Random post

Tuesday, January 28, 2020

√ Soal Dan Balasan Sosialisasi Sosial Essay Untuk Smp

Saya tulis soal dan tanggapan sosialisasi sosial untuk siswa smp dalam bentuk essay dilengkapi pembahasannya.

1. Apa yang dimaksud dengan sosialisasi?

jawab: Sosialisasi  merupakan  proses  yang  dapat  membantu  individu melalui proses berguru dan penyesuaian  diri agar  ia sanggup berperan da lam kelompoknya.

2. Apa yang dimaksud dengan distributor sosialisasi?

jawab: Agen  sosialisasi  atau  media  sosialisasi  adalah  orang,  kelompok,  atau forum yang mengajari orang lain perihal hal-hal yang harus diketahui untuk menjadi penggalan dalam struktur masyarakat


3. Mengapa keluarga merupakan distributor sosialisasi yang primer atau utama bagi anak-anak?

jawab:


Keluarga merupakan distributor sosial yang utama bagi belum dewasa lantaran keluarga merupakan kelompok sosial yang paling penting pengaruhnya terhadap proses sosialisasi man Hal tersebut disebabkan banyak sekali kondisi yang dirn iliki oleh keluarga, di antaranya sebagai berikut.


Keluarga merupakan kelompok utama (primer) yang selalu ada di antara anggotanya sehingga sanggup selalu mengikuti perkem­ bangan anggota•anggotanya.


Orangtua mempunyai tugas besar untuk mendidik anak-anaknya sehingga menjadikan ikatan emosional yang berpengaruh di antara anggota keluar


Hubungan sosial yang tetap dan berkesinambungan sehingga dengan sendirinya orangtua mem iliki peranan yang penting terhadap proses sosial.isasi anak.


4. Mengapa orang renta dianggap pihak pertama yang menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi anak? Berikan contohnya.

jawab: Orangtua dianggap orang pertama yang menanamkan nilai dan normaa bagi anak untuk pertama Hal ini lantaran anak yang gres lahir (bayi) mengalami proses sosialisasi yang pertarna dalam keluarga. Di keuarga, anak kali pertarna mengenal lingkungan sosial dan budayanya. Anak juga   rnengenal  seluruh  anggota  keluarganya,   seperti  ayah, ibu,   dan saudara-saudaranya hingga akhimya anak itu mengenal dirinya sendiri. Kemudian, anak dalam keluarga berguru sopan santun


5. Apa yang dipelajari seorang anak ketika berada dalam kelompok sepermainan? Jawab: Yang dipelajari seorang anak ketika berada dalam kelompok sepermainan, yaitu berinteraksi dengan orang yang sederajat lantaran sebaya. Pada tahap ini seorang anak memasuki game swge, yaitu mempelajari hukum yang mengatur tugas orang yang kedudukannya sederajat. Dalam kelompok bermain seorang anak juga mulai berguru nilai-nilai keadilan


6. Apa saja yang disosialisasikan pihak sekolah bagi siswa-siswanya?

jawab: Yang disosialisasikan pihak sekolah bagi siswa-siswanya, contohnya menanamkan pengerahuan, keterampilan serta nilai-nilai sosial dalam kehidupan bersama berupa kemampuan membaca, menulis, kejujuran, rasa tanggungjawab, toleransi, dan kedisiplinan


7. Apa tujuan seko]ah membeka li anak dengan berguru perihal kecakapan hidup (life skill)?

jawab: Tujuan sekolah membekali anak dengan berguru perihal kecakapan hidup untuk membentuk kepribadian yang utuh sebagai warga negara yang baik.


8. Berikan teladan seseorang yang menjadi korban gencamya media massa dalam mensosialisasikan suatu produk kosmetik.

jawab: Contoh seseorang yang menjadi korban gencamya media massa dalam mensosialisasikan suatu produk kosmetik, menyerupai ingin mempunyai kulit yang putih lantaran sering melihat iklan produk pemutih di televisi yang memberi label (image) bahwa elok itu identik dengan kulit putih. Kemudian, pada tahun 2000-an model rambut yang sedang digemari masyarakat yaitu rambut Lurus. Hal ini lantaran banyak model-model di media massa dengan penampilan  rambut lurus


9. Sebutkan tahapan-tahapan yang memengaruhi sosialisasi.

jawab: Tahapan-tahapan yang menghipnotis sosialisasi. Menurut George Herbert Mead, bahwa sosialiasi yang dilakui seseorang sanggup melalui beberapa tahapan, sebagai berikut.

a. Tahap persiapan (JJreparawry swge), sctiap insan bcrsosialisasi untuk mengenal dirinya dan dunia sosialnya yang paling dekat. Contohnya, kata “Mama” diperkenalkan ibu kepada bayinya gres bisa diucapkan dengan kara “ma”. Kara itupun belum dipahaminya. Lama kelamaan anak bisa memahami makna kata “mi-mi”dengan seringnya aktivitas minum yang dilakukannya.

b. Tahap menggandakan (play stage), anak mulai terbentuknya pemahaman perihal nama diri dan nama orang tua, kakak, nenek, dan kakeknya. Anak mulai menyadari posisi dan kiprahnya sebagai anak, tugas seorang ibu, bapak dan anggota keluarga lain yang berada di sekitarnya.

