Random post

Thursday, September 27, 2018

√ Langkah-Langkah Menyusun Kiprah Tamat (Ta) Semoga Cepat Selesai

Tugas Akhir atau biasa disebut dengan TA yaitu salah satu persyaratan semoga seorang mahasiswa sanggup lulus dari universitasnya dengan predikat nilai yang sesuai dengan hasilnya. Tugas final diberikan pada mahasiswa dengan masa jenjang pendidikan 3 tahun (D3), kemudian apakah sama dengan skripsi dan tesis? dari tujuannya memang sama sebagai persyaratan lulus akademik, namun dalam pengerjaannya terang berbeda. Tugas final diperuntukan untuk D3 (DIII) juga termasuk D1 &D2, skripsi diperuntukan untuk S1 (sarjana) dan sedangkan tesis diperuntukan untuk S2 (pasca sarjana).

Apakah Sulit Mengerjakan Tugas Akhir?
Saya yaitu lulusan D3 dari BSI (Bina Sarana Informatika) mengambil jurusan administrasi informatika, berdasarkan pengalaman aku mengerjakan Tugas Akhir membutuhkan konsentrasi dan waktu yang tidak mengecewakan lama, aku membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk menuntaskan TA sampai Full Approve (tidak ada revisi lagi) dosen pembimbing. Makara yang menciptakan sulit kalau anda mengulur-ngulur waktu dengan hal yang tidak terang sedangkan waktu sidang sudah dekat.


Kapan waktu yang Ideal Mengerjakan Tugas Akhir?
Tugas final pada D3 umumnya dikerjakan pada ketika semester final (6), namun anda sanggup mulai mengerjakan mulai dari semester 4 atau 5, contohnya pada semester 4 anda mulai berfikir apa judul yang sempurna dan dimana daerah riset yang akan dipakai sebagai materi observasi. Semester 5 anda sanggup mulai mencicil mengerjakan kiprah final setidaknya mengerjakan BAB II (Teori dasar). Maka kalau semester final sudah datang, anda sanggup sedikit mengendorkan pikiran namun tetap fokus menyusun kiprah akhir.


Mencari Judul yang Tepat
Tahap pertama dalam menyusun TA yaitu mencari judul yang sempurna untuk diajukan kepada dosen pembimbing, buatlah judul selengkap mungkin tanpa ada unsur pertanyaan lagi. Banyak mahasiswa yang ditolak judulnya alasannya yaitu alasan tersebut.
Misalnya Judul yang tidak disarankan ;
"Perancangan Program Penerimaan Siswa di Sekolah SDN 1 Karawang"
Mengapa judul diatas tidak disarankan? Karena judul diatas mengandung unsur pertanyaan kalau pada ketika sidang ditanya oleh Dosen Penguji. Penerimaan siswa harus terang apakah siswa baru ataukah siswa pindahan atau bahkan keduanya? Jika anda menciptakan judul ibarat diatas artinya anda harus menciptakan materi lebih dalam.
Misalnya Judul yang baik ;
"Perancangan Program Penerimaan Siswa Baru di Sekolah SDN 1 Karawang"

Kesimpulannya semakin panjang judul maka semakin baik dan terhindar dari pertanyaan ketika sidang kiprah akhir.

Mengatasi Dosen Pembimbing dan Assisten Dosen Pembimbing yang berbeda jadwal dan tempat
Tentunya ada mahasiswa yang mendapat Dosen pembimbing dan Asdos pembimbing (dosen pembimbing 2) dalam waktu dan daerah yang berbeda walaupun jadwal bimbingan sudah ditentukan oleh kampus, tapi ada kalanya dosen yang super sibuk sering mengalihkan waktu dan daerah bimbingan..
contohnya Dosen pembimbing hanya sanggup bimbingan di hari senin dan rabu dikelas A, sedangkan Asdos pembimbing hanya sanggup Senin dan Jumat di kelas B. Maka yang harus anda dahulukan yaitu Dosen pembimbing, biasanya antara dosen pembimbing dan asdos membagi tugas, contohnya Dosen pembimbing BAB 1,2 dan 3 sisanya Asdos pembimbing BAB 4 dan 5. Atau contohnya anda sanggup mengajukan BAB 1 dan 2 kepada dosen pembimbing dan kalau ada revisi maka dihari berikutnya anda sanggup mengajukan hasil revisi BAB 1 dan 2 kepada Asdos pembimbing.

