Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Kimia Peminatan MIPA
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Kimia Peminatan MIPA ini disajikan dengan cita-cita bahwa ia sanggup membantu para penerima didik SMA/MA Kelas XII yang akan menempuh ujian sekolah berstandar nasional atau yang sering disingkat dengan USBN, khususnya pada mapell Kimia peminatan MIPA.
Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017-2018 Kimia MIPA ini diambil dari pola soal UN tahun 2017 untuk mapel yang sama. Karena ia telah secara faktual dijadikan sebagai soal, maka dibutuhkan bahwa pola soal yang disajikan ini bisa memiliki validitas dan prediktibilitas yang baik dalam menghadapi USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 ini.
USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/2018 ini tidak berbeda dengan tipikal ujian lainnya dalam perspektif persiapan yang harus dilakukan. Oleh alasannya yakni USBN memiliki efek yang signifikan dalam penentuan kelulusan siswa SMA/MA, maka perhatian yang lebih serius dalam berguru hendaknya sanggup lebih ditekankan.
Selamat menempuh USBN bagi kalian siswa SMA/MA. Semoga hasil terbaik yang didapat.
Berikut yakni tautan Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Kimia Peminatan MIPA
Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Kimia Peminatan MIPA tersebut:
1. Perhatikan diagram percobaan Thomson berikut!
Berdasarkan diagram tersebut, pemyataan yang sempurna perihal sinar katoda yakni ....
A. sinar katoda yang dihasilkan tergantung zatnya B. sinar katoda dibelokkan ke pelat logam positif C. sinar katode bergerak dari S ke R
D. muatan elektron 1,6 x 10-19 Coulomb
E. sinar katode tidak dibelokkan medan magnet
4. Perhatikan data afinitas elektron berikut!
Pernyataan yang sempurna untuk kedua unsur tersebut d.alam mencapai kestabilan yakni ....
A. ion X- lebih stabil stabil da:ripada atom X
B. ion Y- lebih stabil daripada atom Y
C. Flebih muclah melepas electron daripadaX
D. Xlebih bersifat non logam da.ripacla Y
E. X lebih gampang menarik elektron daripacla Y
6. Perhatikan data hasil percobaan berikut!
Jenis ikatan yang terdapat pada zat V danX secara berturut-turut yakni ....
A. ikatan logam dan ikatan ion
B. ikatan logam dan kovalen polar
C. ikatan kovalen polar dan kovalen .non polar
D. ikatan logam dan kovalen non polar
E. ikatan ion dan kovalen non polar
8. Konfigurasi elektron dari unsur D dan E.
D = [He) 2s2 2p5
E = [Ne] 3s2 3p3
Rumus k.imia dan bentuk molekul yang terbentuk j ika kedua unsur terse but berikatan adalah
A. ED, linear
B. EDs, bipiramida trigonal
C. E2D, linear
D. ED2, planar bentuk V
E. E4D, tetrahedron
10. Perhatikan persamaan reaksi redoks berikut!
Sn(s) + 4HN03(aq) SnOi(s) + 4NOi(g) + 2H20(l)
Bilangan oksidasi dari zat oksidator dan kuman reduksinya berturut-turut yakni ....
A. +I, Sn
B. +1, Sn02
C. +4, NOi
D. +5, N02
E. +5, HN03
11. Tabel berikut menyatakan rumus dan nama senyawa.
Pasangan yang sempurna antara rum us dan nama sen ya wan ya yakni ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (5)
12. Unsur sulfur (S) dan W1Sur oksigen (0) sanggup membentuk dua macam senyawa. Persentase unsur penyusun senyawa d.isajikan dalam tabel berikut.
Perbandingan massa unsur oksigen dalarn dua senyawa tersebut sesuai Hukum Dalton yakni ....
A. 1: 1
B. l: 2
c. 2: 1
D. 2:3
E. 3: 2
13. Perhatikan tabel berikut ini!
Jika massa Pb yang dipakai sebanyak: 25 g, massa S yang d.iperJukan sebanyak ....
A. 1 gram B. 2 gram C. 4 gram
0. 5 gram
E. 6 gram
14. Sebanyak 20 L adonan gas propana (CJHs) dan butena (C4Hs) dibakar pada (T,P) sesuai persamaan:
C3Hs(g) + 502(g) 3C0i(g) + 4H20(l)
C4Hs(g) + 602(g) 4C02(g) + 4H20(l)
Volume gas C02 sehabis pembakaran yakni 68 L. Volume gas propana dan butena dalam adonan berturut-turut sebanyak ....
