Random post

Wednesday, September 12, 2018

√ Hal Sederhana Dapat Menjadi Sangat Luar Biasa – Dongeng Dari Aljabar

If you solve simple problem perfectly, you will never lose chance to solve the greater one.   Mahfuzh tnt



Pada era ke-12 seorang ilmuwan Islam berjulukan Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi, memikirkan metode perhitungan harta warisan semoga lebih sederhana. Dalam pemikiran islam, anak pria mempunyai hak harta waris sebesar dua kali dari perempuan. Nah pada awalnya ini sangat membingungkan ketika jumlah anaknya banyak dan harta yang perlu dibagi juga cukup banyak.


Al-Jabr


Dari kasus di atas, Al-Khawarizmi membuat kebijaksanaan bahwa misalkan ada dua anak pria  dan satu perempuan. Maka pria mendapat dua kali dari wanita yang dimisalkan sebagai 2xP, harta hak wanita dimisalkan sebagai P, sedangkan total harta yang akan dibagikan ialah 2P+2P+P= 5P. Jika warisan ialah 15 dirham, maka 5P=15 dirham, dan diketahui anak wanita akan mendapat 3 dirham, sedangkan pria masing-masing akan sanggup 6 dirham. Metode ini kemudian disebut “Al-Jabr” istilah bahasa arab yang bermakna “pengembalian dari bab yang terpisah”, istilah ini masukkan dalam bahasa inggris sebagai “algebra” dan indonesia “aljabar”.


Itu yaitu awal cerita bagaimana ilmu aljabar dalam matematika dirumuskan oleh Al-Khawarizmi. Ilmu aljabar ini kini menjadi sangat penting dalam ilmu matematika. Dasar-dasar aljabar harus sudah dikuasai oleh pelajar SMP. Tak cukup hingga disitu, selanjutnya kita akan mencar ilmu mengenai fungsi linier, dan di Sekolah Menengan Atas ada fungsi kuadrat, yang kesemuanya dikembangkan dari aljabar.


Berbicara wacana lingkup ilmu aljabar, ketika ini saya melaksanakan penelitian dalam bidang kimia molekular, dimana salah satu metode untuk menghitung energi getar atom dalam padatan ialah dengan menuntaskan persamaan osilator harmonik. Persamaan osilator harmonik hanya bisa diselesaikan dengan aljabar linier.


Bidang lainnya yang dekat kaitannya dengan aljabar ialah dalam perhitungan pertumbuhan jumlah hewan ternak, perhitungan getaran yang terjadi pada jembatan dan gedung pencakar langit semoga tetap kokoh. Dan aneka macam kegunaan lainnya dalam bidang komputer proggramming dan penentuan gelombang radio dari radar.


Ketika dipelajari ulang dan menyadari bahwasannya dasar dari semua perhitungan yang sangat kompleks ini ialah Aljabar, saya sangat terkesan. Aku jadi lebih terkesan ketika menyadari bahwasannya awal dari ini yaitu perhitungan hak waris yang dilakukan oleh umat Islam. Maksudku sebuah perhitungan super kompleks yang saya pelajari untuk menghitung energi atom ini, bergotong-royong berasal dari perhitungan hak waris yang dilakukan oleh ummat islam. Melihat duduk kasus sederhana di masa kemudian yang ternyata bisa menunjukkan penyelesaian terhadap permasalahan super kompleks di era modern ini. Keren banget khan!


Hal Sederhana Yang Kita Mulai


Jika di ingat-ingat, dulu pertama kali mulai menulis blog, isinya puisi. Bukan alasannya yaitu jago dan bisa membuat puisi, tetapi puisi yaitu goresan pena yang nggak perlu topik dan hanya berisi beberapa bait. Menulis puisi itu mudah, cepat dan ringkas, dengan catatan puisinya asal, nggak bisa cantik dan bermakna ibarat karya penyair-penyair besar.


Aku memulai blog dengan sederhana, menuliskan puisi, kadang  opini nggak terang bahkan sering curhat. Blog yang awalnya berisi puisi galau, gak terang dan alay ini, setelah banyak mencar ilmu dari kesalahan kini sudah lebih baik lagi isinya. Bahkan blog ini telah bermetamorfosis salah satu identitas buatku. Sekarang setiap perkenalan, bisa saja menyebutkan bahwa selain mahasiswa, saya juga bloger. Ini mungkin belum terlalu besar ketika ini, tetapi dikemudian hari, siapa yang tahu?


Only those who have patience to do simple things perfectly ever acquire the skill to do difficult things easily. James J. Corbett


Ketika memulai sesuatu, banyak orang yang akan merasa ini terlalu sederhana, remeh-temeh, dan ecek-ecek. Tak jarang orang berhenti alasannya yaitu ‘nggak level’. Aku pun begitu, menulis blog dari nol pengunjung, dulu itu sehari ada dua pembaca saja di blog sudah untung-untungan. Sempat kepikiran “Duh.. Apa gunanya menulis kalau nggak ada yang membaca”. Tapi saya terus menulis, menulis dan menulis. Sekarang pengunjung 5000 orang sehari sudah menjadi biasa saja.


Pun begitu terhadap hal-hal gres dan sederhana yang akan kau lakukan. Pasti terasa ‘nggak banget deh’ di awal.  Padahal hal sederhana yang kau mulai ketika ini bisa saja menjadi hal yang sangat besar dan besar lengan berkuasa di kemudian hari. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, selain hal yang sederhana, kau juga tidak boleh meremehkan project kecil. Hal-hal kecil dan sederhana yang kita lakukan dengan serius akan membawa perubahan yang baik, jikalau tidak untuk dunia, setidaknya untuk langsung kita sendiri.


Jadi hal sederhana apa yang akan kau mulai pagi ini?



Sumber https://mystupidtheory.com