Random post

Thursday, September 27, 2018

√ Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta Atau Konspirasi Semata?

Apa reaksi kalian kalau ternyata ada teman kalian yang menyatakan teori bumi datar? Shock? Kaget? atau eksklusif menyampaikan kalau beliau idiot dan gila? Aku sendiri merasa wajar, dikala mendengarnya. Kenapa? Karena saya sudah dengar ihwal pergerakan Flat Earther ini di Flat Earth Society beberapa tahun silam.


Kemudian dikala itu saya browsing dan mendapati bahwa ternyata banyak ilmuwan yang juga mengikuti gerakan ini. Artinya apa? Flat Earth ialah sebuah teori konspirasi yang digagas dengan serius dan cukup cerdas!


 


Teori Bumi Datar Kembali Muncul


Ketika tahun 2015 yang kemudian gerakan ini kembali muncul di Amerika, seorang saintis Neil de Grease Tyson langsung maju dan menjelaskan (pada sebuah reality show). Kebetulan saya nonton di Youtube, dan beliau menyampaikan gotong royong pemahaman ini tidaklah berdasar.


Akhirnya, alasannya ialah saya kurang kerjaan, saya tonton videonya dan mencoba memberikan beberapa kritik hal yang perlu untuk kalian ketahui. Tulisan ini merupakan respon dari video 1:


https://www.youtube.com/watch?v=E9tL-lPsDZM&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2&index=1


 


Foto Bumi Bulat ialah Rekayasa CGI


Kalau kalian mencari gambar bumi di google, maka semua gambar bumi berbentuk bundar ialah CGI (computer generated imaginary/buatan komputer). Ini benar, bahkan semua foto bumi bundar yang dipublikasikan NASA juga CGI.


Tapi, darimana gambar CGI ini dibuat? Ternyata gambar-gambar CGI ini dibentuk dari fotografi satelit NASA. Kaprikornus gambar CGI ini dibentuk menurut sekumpulan gambar-gambar yang diperoleh oleh satelit luar angkasa yang dimiliki NASA yang kemudian digabungkan menjadi satu.


Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat).


Misalkan saja kalian ingin memotret foto rumah, tetapi posisi kalian hanya satu meter di depan rumah, apa kalian sanggup mengambil foto rumah kalian secara penuh?


Tentu saja tidak, kini permasalahannya, kalian tidak sanggup mundur, hanya sanggup mengitari dalam jarak satu meter itu saja, bagaimana cara biar sanggup mampu seluruh gambar rumah? Tentu saja dengan mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya.


Buktinya NASA menampilkan potongan gambar bumi ini di homepage-nya:


Apa reaksi kalian kalau ternyata ada teman kalian yang menyatakan  √ Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata?
Foto bumi Langsung 

Ini ialah bab dari bumi yang dipotret oleh salah satu satelit NASA. Terlihat disini kalau ada lengkungan dibagian pinggiran bumi.


 


Banyak Satelite di Angkasa


Setidaknya ada 1381 satelit di angkasa. Tidak semua foto satelite ini merupakan CGI, kalian sanggup cari sendiri foto real satelit. Tetapi tetap saja kalau sudah nggak percaya akan susah urusannya. Di video teori bumi datar dikatakan bahwa angkasa luar penuh sesak dengan satelite. Mari kita lihat dengan perspektif yang lebih baik.


Satelite yang paling erat dengan permukaan bumi disebut sebagai LEO (Low Earth Orbit) yang beredar di bumi pada ketinggian 160-2000 km. Jumlah satelit LEO ini sekitar 500 satelit.


Jika melihat luas permukaan bumi (bulat), maka ada 500 satelit yang beroperasi di luasan  510,072,000 km². Jika kita bagikan  ialah 510,072,000 km2 : 500=  +-1.000.000 km². Kaprikornus hanya akan ada 1 satelit setiap 1.000.000 km².


Selain jumlahnya yang tidak terlalu banyak kalau dibandingkan bumi, ternyata ukuran satelit juga sangat kecil, terlalu kecil untuk sanggup teramati di teleskop. Ukuran dari ISS (International Space Station) ialah sebesar lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km², perbandingannya 1:1.723.077.636,3636.


