Random post

Friday, September 28, 2018

√ Cara Berguru Efektif Dan Menjadi Pintar

Yapz..  Kali ini saya akan sharing wacana cara berguru efektif dan menjadi pintar. Ini bukan berarti saya sudah pintar, makanya sharing beginian. Ini bahwasanya saya mau sharing wacana cara berguru  yang memang sudah saya posting semenjak lama. Tapi alasannya ialah di google aneka macam yang mencari “Cara Menjadi Pintar” maka saya juga mau jawab pertanyaan itu, bahwa cara menjadi bakir ialah dengan belajar. Kaprikornus judul ini saya kombinasikan saja. 


Disini saya akan share wacana bagaimana cara saya berguru sesuatu yang baru. Aku mendefinisikan bahwasannya berguru itu banyak, berguru itu luas, dan berguru itu kapan saja.


Oleh alasannya ialah itu saya akan menuliskan wacana cara saya berguru kimia (yang memang sudah banyak saya tuliskan), berguru Bahasa Inggris, dan cara berguru menulis.


Harapannya sih dalam waktu bersahabat saya akan menuliskan artikel wacana cara berguru sains(Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), kemudian berguru seni rupa dan bisnis, pokoknya saya pengen berguru banyak hal, dan semua itu akan saya tuliskan (kalau kesampaian XD)


 


Cara Efektif Belajar Sains


Teruslah Penasaran


Dalam berguru kimia jangan hentikan rasa penasaranmu. Kalau kau sudah sanggup satu bahan bahasan kimia yang menjelaskan wacana sesuatu, maka jangan berhenti hanya hingga disitu, tetapi gali lagi isu lebih dalam.


Misalkan kau sedang membaca wacana larutan  asam basa, maka jangan berhenti hingga kau sanggup mengenali senyawa asam, basa dan garam yang ada di sekitar rumahmu. Setelah itu kau akan berguru wacana pH dan begitu terus, jangan padamkan rasa ingin tahumu.


Open Your Mind


Tetap open minded atau berpikiran terbuka. Jangan berhenti berguru pelajaran lainnya. Ilmu kimia merupakan center of science, jembatan antar sains.


Dalam ilmu kimia, pengetahuan matematika mutlak diperlukan, fisika dan biologi -pun akan sangat membantu dalam menuntaskan permasalahan kimia. Kaprikornus jangan cuma berguru satu bidang, tetapi buka kemungkinan untuk berguru bidang-bidang lain. Pasti bisa!


Kenali Aplikasinya di Kehidupan


Belajar kimia akan semakin menarik bila kau tahu aplikasi dari apa yang kau pelajari itu dalam kehidupan nyata. Umpamanya kau berguru wacana reaksi redoks. Di kelas mungkin kau hanya akan fokus berguru reaksi dan perhitungannya saja, tetapi jangan lupa juga berguru (dan cari informasi) wacana aplikasinya, misalkan pemahaman reaksi redoks ini dimanfaatkan untuk pelapisan logam, pembuatan alloy, dan lain-lain.


Semakin kau sanggup menjelaskan fenomena sehari-hari dengan ilmu kimia-mu maka semakin baik pemahamanmu (semakin keren juga kau dimata cewek-cewek :v)


Diskusi Bersama Teman


Belajar kimia akan lebih menyenangkan kalau kau punya sobat yang sanggup diajak diskusi. Maka berguru berkelompok merupakan salah satu cara berguru yang efektif.


Tetapi ingat untuk memastikan bahwa teman-temanmu punya semangat yang sama untuk belajar, jadi jangan hingga ketika waktu berguru kelompok malah mereka ngajakin main PE-ES, kan kontraproduktif tuh.. Kapan pinternya? 😀


Kalau kalian sudah level Mahasiswa, silahkan cek tulisanku –> Hai (calon) Mahasiswa Sains. Lebih kalau kalian kuliah di jurusan yang sama denganku, coba baca –>  tips berguru kimia secara efektif, disitu saya jelaskan beberapa tips dan trik secara lebih detail. Dan kalau kalian ingin mendapat bahan kimia, sanggup ikuti blog ini, atau melihat tulisanku di –> Belajar Kimia Online.


 


Cara Belajar Bahasa Asing


Tentukan Tujuan Belajar


Dalam berguru bahasa asing, pertama tentukan tujuan kalian berguru bahasa tersebut. Kalau kalian nggak punya tujuan dan isyarat maka kalian bakalan patah di tengah jalan. (cie.. patah.. semacam patah hati gitu? Oy! Putus asa masksudnya! X).


