Random post

Thursday, July 20, 2017

√ Cara Memperbaiki Harddisk Yang Bad Sector

Cara Memperbaiki Harddisk Yang Bad Sector - Pertanyaan yang sering aku dengar yaitu apakah harddisk yang Bad Sector masih sanggup diperbaiki? Tentu saja ini bukan problem yang mudah, diperlukan pengetahuan atau ilmu yang lebih mendalam lagi. Mungkin masih sanggup diservice tapi biayanya niscaya mahal. 


Bad Sector disebut juga bad block merupakan istilah teknis dalam bidang komputer yang dipakai untuk menawarkan pengertian bahwa ada sebuah area pada hardisk yang rusak. Bad sector sendiri ada dua macam yaitu bad sector berupa kerusakan fisik dan bad sector lantaran kerusakan software.

Bad Sector fisik merupakan kerusakan hardisk pada pecahan hardware plate hardisk. Hal ini terjadi disebabkan oleh hardisk terkena debu, terjatuh, serta terkena benturan benda keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software disebabkan oleh shutdown yang tidak benar atau komputer dikala menyala mendadak mati lantaran listrik padam secara tiba-tiba. Kerusakan hardisk secara fisik sangat sulit untuk diperbaiki sedangkan kerusakan secara software sanggup diperbaiki lebih mudah.


Cara Memperbaiki Harddisk Yang Bad Sector √ Cara Memperbaiki Harddisk Yang Bad Sector

1. Cara mengatasi Bad Sector pada Hardisk dengan aktivitas bawaan OS Windows
Microsoft windows mempunyai tools sederhana yang tidak mengecewakan sanggup mendapatkan amanah untuk mengatasi bad sector jenis software. Saat menginstal windows, tool ini secara otomatis terinstal pula. Nah, inilah cara mengatasi bad sector menggunakan tools bawaan windows.
  • Silakan buka jendela windows explorer
  • Pilih disk / drive yang akan anda diperiksa dan di perbaiki.
  • Klik kanan disk /drive tersebut lalu pilih [Properties].
  • Akan muncul jendela gres dan pilih tab [Tools].
  • Klik tombol [Check Now] yang berada dibawah Error Checking Status.
  • Tergantung pada versi Windows Anda, pilih salah satu [Thorough] atau [Scan for and Attempt Recovery of Bad Sectors]
  • Klik [Start] lalu tunggulah hingga proses selesai.
  • Restart komputer.
2. Cara Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan beberapa tools
Ada tool untuk memperbaiki hardisk bad sector yang sanggup Anda d0wnl0ad. Berikut ini tool untuk memperbaiki hardisk bad sector :

HDD LLF Low Level Format ToolProgam Low level format (LLF) merupakan tool yang berguna menghapus seluruh gosip partisi dan seluruh data didalam hardisk termasuk juga gosip bad sector di pecahan yang dinyatakan rusak. Dengan menjalankan tools ini maka keadaan hardisk kita akan menyerupai kondisi pertama kali digunakan. Jadi, harus ekstra hati-hati terutama jikalau ada data-data penting yang tersimpan, lantaran akan musnah dan sulit untuk di recovery lagi.

Berikut ini yaitu cara menggunakan HDD Low Level Format Tool:
  • Download programnya [disini]
  • Install di komputer dan lalu jalankan aktivitas HDD Low Level Format tools.
  • Pilih hardisk yang akan di format, lalu klik Continue.
  • Klik tab LOW-LEVEL FORMAT lalu klik FORMAT THIS DEVICE
  • Prosesnya akan memakan waktu yang lama. Tunggu hingga proses selesai.HDD Low Level Format Tool selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), sanggup juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dkk.
3. Cara Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan Bad Block Recovery Software dari Vendor Hardisk
Produsen hardisk telah menyediakan software untuk melaksanakan investigasi dan perbaikan jikalau hardisk mengalami kerusakan, diantaranya yaitu :
  • Fujitsu IDE Low level Format Utility. Dowload [disini]
  • Seagate’s Seatools for Windows serta Seagate’s Seatools for DOS. Dapat dipakai untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, Dowload [disini]
  • Western Digital Data Lifeguard Diagnostics. Khusus untuk Hardisk dari Western Digital Dowload [disini]
Harddisk eksternal sangat rawan terhadap kerusakan menyerupai di atas. Hal ini disebabkan oleh tidak teraturnya atau asal-asalan dalam memakainya, harddisk dengan enaknya dicabut dan dipasang pada laptop, hal ini juga akan menciptakan harddisk menjadi Bad Sector. Semua niscaya ada tata cara penggunaannya. Sebaiknya baca terlebih dahulu buku panduan penggunaannya biar nantinya tidak terjadi apa-apa pada harddisk.

Demikian lah artikel Cara Memperbaiki Harddisk Yang Bad Sector semoga sanggup membantu teman-teman dalam mengatasi problem menyerupai diatas dan semoga bermanfaat juga.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com