Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD
A. RASIONAL
Pengembangan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD ini didasarkan pada hasil penilaian penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui jalur PPG. Hasil penilaian mengatakan bahwa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) akseptor PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.
Oleh alasannya yaitu itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan akseptor PPG-PGDK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan impian yang telah ditargetkan pemerintah pada aktivitas tersebut. Salah satu cara yang sanggup ditempuh yaitu dengan memakai sumber belajar.
Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber mencar ilmu terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber mencar ilmu yang sanggup dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) akseptor PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau materi yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.
B. TUJUAN PENULISAN
Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD ini bertujuan untuk membantu penyiapan akseptor PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber mencar ilmu ini sanggup dipakai secara berdikari maupun termbimbing.
C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL
1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi pola dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan risikonya dengan kunci tanggapan yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, klarifikasi dan peluang pengembangannya.
4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain
KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN
Berikut ini yaitu bermacam-macam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi- kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang dipakai untuk mengukur hasil penilaian final para akseptor PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional.
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan akseptor dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan memakai teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan akseptor dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) menguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan memakai teknologi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melakukan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | Indikator Esensial |
---|---|---|
Profesional | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia | Menganalisis sifat bahasa |
Soal | ||
1. Status sosial dan latar belakang budaya yang berbeda dari setiap anggota masyarakat | ||
memunculkan adanya idiolek, dialek, dan ragam bahasa. Hal ini mengatakan bahwa bahasa itu bersifat ....... | ||
A. konvensional B. unik C. dinamis D. bervariasi E. produktif | ||
Pembahasan | ||
Jawaban: D. Bervariasi | ||
Setiap anggota masyarakat suatu bahasa biasanya terdiri dari banyak sekali status sosial dan latar belakang budaya yang tidak sama sehingga bahasa yang dipakai menjadi bervariasi. Ada tiga istilah dalam variasi bahasa yaitu 1) idiolek: ragam bahasa yang bersifat perorangan; | ||
2) dialek: variasi bahasa sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat/ suatu waktu; | ||
3) ragam: variasi bahasa yang dipakai dalam situasi tertentu (ragam baku& ragam tidak baku). Munculnya variasi bahasa tersebut mengatakan bahwa bahasa bersifat bervariasi. | ||
Soal | ||
2. Seorang penyair menentukan kata-kata tertentu sesuai dengan maksud dan perasaan yang ingin | ||
disampaikannya saat menulis puisi. Fungsi bahasa yang dipakai oleh penyair tersebut yaitu … . |
Selengkapnya, Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD pada tautan berikut:
Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD Sumber http://www.informasiguru.com