Random post

Sunday, July 23, 2017

√ Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan

Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal apresiasi seni. Yang mencakup pengertian apresiasi seni, fungsi apresiasi seni, tujuan apresiasi seni, manfaat apresiasi seni, tingkatan apresiasi seni, tipe apresiasi seni dan tahapan apresiasi seni dengan pembahasan lengkap dan gampang dimengerti.



Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Apresiasi Seni


Menurut etimologinya, apresiasi berasal dari bahasa Latin yakni “Apreciatio” yang artinya menghargai. Dalam bahasa Inggris “Appreciate” yang artinya menyadari, memahami, menghargai, dan menilai. Sedangkan dari terminologinya, Apresiasi yaitu proses penilaian atau pengharagaan positif yang ditujukan seseorang terhadap sesuatu.


Kemudian pengertian dari apresiasi seni yiatu penilaian terhadap karya seni dari mulai mengenali, memberi hingga dengan menghargai seni.


Fungsi Apresiasi Seni


Fungsi dari apresiasi seni yaitu sebagai berikut:



  • Untuk Meningkatkan Kecintaan Pada Karya Seni

    Apresiasi ini bisa dijadikan sebagai suatu sarana untuk membaut rasa cinta kepada karya seni.

  • Untuk Menciptakan Penilaian

    Penilaian ini bisa dalam bentuk sarana dalam menikamti, memberi empatik, memperoleh hiburan dan bertambahnya wawasan dan juga pengetahuan.

  • Agar Berkembang Suatu Kemampuan

  • Untuk Membangun Hubungan


Tujuan Apresiasi Seni


Tujuan dari apresiasi seni yaitu untuk mengenalkan atau publikasi karya seni tersebut supaya karya seni lebih bisa dinikamati oleh khalayak atau masyarakat juga bermaksud dan tujuan seni bisa tersampaikan. Dan juga tujuan apresiasi seni yaitu membuatkan nilai estetika karya seni, membuatkan daya kreasi, dan menyempurnakan karya seni tersebut.


Manfaat Apresiasi Seni


Adapun manfaat dari apresiasi seni adalah:



  • Bisa mengenal bentuk-bentuk karya seni

  • Bisa menciptakan kecintaan terhadap karya seni menjadi meningkat dan terpupuk

  • Untuk sarana dalam melaksanakan penilaian, penikmatan, empati, hiburan serta edukasi

  • Untuk sarana dalam menjadikan timbal balik positif antara pencipta dan penikmat karya seni

  • Memperoleh pengalaman dan ilmu gres ketika menikmati sebuah karya seni yang sanggup dijadikan bekal untuk menciptakan dan membuatkan karya seni di masa mendatang.


Tingkatan Apresiasi Seni


Terdapat tingkat jenis apresiasi seni yang terdiri atas, yaitu:


Tingkat Empatik


Tingkat empatik bekerjasama dengan pikiran dan perasaan. Tingkat empatik tersebut dalam bentuk tangkatan inderawi atau tangkapan dari indra. Misalnya yaitu apresiasi simpatik diantaranya pada ketika mendengar karya seni musik, maka diri kita akan merasa nyaman dan betah mendengar karya yang sedang diperdengarkan, lalu akan timbul penilaian terhadap karya tersebut bagus.


Tingkat Estetis


Tingkat Estetis memiliki arti penilaian kepada keindahan. Tingkat apresiasi ini yaitu pengamatan dan penghayatan. Dalam tingkat ini untuk penikmat seni dalam menampilkan suatu apresiasi yang lebih kepada pengamatan kepada bentuk karya seni. Misalnya yaitu tingkat apresiasi estetis antara lain ketika kita melihat pagelaran seni teater atau yang lain, memerlukan sebuah pengamatan yang baik supaya sesuatu dengan penyampaian apresiasi estetis tersebut kepada siapa.


Tingkat Apresiasi Kritik


Tingkat apresiasi kritik yaitu bentuk apresiasi yang menunjukkan suatu klarifikasi, dekskripsi, penjelasan, penganalisaan, penilaian sehingga bisa diambil suatu kesimpulan. Misalnya yaitu tingkat apresiasi kritik antara lain ajang pencarian talenta yang memerlukan ilmu mendalam yang mana masing-masing menunjukkan penampilan talenta yang dimiliki dalam bentuk penyampaian apresiasi yang lebih mendalam.


Tipe Apresiasi Seni


Terdapat dua tipe apresiasi seni, yakni Apresiasi Pasif dan Apresiasi Aktif



  • Apresiasi Pasif yaitu pelaku apresiasi snei yang masih awam tetapi memiliki minat yang baik kepada sebuah karya seni.

  • Apresiasi Aktif yaitu apresiasi yang muncul setelah seseorang melaksanakan penilaian terhadap sebuah karya seni.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal apresiasi seni √ Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan


Tahapan Apresiasi Seni


Tahapan dari apresiasi seni yaitu sebagai berikut:


Pengamatan

Pengamatan kepada karya seni bukan hanya dilaksanakan dengan satu indera, tetapi menggunakan semua pribadi. Maksudnya yaitu apresiasi dilaksanakan dengan ketajaman pengamatan seseorang serta pengetahuan ilmu seni.


Aktivitas Fisiologis

Aktivitas fisiologis yaitu perbuatan konkret dalam melaksanakan sebuah pengamatan


Aktivitas Psikologis

Aktivitas psikologis yaitu persepsi dengan penilaian yang selanjutna sanggup menjadikan sebuah interprestasi imajinatif sebagai pendorong kreativitas


Aktivitas Penghayatan

Aktivitas penghayanan ini sanggup dilakukan dengan pengamatan sebuah objek karya snei dengan lebih dalam


Aktivitas Penghargaan

Aktivitas penghargaan yaitu sebuah penilaian kepada objek dengan menunjukkan saran atau kritikan.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tingkatan, Tipe, Tahapan, biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimaksih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id