Random post

Monday, September 24, 2018

√ Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Dan Dikala Sidang Ta

Sidang Tugas Akhir bagi sebgaian mahasiswa terdengar sangat mengerikan, bagaimana tidak dari sidang inilah nilai/grade kelulusan seorang mahasiswa. Saya yaitu lulusan mahasiswa BSI (Bina Sarana Informatika) Jurusan administrasi informatika, Sidang kiprah simpulan memang membutuhkan kesiapan yang benar-benar matang baik itu mental dan fisik. Setelah melewati masa penyusunan kiprah simpulan yang cukup lama, saya harus siap menghadapi sidang dihadapan dosen penguji.

Lalu bagaimana semoga kita siap menghadapi sidang kiprah akhir? berikut yaitu tips mengahadapi kiprah simpulan ;

Persiapkan materi makalah sidang dan surat penting
Makalah yaitu hal yang paling penting ketika anda menjalani sidang, tanpa makalah seorang yang akan menjalani sidang tidak dapat memasuki ruang sidang. biasanya makalah rangkap tiga yang diberikan untuk dosen penguji 1, penguji 2 dan anda sendiri. Selain itu, persiapkan juga surat-surat yang menunjang sidang berlangsung, contohnya surat keterangan riset dari daerah anda menjalani observasi. Pastikan juga anda telah siap memahami dengan benar isi dari kiprah simpulan yang telah dibuat.
Persiapkan materi slide (power point) untuk presentasi
Menjelaskan materi hasil kiprah simpulan pada umumnya berupa presentasi yang tampilkan dalam layar proyektor, dalam hal ini anda harus mempersiapkan laptop serta materi slide presentasi. Cek kembali dirumah sebelum anda berangkat ke kampus, alasannya jikalau datang dikampus dan ada hal yang terlupa maka waktu tidak akan cukup maka anda terancam tidak dapat mengikuti sidang ujian kiprah akhir. Selain itu disarankan untuk membawa beberapa lembar foto kopi kutipan buku yang mendasari landasan teori kiprah simpulan segi bukti bahwa anda benar menciptakan kutipan dari sumber buku bukan internet.

Persiapkan Pakaian
Kerapihan yaitu salah satu nilai plus dalam evaluasi sidang atau bahkan kewajiban, setiap universitas tentunya mempunyai hukum sendiri dalam memilih pakaian sperti apa yang dipakai ketika ujian sidangbelangsung. Misalnya pada mahasiswa harus memakai pakaian hitam putih (celana hitam materi dan baju putih polos panjang), almamater akademik, sepatu formal dan dasi hitam. Begitupun dengan mahasiswi diubahsuaikan dengan keadaaannya.

Perkirakan Waktu keberangkatan
Jika waktu ujian sidang yaitu pada pukul 9 pagi, maka sebaiknya anda harus ada satu jam sebelum sidang ditempat sidang (jam 8) atau lebih baik lagi 2/3 jam sebelum sidang, biasanya sebelum sidang mahasiswa menjalani serangkaian investigasi contohnya investigasi kartu identitas mahasiswa, KTP/SIM, investigasi keaslian kiprah akhir, lembar persetujuan bimbingan dari dosen pembimbing, keaslian surat riset, dan lain sebagainya. Pada ketika sebelum sidang saya pun menjalani sesi pemotoan untuk foto ijazah.
PADA SAAT SIDANG BERLANGSUNG

Masuk ke ruang sidang
Masuk dengan mengetukpintu terlebih dahulu dan ucapkan salam (selamat pagi/siang), keluarkan yang menunjang kebutuhan sidang contohnya laptop untuk presentasi, makalah kiprah simpulan tiga rangkap, catatan untuk mencatat pertanyaan. Setelah semuanya siap silahkan beritahu dosen penguji bahwa anda siap untuk menjelaskan presentasi.

Saat Presentasi Berlangsung
Pada umumnya presentasi kiprah simpulan diberi waktu sekitar 10-15 menit untuk menjelaskan materi yang anda bahas. Presentasi yang baik yaitu pada ketika presentasi tidak menyerupai membaca materi melainkan menjelaskan sesuai pengetahuan anda, jikalau pada ketika peresentasi kelompok terbiasa membaca ketika presentasi, maka hindari kebiasaan ini, sebaiknya sebelum sidang anda harus berlatih bagaimana tata cara presentasi yang baik.
Baca Juga : Langkah-langkah Agar Tugas Akhir Cepat Selesai

Menjawab Pertanyaan ketika ujian sidang
Waktu ujian sidang kiprah simpulan biasanya berlangusng selama 60 menit dengan pembagian waktu 10 menit untuk presentasi dan 50 menit untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji. Inilah yang menjadi ketakutan mahasiswa alasannya sesi pertanyaan yang tidak mengecewakan lama, jawab pertanyaan dengan santai dan tidak gugup.
Makalah kiprah simpulan mempunyai ruang lingkup, ruang lingkup inilah yang dapat menyelamatkan mahasiwa dari pertanyaan dosen penguji. Oleh alasannya itu buatlah ruang lingkup selengkap mungkin, jikalau ada pertanyaan dari luar ruang lingkup anda maka anda dapat mengelak "Maaf pertanyaan yang bapak/ibu usikan diluar ruang lingkup materi kiprah simpulan saya".

Tidak melihat makalah ketika menjawab pertanyaan
Suatu kesalahan ketika anda menjalani sidang yaitu melihat isi materi pada makalah kiprah simpulan ketika menjawab pertanyaan dari dosen penguji, ketika sidang yaitu ketika dimana anda telah benar-benar menguasai materi kiprah simpulan sedetail mungkin. Jika ini terjadi, jangan harap anda mendapat grade/nilai yang diharapkan.

Sumber http://www.hendrisetiawan.com