 


Tentukan tujuan, menyerupai pengen sanggup bahasa jerman agar sanggup kuliah di Jerman, berguru bahasa cina agar sanggup bisnis dengan mereka, berguru bahasa inggris agar sanggup nonton film tanpa subtitle, berguru bahasa Jepang agar sanggup mampu istri jepang yang sholihah. (wkwkwkw…. :V)


Aku sendiri berguru bahasa inggris agar sanggup mendalami ilmu kimia lebih dalam lagi dari sumber bacaan yang berkualitas. Simak alasanku di postingan ini –> belajar bahasa inggris itu penting.


Cari Sumber Belajar Terbaik


Mulailah untuk mencari sumber belajar. Nah.. Untuk sumber berguru ini, sanggup kalian pilih, pertama E-Book, MP3 dan Video (Youtube). Carilah sumber berguru yang ketika ini sudah tersedia banyak di dunia maya. Gratis-gratisan aja lah. Aku juga tau kalian sukanya yang gratis gitu.


Berbeda dengan orang zaman dahulu yang kalau mau berguru harus menemukan guru terlebih dahulu. Kalau kini sih berguru bahasa sanggup otodidak. Tinggal cari sumber berguru dari penutur bahasa-nya langsung. Banyak kok di google. 🙂


Mulai dari Paling Dasar


Awali dari pelajaran dasar. Seperti ketika kita berguru bahasa indonesia, ibu dan bapak niscaya mengucapkan kata-kata sederhana dulu gres kemudian sedikit demi sedikit mengucapkan kalimat-kalimat beragam dan majas-majas. Jangan sok hebat, dan eksklusif terjun ke bahan yang sulit.


Karena kalau materinya terlalu sulit, kau keburu capek duluan sebelum sanggup mempraktekkan bahasa tersebut. Hasilnya, yah bisa-bisa kau frustasi ditengah jalan. Oleh alasannya ialah itu, usahkan untuk berguru bertahap, dari yang gampang kemudian dipraktekkan, niscaya akan lebih menyenangkan.


Sering-Sering Digunakan


Berinteraksilah dengan bahasa ajaib tersebut sesering mungkin. Kita sanggup berbahasa indonesia alasannya ialah semenjak kecil setiap hari kita berinteraksi dengan bahasa indonesia. Maka kalau kalian berinteraksi dengan bahasa inggris setiap hari, kalian niscaya sanggup bahasa inggris.


Permasalahannya kalau di Indonesia, mana sanggup kita interaksi setiap hari dengan bahasa inggris? itu jaman dulu! Yang saya coba tekankan ialah berinteraksi dengan bahasa ajaib (yang ingin dipelajari), bukan berinteraksi dengan orang lain memakai bahasa tersebut.


Di masa internet yang serba cepat dan gampang menyerupai kini ini, kalian sanggup setiap hari mendengarkan bahan bahasa (ratusan jenis bahasa mayoritas) dari Youtube, soundcloud, podcast dan masih banyak lagi yang lainnya. Kaprikornus maksudku, usahakan setiap hari kalian mendengarkan, membaca, atau menonton video berbahasa ajaib (yang ingin dipelajari)


Cara-cara ini saya gunakan untuk berguru Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, alhamdulillah kini sudah mulai lancar untuk ngobrol bahasa inggris, untuk Bahasa Jepang-nya masih belum lancar, tetapi sudah mulai sanggup praktek ngomong yang simpel-simpel.


(Walaupun sedang di Jepang, tetapi saya nggak berguru bahasa jepang di instansi resmi, jadi memang lebih ke arah belajar sendiri dengan dengan bimbingan kelas gratisan yang ada)


Kalau kebetulan kalian sedang mengalami kesulitan dalam berguru bahasa inggris, silahkan kunjungi dua postingan saya wacana berguru bahasa inggris belajar sendiri berikut ini:


 



  1. Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak

  2. Cara Belajar Listening Bahasa Inggris Otodidak


Oke, silahkan dipraktekkan. Aku saja yang sering sanggup nilai buruk sanggup menguasai beberapa skill ketika mau berusaha, kalian juga niscaya bisa. 🙂


Bukan yang membaca yang akan berhasil, tetapi yang mempraktekkan apa yang dibacanya.


Tetap berlatih, Keep curious dan Semoga sukses!


 


Postingan ini akan saya update, dengan cara berguru berikutnya yaitu berguru blogging dan menulis.  




Sumber https://mystupidtheory.com