Random post

Monday, September 17, 2018

√ Rumus Kimia Urea Dan Penggunaanya

Pada tahun 1828 Friedrich Wohler kimiawan berkebangsaan Jerman secara tidak sengaja menemukan metode sintetis urea tanpa melibatkan ginjal ataupun makhluk hidup. Temuan ini membawa urea menjadi salah satu senyawa organik paling terkenal sebagai pupuk penyubur tanaman. Bagaimanakah rumus kimia dari Urea? Apa saja Penggunaanya? Mari kita diskusikan bersama.


 Friedrich Wohler kimiawan berkebangsaan Jerman secara tidak sengaja menemukan metode sint √ Rumus Kimia Urea dan Penggunaanya

Rumus Kimia Senyawa Urea


Seperti banyak unsur kimia organik lainnya, Urea merupakan senyawa yang terdiri dari atom karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. Rumus kimia urea ialah CH4N2O atau sering juga ditulis NH2CONH2.


Nama komersinya ialah urea, namun beberapa nama lain yang sering dipakai ialah Karbamida, Karbonil Diamida dan isourea.


Struktur senyawa Urea


Rumus struktur dari senyawa urea berbentuk simetris dengan atom C dan O berada di tengah, menyerupai pada gambar:

 Friedrich Wohler kimiawan berkebangsaan Jerman secara tidak sengaja menemukan metode sint √ Rumus Kimia Urea dan Penggunaanya

Penggunaan Urea


Mungkin sebagian besar kalian sudah tahu fungsi dari urea, tetapi ada beberapa fungsi lain dari urea selain untuk pertanian. Apakah fungsi dari urea?


Urea Sebagai Pupuk


Urea merupakan senyawa kimia yang paling banyak dipakai sebagai pupuk, itulah sebabnya menjadi senyawa organik paling banyak diproduksi di dunia.


Kandungan Nitrogen yang mencapai 46% dari massa, dengan bentuk butiran yang siap pakai membua urea menjadi pupuk paling terkenal yang sanggup dipakai oleh petani dengan gampang dan efektif.


Urea Dalam Mesin Disel


Urea dipakai untuk menurunkan kadar polusi udara dari mesin disel mobil, truk dan bus. Mesin disel truk dan bus dikala mencapa temperatur yang sangat tinggi akan menghasilkan gas Nitrogen dan Oksigen, kedua gas ini sanggup bereaksi dan membentuk polusi gas NO2. Cara gampang mengatasinya ialah dengan mereaksikan gas ini dengan amonia sehingga terbentuk Nitrogen.


Namun reaksi amonia pada temperatur tinggi juga mustahil dilakukan lantaran akan beracun. Untuk itulah dipakai Urea yang dilarutkan dalam air yang diinjeksikan pada gas panas yang keluar dari mesin. Hasil reaksinya ialah terbentuknya NH3 dan CO2.


Bahan Makanan Untuk Penggemukan Hewan


Pada industri peternakan besar, penggunaan urea sebagai asupan komplemen masakan untuk ternak merupakan praktek yang umum. Senyawa urea dengan kandungan nitrogen yang sangat tinggi akan mendukung pertumbuhan ternak secara signifikan. Sekitar 4% dari produksi urea dipakai dalam bidang peternakan.


Industri Resin dan Plastik


Reaksi antara urea dengan formaldehid sering kali dipakai industri-industri resin dan plastik. Ikatan nitrogen yang terbentuk mempunyai sifat perekat yang sangat kuat. Sifat ini sangat diharapkan dalam industri resin, lem, dan plastik.


Ternyata selain penggunaannya sebagai pupuk, urea mempunyai banyak tugas dalam industri kimia, inilah yang menimbulkan senyawa urea menjadi materi organik yang paling banyak diproduksi di dunia. Demikian isu mengenai rumus kimia urea dan penggunaanya.


Demikianlah isu mengenai rumus kimia urea dan penggunaanya. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kalian perihal ilmu kimia dan sains.

Baca juga isu mengenai : Rumus Kimia Etanol dan Penggunaanya


Sumber:



  1. http://humantouchofchemistry.com/urea-and-the-beginnings-of-organic-chemistry.htm

  2. Hopkins Frederick Gowland, CLXIX. THE CENTENARY OF WOHLER’S SYNTHESIS OF UREA (I828-I928). 1928. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1252269/pdf/biochemj01135-0011.pdf

  3. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/urea#section=Top

  4. http://www.inchem.org/documents/sids/sids/57136.pdf


Gambar:



  1. http://cimg2.ibsrv.net/cimg/www.doityourself.com/600x400_100/734/Dangerous-Fertilizer-Chemicals-to-be-Aware-of-4734.jpg



Sumber https://mystupidtheory.com