BAB Mana yang Harus Didahulukan Pengerjaannya?
Ini yaitu hal paling penting, kalau anda mulai mengerjakan kiprah final pada semester akhir, artinya hanya sedikit waktu yang sanggup anda gunakan. Pesan dosen pembimbing pada ketika aku mengerjakan TA yaitu sehabis judul TA sudah di ACC/diterima, anda mulai mengerjakan BAB 1. Mengerjakan BAB 1 lebih gampang dari BAB lainnya alasannya yaitu hanya berisi pendahuluan saja, pengerjaan BAB 1 sanggup anda kerjakan dalam waktu 1 ahad dan maksimal 2 ahad (sudah full Acc/tanpa revisi lagi). Dikala mahasiswa lain sedang mengerjakan BAB 2, anda gunakan untuk mengerjakan BAB 3. BAB 2 hanya menyita waktu alasannya yaitu hanya menyalin kutipan dibuku sedangkan BAB 3 yaitu inti dari isi kiprah akhir. Jika  sudah berhasil mengerjakan BAB 3 yang super memusingkan anda sanggup beristirahat dengan mengerjakan BAB 2 dikala mahasiswa lain sedang pusing-pusingnya mengerjakan BAB 3. Jangan anda abaikan, dalam satu bimbingan terdapat 30-60 mahasiswa, bayangkan betapa pusingnya dosen mengusut hasil BAB 3, dosen pun akan merasa sedikit tertekan. Oleh karenanya BAB 2 yaitu masa dimana dosen belum terlalu berfikir dalam, maka anda manfaatkan mengajukan BAB 3 semoga pikiran dosen konsentrasi pada kiprah final anda.

Cara Mengatur Biaya Pengerjaan Tugas Akhir
Anda mengerjakan kiprah akhir? maka anda harus siap biaya pengerjaan kiprah akhir, ibarat biaya pengeprint-an dan biaya ongkos riset. Sebaiknya anda bersama sobat ramai-ramai patungan membeli kertas HVS untuk mencetak kiprah akhir, cari sobat yang mempunyai printer. Anda sanggup bisa patungan 3-5 orang untuk membeli tinta dan kertas, masa bimbingan yaitu masa yang panjang, kalau terdapat kesalahan dalam penulisan maka dosen akan mencoret kertas TA anda, kalau revisi satu kali mungkin biaya akan sedikit hemat, tapi nyatanya revisi sanggup terjadi sampai lebih dari 3 kali, anda harus mulai menghemat. Kesalahan aku dulu yaitu tidak melaksanakan cara ini sehingga untuk biaya print saja habis Rp.500.000, belum lagi biaya penjilidan buku kiprah akhir, biaya pembelian materai,  biaya ongkos riset pulang pergi. Riset membutuhkan waktu yang tidak sebentar, minimal riset yaitu 1 bulan lamanya (tergantung kebijakan universitas).
BackUp File Tugas final anda
Kejadian yang paling jelek semasa perkuliahan yaitu hilangnya data kiprah akhir, kegiatan yang aku buat hilang alasannya yaitu terkena virus komputer. Situasi sangat kacau alasannya yaitu waktu menuju sidang yaitu 1,5 bulan, yang lebih parah dialami sobat aku yang mengalami petaka pada laptopnya, ketika mengerjakan TA ia tidak sengaja menjatuhkan gelas berisi air ke keyboard laptop, laptop sempat mati, untungnya sehabis diservice 2 ahad filenya tidak hilang. Untuk mencegahnya aku mempunyai backup/cadangan file kiprah akhir. Bagaimana cara membackupnya?

  • Usahakan anda mempunyai lebih dari satu flasdisk, anda copy file kiprah final ke dua flashdisk  setiap kali anda menuntaskan BAB perBAB (update)
  • Belilah DVD RW, flashdisk rentan akan virus maka sebaiknya anda juga mengcopy ke dalam DVD RW, anda sanggup membelinya dengan harga Rp.8000 dengan memory 4gb
  • Salin juga file ke laptop/komputer lain kalau anda memilikinya, kalau tidak salin ke laptop sobat anda. Anda sanggup saling save file TA ke sesama sobat mahasiswa semoga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan (kehilangan laptop, virus, laptop mati tanpa jelas). Lebih banyak sobat lebih sedikit hilangnya file TA
  • Tidak disarankan makan/minum ketika mengerjakan TA, dikhawatirkan makanan/minuman terjatuh ke laptop/komputer anda. lebih baik anda makan terlebih dahulu semoga selanjutnya fokus mengerjakannya.

Demikian tips menyusun kiprah final semoga cepat selesai berdasarkan pengalaman saya, semoga menjadi rujukan pembaca.



Sumber http://www.hendrisetiawan.com