inti hidrogen
Pernyataan yang berafiliasi dengan teori pembentukan jagatraya terdapat pada angka
Berikut ialah kisi-kisi Soal USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Hakekat dan Informasi Geografi | Pembentukan Jagadraya,Tatasurya, Bumi, danFenomena Geosfer | Kependudukan dan Lingkungan Hidup | Kewilayahan | |
Pengetahuan dan pemahaman Mendeskripsikan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan | Siswa mampumendeskripsikan:- hakekat geografi (konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi);- gosip geografi (peta, penginderaan jauh, sistem gosip geografis) | Siswa mampumendeskripsikan:- teori pembentukan planet Bumi, efek rotasi dan revolusi Bumi;- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, mitigasi | Siswa mampumendeskripsikan:- kependudukan,- sumberdaya alam,- lingkungan hidup,- pembangunan berkelanjutan,- ketahanan pangan,- industri, dan- energi gres terbarukan | Siswa mampumendeskripsikan:- pola keruangan,- interaksi desa- kota,- wilayah dan pewilayahan,- poros maritim dunia,- posisi stretegisIndonesia,- keragaman budaya |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
Level Kognitif | Hakekat d a n I n f o r m a s iG eografi | Pembentukan Jagadraya,Tatasurya, Bumi, danFenomena Geosfer | Kependudukan danLingkungan Hidup | Kewilayahan |
Indonesia,- sentra pertumbuhan,- negara berkembang dan maju | ||||
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Menunjukkan Menerapkan Menghitung | Siswa bisa menerapkan:- hakekat geografi (konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi);- mencari gosip geografi memakai peta, penginderaan jauh, sistem gosip geografis | Siswa bisa menentukankarakteristik- pembentukan planet Bumi, efek rotasi dan revolusi Bumi,- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, mitigasi | Siswa bisa menentukanpermasalahan dan menunjukkan upaya mengatasi permasalahan:- kependudukan,- sumberdaya alam,- lingkungan hidup,- pembangunan berkelanjutan,- ketahanan pangan,- industri, dan- energi gres terbarukan | Siswa mampumenentukan karakteristik:- pola keruangan,- interaksi desa- kota,- wilayah dan pewilayahan,- poros maritim dunia,- posisi stretegisIndonesia,- keragaman budaya Indonesia,- sentra pertumbuhan,- negara berkembang dan maju |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
Level Kognitif | Hakekat d a n I n f o r m a s iG eografi | Pembentukan Jagadraya,Tatasurya, Bumi, danFenomena Geosfer | Kependudukan danLingkungan Hidup | Kewilayahan |
Penalaran dan logika Membandingkan Memprediksi Membuktikan Menginterpretasi Menganalisis | Siswa bisa menganalisis:- hakekat geografi (konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi);- gosip geografi (peta, penginderaan jauh, sistem gosip geografis) | Siswa bisa menganalisis:- teori pembentukan planet Bumi, efek rotasi dan revolusi Bumi;- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, mitigasi | Siswa bisa memprediksipermasalahan dan upaya mengatasinya di bidang:- kependudukan,- sumberdaya alam,- lingkungan hidup,- pembangunan berkelanjutan,- ketahanan pangan,- industri, dan- energi gres terbarukan | Siswa mampumembedakan kewilayahant entang:- pola keruangan,- interaksi desa- kota,- wilayah danpewilayahan,- poros maritim dunia,- posisi stretegisIndonesia,- keragaman budaya Indonesia,- sentra pertumbuhan,- negara berkembang dan maju |
Demikian goresan pena ihwal