Random post

Friday, September 28, 2018

√ Pengertian Katalis Reaksi Kimia

Dalam sebuah reaksi kimia, salah satu syarat terjadinya reaksi ialah ketika energi aktivasi telah dicapai. Energi aktivasi ini sanggup diturunkan dengan memakai katalis. Karena  penggunaan katalis merupakan praktek yang sangat umum dalam industri kimia. Maka memahami pengertian katalis kimia merupakan hal yang sangat penting.


Selain dalam industri, katalis juga dipakai di dalam laboraturium untuk mempercepat reaksi kimia dalam suatu penelitian. Suatu reaksi kimia terkadang memerlukan waktu yang usang untuk memperoleh produk. Oleh alasannya yaitu itu para ilmuwan memanfaatkan katalis untuk mempercepat laju reaksi.


Pengertian Katalis


Katalis merupakan zat atau senyawa yang sanggup menurunkan energi aktivasi dari suatu reaksi kimia, sehingga reaksi sanggup berlangsung dengan cepat. Dalam proses reaksinya, katalis tidak akan mengalami reaksi dan tidak akan berubah saat reaksi telah selesai.


Pada sebuah reaksi kimia yang berlangsung, diharapkan energi untuk pemutusan iktan kimia (senyawa reaktan), energi ini disebut energi aktivasi. Dengan adanya katalis dalam reaksi, maka senyawa katalis akan mengatur terjadinya reaksi semoga berlangsung dengan jalur yang berbeda dengan energi aktivasi yang terendah yang sanggup dicapai. Dengan menurunnya energi aktivasi ini, maka reaksi sanggup berlangsung dengan lebih cepat.


Reaksi Katalisis dan Penurunan Energi Aktivasi


Prosesnya ialah katalis akan berikatan dengan reaktan, lalu akan terjadi pemutusan ikatan pada reaktan, sesudah itu terjadilah pembentukan produk. Mekanisme ini berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan perubahan eksklusif dari reaktan menjadi produk.

 salah satu syarat terjadinya reaksi ialah saat √ Pengertian Katalis Reaksi Kimia
Mekanisme Reaksi Katalisis | Sumber Gambar: chemwiki.ucdavis.edu 


Pada pola kali ini, merupakan reaksi pembentukan Trans Butena dengan memakai katalis Iodine. Prosesnya ialah sebagai Berikut:



  1. Disosiasi Iodine

  2. Elektron dalam atom Idine akan menyerang cis-Butena

  3. Terbentuklah radikal I-Butana- ikatan pada senyawa radikal ini sanggup berputar (rotasi) sehingga posisi dari atom CH3/Metil sanggup saling bersebrangan(Trans-). Bersamaan dengan itu Iodine akan lepas.

  4. Iodine akan berubah ke dalam keadaan stabilnya yaitu 1/2 I2



Diagram energi aktivasi dalam keseluruhan proses ini diterangkan dalam grafik dibawah ini:


 salah satu syarat terjadinya reaksi ialah saat √ Pengertian Katalis Reaksi Kimia
Energi Aktivasi Mekanisme Reaksi Katalisis | Sumber gambar: chemwiki.ucdavis.edu


Contoh KatalisDari grafik sanggup kita lihat bahwa energi aktivasi dalam reaksi katalisis mengalami penurunan mencapai setengahnya. Sehingga sanggup dipastikan bahwa reaksi ini akan berlangsung jauh lebih cepat daripada reaksi tanpa katalis I2.


Ada aneka macam katalis yang umum dipakai dalam reaksi kimia. Berikut ini beberapa pola katalis dalam reaksi kimia.




  1. MgO2 /Magnesium(IV) Oksida: Dekomposisi Hidrogen Peroksida

  2. H2SO4 /Asam Sulfat pekat: Nitrasi Benzena

  3. Fe /Besi: Produksi Ammonia dari Proses Heber

  4. V2O5/ Vanadium Oksida: Reaksi pembentukan SO3/Sulfit dari SO2/Sulfur Dioksida

  5. Enzim: Reaksi penghancuran  gula kompleks menjadi gula sederhana (amilase)



Dua bidang kimia yang membahas katalis secara spesifik ialah kimia fisika yang fokus dalam kinetika reaksi kimia dan biokimia yang fokus dalam mempelajari enzim merupakan katalis dari semua proses kimia dalam badan makhluk hidup.




Itulah dasar ilmu kimia untuk pengertian katalis. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Brien O’ P., Chemistry Foundation Tier, 2001, Oxford University Press


http://chemwiki.ucdavis.edu/Core/Physical_Chemistry/Kinetics/Complex_Reactions/Catalysis



Sumber https://mystupidtheory.com