c. Tahap siap bertindak (game stage ), anak mulai mengurangi

peniruannya pada anggota keluarganya . Anak sudah mulai mcmcrankan dirinya scndiri dcngan pcnuh kesadaran.

d. Tahap peserta norma kolektif (generalized stage), seorang anak telah dianggap dewasa. Dia telah bisa berinteraksi dengan masyarakat secara luas. Seorang anak telah tumbuh menjadi berakal balig cukup akal dan telah bisa memahami peraturan­ peraturan, bisa bekerja sama dan bisa memposisikan diri sebagai anggota masyarakat


10. Sebutkan faktor-fakror yang memengaruhi kepribadian.

jawab: Faktor-faktor yang memengaruhi kepribadian, sebagai berikut

– Warisan


– biologis


– Lingkungan fisik


-Kebudayanan


-Pengalaman kelompok


-Pengalaman unik


11. Sebutkan tujuan dari sosialisasi.

jawab: Tujuan dari sosialisasi, sebagai berikut.

a. Memberi pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan demi kelangsungan hidup.

b. Melatih kemampuan berkomun ikasi baik membaca atau sajian Iis secara efektif dan efisien.

c. Melatih penguasaan dan pengendalian perasaan.

d. Memperkenalkan nilai dan nomra sosial yang berlaku di suatu masyarakat.


12. Apa yang kau ketahui perihal media massa?

Jawab: Media massa, yaitu organisasi besar yang mempergunakan alat cetak atau alat elektronik (radio, televisi, film, dan internet) untuk berkomunikasi dcngan orang banyak


13. Sebutkan fungsi dari sekolah.

jawab: Fungsi dari sekolah, sebagai berikut.

a. Sosialisasi atau mendidik siswa untuk menjadi anggota masyarakat yang produktif.

b. Penyebar budaya.

c. Pengawas sosial dan pengembangan pribadi.

d. Pemilihan, pelatihan, dan penempatan individu


14. Apa yang kau ketahui perihal nilai?

jawab: Nilai yaitu perasaan-perasaan mengenai apa yang diinginkan atau tidak diinginkan, yang memahami sikap dari orang yang mempunyai nilai tersebut


15. Sebutkan pembagian terstruktur mengenai nilai berdasarkan Noconegoro.

jawab: Klasifikasi nilai menumt Notonegoro, sebagai berikut.

a. Nilai material

b. Nilai vital

c. Nilai kerohanian


16. Uraikan disertai dengan teladan bahwa kebudayaan memengaruhi kepribadian.

jawab: Kebudayaan memengaruhi kepribadian lantaran pengalaman merupakan penggalan dari kebudayaan. Umumnya, bayi-bayi dipelihara atau diberi makan oleh orang yang lebih tua, hidup dalam kelompok, berguru berkomunikasi melalui bahasa, mengalam i eksekusi dan mendapatkan imbalan atau pujian. Setiap masyarakar memperlihatkan pengalaman yang tidak diberikan oleh masyarakat lain kepada anggotanya .

Misalnya, pada suku Dopu di Melanesia dengan kebudayaan sihir yang menjadikan masyarakatnya hidup dalam kecemasan. Beda halnya dengan suku Zuni di Meksiko. Mereka menipakan bangsa yang hidup dalam lingkungan sehac secara emosional. Kebudayaan suku Zuni menjungjung tinggi nilai-nilai kerukunan dan kasih sayang.


17. Apa yang akan tejadi jikalau seseorang tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar?

jawab: Jika seseorang ridak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar disebut seseorang yang menyimpang atau social deviant


18. Sebutkan jenis-jenis sosialisasi.

jawab: Sosialisasi dibedakan atas dua jen is.

a. Sosialisasi primer (dasar}, yaitu anak be11.1sia 1 – 5 tahun. Corak kepribadian anak hingga berakal balig cukup akal akan ditcntukan oleh corak kepribadian dan interaksi yang terjadi antara anak dengan anggota keluarganya.

b. Sosialisasi sekunder, yaitu seorang anak diperkenalkan ke dalam kelompok tertentu dalam masyarakat. Misah1ya, sobat sepermainan dan sekolah.


19. Berikan contohnya bahwa media massa sanggup memengaruhi kepribadian.

jawab: Media massa sanggup memengaruhi kepribadian lantaran media massa mempunyai per.man penting dalam proses pembentukan nilai dan norma gres kepada masyarakat. Proses sosialisasi melalui media massa mempunyai ruang lingkup lebih luas dari media sosialisasi lainnya. lklan-iklan yang ditayangkan media massa, contohnya sanggup mengakibatkan perubahan pola konsumsi, bahkan gaya hidup individu dan masyarakat .


20. Sebutkan proses pembentukan kepribad ian seseorang.

jawab: Kepribadian seseorang terbentuk melalui dua proses sosialisasi, yaitu:

a. proses sosialisasi yang dikerjakan (tanpa sengaja} lewat interaksi sosial;

b. proses sosialisasi dikerjakan (secara sengaja} lewat proses pendidikan dan pengajaran



Sumber aciknadzirah.blogspot.com