Random post

Monday, October 29, 2018

√ Cara Berguru Bahasa Inggris Online Belajar Sendiri Part 1

Hello guys.. Sekarang saya lagi di Bandara Juanda, Surabaya nih.. Kebetulan travel dari Malang nganterin saya kecepatan. Makara masih ada sekitar 4 jam sebelum penerbanganku. This is the begining of my journey. Mumpung lagi nganggur nggak terang gini, saya ngetik aja, share perihal cara mencar ilmu bahasa inggris online otodidak. Silahkan baca artikelnya di bawah ini:


Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak


Baiklah saya akan menceritakan perjalananku untuk mencar ilmu bahasa inggris secara belajar sendiri di dunia maya. Ini menurut pengalaman pribadi yang saya rangkumkan, agar dengan begitu kalian tidak bosan membaca artikel ini. Silahkan menikmati.


 Kebetulan travel dari Malang nganterin saya kecepatan √ Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak Part 1
belajar bahasa inggris online otodidak

When I was a child, I used to be suck in English. 


Ketika saya masih kecil dulu, saya nggak ngerti Bahasa Inggris. Oke.. Nggak cuma aku, kalian juga kan? Karena kita sama-sama lahir di Indonesia, yang memakai Bahasa Indonesia. Ya nggak?


Karena orang tuaku guru maka saya diberikan pendidikan lebih (read: dipaksa) untuk les Bahasa Inggris. Aku ikut les selama 3 tahun dan saya tahu kalau tetap payah dalam pelajaran ini. (ssstt.. Ini alasannya saya nyontek sahabat terus selama pelajaran)


Setelah itu, dengan bekal Bahasa Inggris yang tentu saja mengecewakan, saya secara gila lulus SD dan masuk SMP. Tidak banyak perubahan disana. Sama, Hanya saja saya punya lebih banyak teman.. Yang lebih tidak bisa Bahasa Inggris. 😛


Next SMA. Di Sekolah Menengan Atas saya ketemu banyak sekali bawah umur pintar dari satu kabupaten. Banyak dari mereka yang benar-benar mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang diatas rata-rata. Tapi saya tahu, kalau saya bukan salah satunya.


Guru di Sekolah Menengan Atas ini sangat berkualitas, bahkan beberapa telah mencar ilmu di Luar Negeri pribadi (Khususnya Australia). Aku masih ingat beberapa pelajaran bahasa Inggris di SMA. Tetapi kenyataanya saya masih jelek dalam  Berbahasa Inggris.


Tetapi di selesai masa sekolah, saya harus test TOEFL sebelum lulus dari SMA, saya menerima skor yang cukup memuaskan, kalau nggak salah 455 (ini alasannya saya menyadari bahwa menyontek ialah solusi terbaik untuk Bahasa Inggris)

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula



Saat kuliah, Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah wajib. Aku mengikutinya dengan santai dan tidak berharap lebih. Selesai dengan nilai B sudah cukup buatku. B untuk Bahasa Inggris, kedengarannya sepadan.


Kebanyakan dari Mereka yang Mengerti Bahasa Inggris


Minat dan ketertarikanku terhadap Bahasa Inggris ada ketika semester selesai kuliah. Aku mempelajari bahwa beberapa anak yang kukenal pintar dalam Bahasa Inggris ialah penggemar komik, atau penggemar game. Itu pengalaman seumur hidupku, bahwa hampir semua penggemar game dan komik yang kukenal bisa mengerti Bahasa Ingris.


Mereka Menikmati Proses Belajar Bahasa Inggris


Pada dasarnya mereka tidak berniat mencar ilmu bahasa inggris. Tetapi mereka terbiasa dengan Bahasa Inggris. Kalau kau ingin menamatkan sebuah game, maka harus mengikuti kode yang diberikan game tersebut. Ini membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris, terutama ‘reading. Secara tidak pribadi mereka sedang mencar ilmu bahasa inggris secara otodidak.


Bagi para penggemar komik, kalau ingin update komik yang terbaru, terlengkap dan tercepat, maka harus membaca yang Bahasa Inggris. Ini memaksa para maniak komik untuk menguasai Bahasa Inggris. Karena saya menyukai komik, maka proyek mencar ilmu ini kumulai.


Aku memulai dengan menentukan komik-komik yang gampang dipahami. Pilihanku jatuh pada “Yotsubato” komik berlatar anak kecil ini memakai bahasa yang sederhana sehingga gampang dipahami. Kemudian alasannya komik ini cukup singkat, saya menyelesaikannya dengan mudah, selanjutnya saya membaca komik Naruto(TAMAT), Bleach, One Piece, Toriko, Gamaran(TAMAT), Gintama, Noblesse.


