Random post

Tuesday, July 25, 2017

√ Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot

Permasalahan laptop atau komputer yang lemot menjadi dilema yang paling banyak dialami ketika ini. Tentunya akan sangat merugikan usernya, akan banyak pekerjaan yang akan terlantar apabila laptop yang digunakan lemot.


Berikut yaitu beberapa penyebab kenapa komputer atau laptop menjadi lambat, supaya nantinya bisa mengatasi dilema ini dengan sendirinya. Yuk disimak :

Permasalahan laptop atau komputer yang lemot menjadi dilema yang paling banyak dialami sa √ Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Lemot

1. File temp. yang terlalu besar
Ketika kita mengakses Internet melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. ketika folder ini sudah menumpuk maka akan bisa menjadikan kinerja laptop menjadi lemot. Cara menghapusnya bisa dengan memakai software CCleaner. Instal dahulu software ccleaner yang sudah di d0wnl0ad tadi, buka aplikasi ccleaner, kemudian klik analyze, tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, klik tombol run cleaner.

Permasalahan laptop atau komputer yang lemot menjadi dilema yang paling banyak dialami sa √ Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Lemot

2. Terlalu banyak kegiatan yang terinstal 
Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan aneka macam kegiatan pada ketika komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut supaya tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya buka software Ccleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

Kemudian, anda juga bisa menguninstall program-program tidak terang yang ada pada komputer anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, kemudian pilih kegiatan yang tidak terpakai untuk di uninstall.

3. Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang diharapkan oleh aplikasiJika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada ketika bermain game komputer anda terasa sangat berat danlambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut supaya anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.

4. Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul
Ini yaitu kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade supaya komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah memakai processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

5. Kerusakan pada komponen komputer 
Komputer anda bisa melambat kinerjanya bila terjadi kerusakan pada komponen komputer, misalnya pada hardisk. Hardisk yaitu komponen yang paling peka. Contohnya yaitu hardisk bad sector. Komputer anda akan berjalan sangat lambat sekali bila terjadi kerusakan menyerupai ini. Solusinya yaitu mengganti dengan hardisk baru.

6. Karena virus 
Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda untuk menghindar serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi laptop atau komputer lemot semoga bermanfaat.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com