A. 8 L dan 12 L
B. lOLdan IOL
C. 12Ldan8L D. 14Ldan6L E. 16 L dan 4 L
17. Tabel berikut ini berisi polutan/zat pencemar di udara dan dampak yang ditimbulkannya
Pasangan yang berafiliasi dengan sempurna antara polutan dan akhir yang ditimbulkannya yakni nomor ....
A. (l) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
18. Berik:ut ini beberapa insiden dalam kehidupan sehari-hari. (1) Pembakaran sampah
(2) Es rnencair
(3) Memasak air
(4) Pembuatan garam dari air laut
(5) Respirasi
Pasangan insiden yang termasuk reaksi eksoterm yakni ....
A. (1) dan (2) B. (1) dan (5) C. (2) dan (5) D. (3) dan (4) E. (4) dan (5)
20. Diketahui reaksi kesetimbangan: Cu2+ (aq) + 4 NH3 (aq) (Cu(NH3)4)2\aq).
Jika volumenya diperkecil, sedangkan suhunya tetap, reaksi akan mengalami pergeseran kesetimbangan apabila terjadi perubahan jumlah ion, yaitu ....
A. Cu2+ bertambah, Kc bertambab, wama [Cu(NH3)4]2"' pekat
B. Cu2+ bertambah, Kc berkurang, warna [Cu(NI-b)4]2+ pekat
C. Cu2+ berkurang, Kc bertambah, warna [Cu(NH3)4)2+ pudar
D. Cu2+ berkurang, Kc tetap, warna [Cu(NH3)4]2+ pekat
E. Cu2+ berkurang, Kc berkurang, warna [Cu(NI-fa)4]2+ pudar
21. Diketahui reaksi sebagai berikut: A2{g) + B2(g) .:::: 2AB(g). Mula-mula direaksikan 0,5 mol A2 dengan 0,5 mol B2 dalam ruang 1 liter pada suhu 27°C. Ternyata sehabis kesetimbangan tercapai terdapat 0,3 mol gas AB. Jika tekanan total gas pada reaksi itu yakni 10 atmosfir. Nilai Kp untuk
22. Perhatikan persamaan reaksi berikut!
(1) Nl-b(g) + BF3(g) NI-faBF3(g)
(2) H3PQ4(aq) H+(aq) +H2Poi- (aq)
Kimia SMA!MA IPA/MIPA
(3) Po4-3(aq) + H20(/) HPQ43- (aq) + H+(aq)
Urutan yang sesuai dengan konsep asam-basa Arrhenius, Bronsted-Lowry dan Lewis yakni ....
A. (I), (2), (3)
B. (2), (1), (3)
C. (2), (3), (1)
D. (3), (1), (2)
E. (3), (2), (1)
23. Perhatikan data hasil uji terhadap 2 jenis larutan dengan memakai 4 jenis indikator!
Perkiraan pH untuk larutan X dan larutan Y secara berurutan yakni ....
A. 3,2 - 4,4 dengan 5,8 - 8,3
B. 4,4 - 4,8 dengan 4, 7 - 5,4
C. 4,8 - 5,4 dengan 4,4 - 4,8
D. 4,7 - 8,3 dengan 3,2 - 4,0
E. 8,3 -14,0 dengan 3,2-4,2
27. Sebanyak 100 mL AgN03 0,01 M dicampur dengan 100 mL H2S04 0,01 M. Diketahui Xs, AgiS04 = 3,2.10-5. Pernyataan yang benar mengenai adonan tersebut yakni ....
A. terbentuk endapan alasannya yakni Ksp < Qc B. terbentuk endapan alasannya yakni Ksp > Qc
C. belum terbentuk endapan alasannya yakni K.sp < Qc D. belum terbentuk endapan alasannya yakni Ksp> Qc
E. larutan sempurna jenuh alasannya yakni Ksp = Q;
28. Diberikan 4 zat berikut:
(1) garam
(2) oksigen
(3) air
(4) susu
Zat yang apabila dicampur akan menghasilk:an koloid emulsi yakni ....
