Random post

Sunday, September 23, 2018

√ Pengertian Minyak Bumi Dan Manfaatnya

Salah satu sumber energi yang mendukung acara sehari-hari kita yakni minyak bumi. Penggunaan sepeda motor, mobil, dan kompor gas merupakan hasil dari pengolahan minyak bumi. Oleh alasannya itu pemahaman mengenai minyak bumi dan keuntungannya merupakan ilmu pengetahuan yang perlu untuk kalian pelajari.


 


Minyak Bumi dan Manfaatnya


Minyak bumi telah kita gunakan dalam industri-industri semenjak kala revolusi industri. Padahal sampai ketika ini kita tidak sanggup memproduksi minyak bumi (energi tak terbarukan).


Artinya, jikalau tren penggunaan materi bakar ini terus meningkat, suatu ketika insan akan kehabisan energi minyak bumi. Mempelajari minyak bumi merupakan langkah awal yang sangat baik biar kita bisa mencari solusi atas permasalahan energi yang akan dihadapi di masa depan.



 Salah satu sumber energi yang mendukung acara sehari √ Pengertian Minyak Bumi dan Manfaatnya


Pengertian Minyak Bumi



Minyak bumi dalam bahasa inggris disebut sebagai petroleum, yang berasal dari bahasa latin yaitu “petra” yang berarti ‘batu’ dan “oleum” yang berarti ‘minyak’. Kaprikornus pengertian minyak bumi ialah adonan aneka macam macam senyawa hidrokarbon yang terdapat dalam lapisan batuan dan sanggup diekstrak untuk keperluan materi bakar.


Minyak bumi berasal dari materi bakar fosil yang terendapkan di dalam batuan sedimen. Bahan bakar fosil yakni sisa jasad renik, mikroorganisme dan tumbuhan yang telah mati jutaan tahun yang kemudian dan mengendap di kedalaman bumi, sebelum masa dinosaurus menempati bumi.


Proses pembentukan minyak bumi ini dipengaruhi oleh cuaca dan kondisi bumi yang berubah-ubah. Berdasarkan proses pembentukannya, maka minyak bumi merupakan sumber daya alam yang terbatas.


Pembakaran minyak bumi merupakan sumber energi yang dipakai oleh insan semenjak masa revolusi industri.


Bagaimanapun, ketika ini minyak bumi menjadi semakin langka dan sulit untuk diperoleh. Selain semakin sulitnya memperoleh minyak bumi, pembakaran minyak bumi juga menimbulkan beberapa dampak jelek pada lingkungan.


Secara umum ada tiga jenis materi bakar fosil yang terdapat di bumi, yaitu: kerikil bara, minyak bumi dan gas alam. Ketiganya merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam acara kita sehari-hari.


Selain keuntungannya sebagai materi bakar, minyak bumi dengan rantai panjang juga sanggup diolah untuk menghasilkan produk kebutuhan insan seprti plastik polimer, PVC(polivinil kllorida), dan gabus/busa.


 


Manfaat Minyak Bumi


Sejak terjadinya revolusi industri pada tahun 1820, insan memakai minyak bumi dalam aneka macam keperluan. Hingga ketika ini diketahui banyak sekali manfaat dari minyak bumi. Diantaranya ialah:


1. Pada awal revolusi industri, minyak bumi dan materi bakar fossil dipakai pada hampir semua mesin uap.


Sejak revolusi industri, perkembangan yang sangat pesat dalam dunia industri ini menurut pada mesin-mesin uap. Dari pembangkit listrik, sampai lokomotif memakai mesin uap sebagai penggeraknya.


 


Oleh alasannya itu penggunaan materi bakar kerikil bara dan minyak bumi mendominasi mesin-mesin uap. Bahkan sampai ketika ini.


2. Dapat dipakai sebagai materi bakar aneka macam industri.


Berbagai macam industri, masih mengandalkan materi bakar fosil sebagai sumber utama energinya. Mesin-mesin yang membutuhkan energi listrik dalam skala besar tersebut digerakkan oleh pembakaran minyak bumi.


Minyak bumi yakni sumber energi yang gampang untuk dipakai dan telah tersedia. Alasan inilah yang menciptakan hampir semua industri akan bergantung kepada minyak bumi.


3. Bahan bakar utama transportasi


Hingga ketika ini, materi bakar untuk alat transportasi masih didominasi oleh materi bakar minyak (bbm). Walaupun telah banyak sumber materi bakar terbarukan menyerupai bio-etanol dan bio-disel, tetapi mesin-mesin transportasi yang dikembangkan sampai ketika ini masih memakai materi bakar fosil.


Sehingga perubahan total kepada penggunaan bio-etanol dan bio-disel belum bisa sepenuhnya dilakukan.


4. Gas Alam (LNG dan LPG) dipakai sebagai pemanas air.


Gas alam banyak dipakai di negara-negara empat trend sebagai pemanas air. Energi yang dimiliki oleh gas alam lebih efisien dan bisa menghasilkan panas lebih tinggi dibandingkan kerikil bara dan petrolium.


Oleh alasannya sifatnya yang mempu menghasilkan panas pembakaran yang tinggi, gas alam dipakai sebagai materi bakar pemanas air di negara-negara empat musim.


5. Dapat diolah menjadi aneka macam macam materi kimia mempunyai kegunaan (Aspal, busa, pvc, dll)


Selain diolah menjadi materi bakar gas dan materi bakar minyak (bbm), materi bakar fosil juga diolah untuk produksi aneka macam materi kimia yang bermanfaat. Aspal merupakan produk sampingan yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi.


Busa dan plastik pada awalnya hanya sanggup diproduksi dari limbah sampingan minyak bumi, namun ketika ini telah dikembangkan produksi plastik dan busa dari serat-serat alam. Berbagai materi lainnya menyerupai lilin, pvc, oli dan kerosin juga merupakan materi kimia sampingan dari minyak bumi.


Semoga artikel ini sanggup membantu kalian memahami tentang minyak bumi dan manfaatnya. Terus berguru dan tingkatkan prestasimu.


Sumber:



  • Lucy Prydee Eubanks et al. Chemistry in Context Applying Chemistry to Society. 2009. Mc Graw-Hill. New York.

  • Judkins Roddie R., et al. THE DILEMMA OF FOSSIL FUEL USE AND GLOBAL CLIMATE CHANGE. Oak Ridge National Laboratory. Chicago

  • https://www.mhi-global.com/discover/earth/issue/history/history.html

  • https://study.com/academy/lesson/what-are-fossil-fuels-definition-advantages-disadvantages.html


Gambar:




  • https://bpes.bp.com/media/1986/FossilFuelsPoster.jpg




Sumber https://mystupidtheory.com