Satelit yang ukurannya 1/1.723.077.636,3636 kali ukuran bulan ini bergerak dengan kecepatan 28.000 km/jam (ket: kita bahas di Final Part). Sudah kecil, bergeraknya sangat cepat lagi, fakta-fakta inilah yang menjadikan sangat sulit untuk melihat satelit melalui teleskop.


Maka menemukan sebuah satelit tidaklah semudah yang pembuat video ini katakan. Walapun begitu, tetap masuk nalar sekali kalau kita seharusnya sanggup melihat satelit di langit dengan teleskop. Oleh alasannya ialah itu ada orang yang membuktikannya, ini sebuah video dimana seseorang mengamati satelit memakai teleskop:


https://www.youtube.com/watch?v=rIesWBTUeiI


Pasti akan muncul pertanyaan menyerupai ini “teleskop sanggup menampilkan gambar planet-planet lain, tetapi satelit yang erat nggak sanggup dilihat dengan jelas?”


Itu alasannya ialah ukuran satelit memang sangat kecil kalau dibandingkan dengan planet. Seperti venus misalnya, kita sanggup mengamati bahkan dengan mata telanjang. Kaprikornus masuk akal kalau teramati dengan lebih terang memakai teleskop, sedangkan satelit ukurannya sangat-sangat kecil bila dibandingkan dengan planet.


Baca Juga: Kecepatan Satelit 28.000 km/jam sangat masuk akal!


 


Kesimpulan


Video teori bumi datar ini berisi informasi yang kurang lengkap. Karena hanya memuat informasi-informasi yang mendukung pendapat bahwa Flat Earth Theory atau teori bumi datar. Seperti diberitahukannya bahwa gambar bumi bundar merupakan gambar CGI dari NASA, tetapi tidak pernah diberitahukan bagaimana gambar itu dibuat. (Sebagian besar orang akan menerka NASA 100% mengarang foto bumi tersebut).


Dipaparkan informasi kalau tidak pernah ada orang yang melihat satelite dari teleskop. Tetapi tidak pernah diberitahukan seberapa kecil satelite tersebut kalau dibandingkan dengan bulan ataupun planet-planet di tata surya kita. Fakta bahwa satelite berukuran sangat kecil kalau dibandingkan planet, menciptakan kemungkinan satelite terlihat oleh teleskop sangatlah kecil, dan ini hal yang wajar.


Itu ialah dua klarifikasi dan fakta yang sanggup saya jabarkan. Berikutnya kalian sanggup membaca lanjutan dari ulasanku mengenai Flat Earth Ini:





    1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1

    2. Flat Earth Theory – Pembantaian Sains dan Logika #part2 

    3. Flat Earth Theory – Keping-Keping Sains #part3

    4. Teori Bumi Datar – Let’s do The Math #part4

    5. Teori Bumi Datar – Apa yang Dilakukan Habibie? #part5

    6. Teori Bumi Datar – Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6

    7. Final Part – Not Rocket Science




Silahkan membaca.. 🙂

Jika berguru sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share goresan pena ini. Biar teman kalian juga mempunyai wawasan sains yang luas. 🙂



Jika ada komentar silahkan sampaikan dengan sopan, saya akan tampilkan semua komentar baik itu pro atau kontra. 🙂


 

Sumber:

wikipedia.org

Universetoday.com

Physicscentral.com

https://curious.astro.cornell.edu/about-us/41-our-solar-system/the-earth/orbit/87-how-do-you-measure-the-distance-between-earth-and-the-sun-intermediate

https://eaae-astronomy.org/WG3-SS/WorkShops/Triangulation.html

https://www.space.com/17683-earth-atmosphere.html

https://ds9.ssl.berkeley.edu/solarweek/THURSDAY/history.html

https://www.quantamagazine.org/20150113-a-proof-that-some-spaces-cant-be-cut/





Gambar:

https://peacefreedomprosperity.com/wp-content/uploads/2015/11/000044.jpg

https://photojournal.jpl.nasa.gov/jpegMod/PIA20591_modest.jpg



Sumber https://mystupidtheory.com