A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4)
29. Diketahui pola koloid dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut.
(1) Mayonaise (2) Agar-agar (3) Asap
(4) Buih sabun
(5) Kabut
Pasangan koloid yang merniliki fasa terdispersi sarna yakni ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (5) C. (2)dan(4) D. (2) dan (5) E. (3) dan (5)
Berikut yakni kisi-kisi Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Kimia Peminatan MIPA
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
Kimia Dasar | Kimia Analisis | Kimia Fisik | Kimia Organik | KimiaAnorganik | |
kimia. | korosi). | hari/ industri). | dan produksinya(bisa dalam kehidupan sehari-hari/ industri). | ||
Aplikasi• Mengklasifikasi• Menginterpretasi• Menghitung• Mendeskripsikan• Mengurutkan• Membandingkan• Menerapkan• Memodifikasi• Dll | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan mengenai:• struktur atom & kofigurasielektron;• sistem periodik unsur;• ikatan kimia (jenis ikatan)dan hubungannya dengan sifat fisika zat;• tata nama senyawa(anorganik dan organik);• persamaan reaksisederhana; dan• aturan – aturan dasar kimia | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan mengenai:• larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik;• asam-basa (sifat asam-basa, reaksi netralisasi, pH asam-basa, titrasiasam-basa);• stoikiometri larutan;• larutan penyangga• hidrolisis garam;• Ksp (bisa dalam kehidupan sehari- hari/industri). | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan mengenai:• termokimia – entalpi reaksi, Hess, energi ikat;• laju reaksi dan ordereaksi;• kesetimbangan kimia;• ikatan kimia (bentuk molekul – teori pasanganelektron dan teori domainelektron),• gaya antar molekul;• koloid;• sifat koligatif larutan• reaksi redoks, dan selelektrokimia (bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri, , termasukkorosi). | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan mengenai:• hidrokarbon danminyak bumi;• senyawa karbon(kekhasan atom C, struktur, tata nama, sifat,kegunaan)• benzena dan turunannya• makromolekul (polimer,Karbohidrat, dan protein),serta cara analisiskualitatifnya,• lemak dan minyak (bisa dalam kehidupan sehari- hari/ industri). | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:• ikatan kimia (kristal dan sifat-sifat fisiknya)• unsur-unsur kimia golonganutama, periode-3dan -4 yang terdapat di alam, sifatnya,manfaatnya, kereaktifannya, dan produksinya (bisa dalam kehidupansehari-hari/industri). |
Penalaran• Mengurutkan/ order• Menjelaskan• Membedakan• Mendapatkan | Peserta didik mampumenggunakan logika berkaitan dengan:• struktur atom;• sistem periodik unsur; | Peserta didik mampumenggunakan logika berkaitan dengan:• larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik; | Peserta didik mampumenggunakan logika berkaitan dengan:• termokimia – entalpi reaksi, Hess, energi ikat; | Peserta didik mampumenggunakan logika berkaitan dengan:• hidrokarbon danminyak bumi | Peserta didikmampu menggunakannalar berkaitan dengan: |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Kimia Dasar | Kimia Analisis | Kimia Fisik | Kimia Organik | KimiaAnorganik |
• Mengurutkan/ rank• Menilai/menguji• Menyimpulkan• Bertindak• Menggabungkan• Merencanakan• Menyusun• Mengaktualisasi• Dll | • ikatan kimia (jenis ikatan)dan hubungannya dengan sifat fisika zat;• tata nama senyawa(anorganik dan organik);• persamaan reaksisederhana; dan• aturan – aturan dasar kimia. | • asam-basa (sifat asam-basa, reaksi netralisasi, pH asam-basa, titrasi asam-basa);• stoikiometri larutan;• larutan penyangga;• hidrolisis garam;• Ksp (bisa dalamkehidupan sehari- hari/industri). | • laju reaksi dan ordereaksi;• kesetimbangan kimia;• ikatan kimia (bentukmolekul),• gaya antar molekul;• koloid;• sifat koligatif larutan;• reaksi redoks, dan sel elektrokimia (bisa dalam kehidupan sehari- hari/industri, , termasuk korosi). | • senyawa karbon(kekhasan atom C, struktur, tata nama, sifat, kegunaan)• benzena dan turunannya• makromolekul (polimer,• Karbohidrat, dan protein), serta cara analisis kualitatifnya,• lemak dan minyak (bisadalam kehidupan sehari- hari/ industri). | • ikatan kimia(kristal dan sifat-sifat fisiknya);• unsur-unsur kimia golonganutama, periode-3 dan -4 yangterdapat di alam, sifatnya, manfaatnya,kereaktifannya, dan produksinya(bisa dalam kehidupan sehari-hari/industri). |
Demikian goresan pena perihal