Meningkatkan Jumlah Vocab dengan Mudah


Dari kegiatan membaca ini, kurasa saya jadi banyak sanggup kosa kata. Kalau cara normal di sekolah untuk mempelajari kosa kata Bahasa Inggris ialah dengan menghapalkan kata-kata di kamus, maka caraku ialah dengan membaca komik ini.


Hanya dengan membaca komik, kau sanggup melihat gambar dan membaca percakapan tokoh dalam komik, ini merangsang otak untuk berfikir dan menebak-nebak makna percakapan tersebut. Tenang saja, otak kita terdesain untuk memahami ini dengan mudah. Kebanyakan dari tebakan tersebut niscaya benar.


Membaca komik ini memperlihatkan banyak sekali materi Bahasa Inggris, dari Ekspression, Greeting, sampai kosa kata baru. So kau mencar ilmu kosa kata gres secara belajar sendiri tanpa perlu menghapalkan.


Pada komik juga sering dilakukan perulangan kosa kata (ini ciri khas abjad di komik), dengan begitu kau akan mengulangi kosa kata gres beberapa kali. Secara tidak pribadi kau akan menghapalkan kosa kata tersebut diluar kepala, tanpa beban dan paksaan.


Perulangan kosa kata yang sama ini dilakukan pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda sesuai adegan yang digambarkan. Mengerti penggunaan sebuah kosa kata untuk banyak sekali situasi dan kondisi merupakan tingkat pemahaman yang sangat tinggi dalam Berbahasa Inggris. Kalau bahasa kerennya ini ialah “Deep Learning”, dan lebih kerennya lagi alasannya kau akan menguasainya tanpa sadar.


Vocab-mu akan Berkembang Tidak Terbatas


Pasti akan banyak yang bilang kalau metode ini tidak efektif dan membuang-buang waktu. Menurutku sebaliknya.


Menghapalkan kamus tentu saja membosankan (aku nggak pernah berhasil melakukannya). Sebaliknya, Membaca komik yang mempunyai alur dongeng (yang didesain sangat menarik) maka kita akan ketagihan dan tertarik untuk membaca lanjutan kisahnya.


Artinya kau akan menemukan lebih banyak percakapan, ekspresi, gambar dan kosa kata baru. Dengan begitu kosa kata Bahasa Inggrismu akan berkembang Jauh lebih banyak, bahkan tak terbatas selama kau terus ingin tau pada lanjutan dongeng dalam komik tersebut.


Untuk mengakses Komik-komik dan Manga Jepang yang Berbahasa Inggris, kalian bisa buka di www.manga.life


Selanjutnya cara ini akan saya uji coba untuk mempelajari Bahasa Jepang. Karena penerbanganku selanjutnya ialah ke negeri sakura, Jepang.


Latih Telingamu Untuk Listening


Setelah mempunyai cukup kosa-kata bahasa inggris, maka level selanjutnya ialah untuk mencar ilmu listening bahasa inggris. Silahkan baca artikel lengkapu tentang: cara mencar ilmu listening bahasa inggris. 


Kita akan latihan mendengarkan video berbahasa inggris yang ada di Youtube. Dengan cara ini kalian akan mengerti dan memahami bahasa inggris yang baik dan benar melalui media online secara belajar sendiri dan tentunya gratis.


Jika menginginkan materi listening yang lengkap silahkan gunakan: Materi Belajar Listening Bahasa Inggris MP3.


Tips [akan diupdate]


Jadi kalau dirangkum, ada dua poin kunci cara mencar ilmu bahasa inggris online otodidak:


1. Banyak-banyak Membaca Komik Bahasa Inggris

2. Banyak-banyak mendengarkan video berbahasa inggris online.


Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak ini bisa kalian modifikasi sendiri. Kalau kalian tidak terlalu suka manga Jepang, bisa kalian ganti dengan komik-komik dari DC ataupun yang lainnya. Intinya ialah kalian habiskan waktu dengan bahasa inggris.


Selanjutnya saya akan share untuk Menambah skill Listening. Listening merupakan skill dasar yang harus kau kuasai sebelum reading.

Baca Juga: Cara Belajar Listening Bahasa Inggris

Tenanglah.. Kita akan mencar ilmu bersama.



Sumber https://mystupidtheory.com