Internet Banking merupakan salah satu layanan bank yang bersifat memperlihatkan akomodasi bagi nasabahnya, dengan internet banking nasabah tidak perlu kebank ataupun mesin ATM untuk melaksanakan transaksi tertentu.
GAGAL TRANSAKSI PEMBELIAN PULSA
Pada tanggal 03 februari 2019 saya melaksanakan pembelian pulsa melalui internet banking mandiri, IB berdikari sanggup diakses di web browser saja dan bukanlah di aplikasi. PAda awalnya menyerupai biasa menginput nomor rekening, nomor handphone dan jumlah nominal pulsa yang akan diisi, namun ketika memasukkan aba-aba PIN token muncul pesan bahwa transaksi tidak sanggup dilakukan dan itu terdapat font dengan warna merah, saya pikir ini error biasa sehingga mencobanya hingga tiga kali namun tetap saja error.
BELI PULSA DI ATM
Akhirnya saya untuk memutuskan untuk membeli pulsa di ATM terdekat, sesudah keesokan harinya gres sadar bahwa saldo tabungan berkurang hingga Rp400rb, saya sempat kebingungan sebab pada tanggal 3feb hanya melaksanakan transaksi di ATM satu kali saja untuk melaksanakan pembelian pulsa.
Bukti mutasi rekening transaksi |
KOMPLAIN KE CUSTOMER SERVICE MANDIRI TERDEKAT
PAda tgl 4feb saya melaporkan insiden ini sebab ini gres pertama kalinya, saya khawatir terjadi apa-apa, namun pengamatan saya ialah mesin ATM kemungkinan sedang error pada ketika melaksanakan transaksi.
CS bank berdikari menjelaskan bahwa transaksi di ATM tidak mengalami error atau masalah, CS menanyakan apakah saya melaksanakan transaksi Internet banking pada tgl 3feb? saya jawab yaa namun ketika itu error, ternyata transaksi IB benar-benar mengalami error yang sebelumnya saya belum pernah alami. Pada ketika saya menginput PIN token dan klik proses ternyata pulsa sukses terkirim ke nomor tersebut, dan parahnya hingga 3kali. Artinya saya mengisi pulsa hingga Rp400rb yang mana Rp300rb di IB dan Rp100rb di ATM. Parahnya saya mengisikan pulsa nomor teman saya, memang benar pulsanya hingga hingga 400rb namun ini bukanlah kesalahan saya.
Pada tgl 3feb saldo terambil sebanyak 400rb |
MENGAJUKAN PENGADUAN
Saya protes dengan hal ini walaupun pulsa hingga hingga 400rb tapi ini bukanlah kehendak saya, CS pun mengajukan untuk refund saldo dan saya menandatangani suratnya, prosesnya hingga 7hari semenjak pengaduan, namun hingga hari ke-4 saya belum mendapatkan refund tersebut.
AKHIR KATA
Untuk anda yang melaksanakan transaksi melalui internet banking ataupun M-banking harapnya mengecek kembali jikalau transaksi mengalami kegagalan/error, bukan mustahil transaksinya berhasil, oleh balasannya untuk selalu mengecek saldo/mutasi rekening jikalau sudah melaksanakan transaksi apapun. Sumber http://www.hendrisetiawan.com